Roboguru

sebutkan contoh penerapan tekanan dalam kehidupan sehari-hari... (1 contoh tekanan zat padat, 1 contoh tekanan zat cair)

Pertanyaan

sebutkan contoh penerapan tekanan dalam kehidupan sehari-hari...space (1 contoh tekanan zat padat, 1 contoh tekanan zat cair)

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Soal:

contoh tekanan zat padat adalah ketika ujung paku yang memiliki permukaan runcing ditempelkan ke dinding, kemudian gaya yang kamu berikan pada paku cukup besar, maka tekanan yang dihasilkan akan besar. Tekanan yang besar ini akan membuat dinding jadi berlubang.

tekanan hidrostatis adalah tekanan saat berenang, yang menyebabkan gerakan menjadi lebih sulit di kedalaman.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Manzilah

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jaringan yang berfungsi dalam sistem pengangkutan air dalam tanaman adalah ....

Pembahasan Soal:

Air dan mineral dari dalam tanah akan diserap oleh akar, kemudian diangkut melalui xilem ke bagian batang dan daun tumbuhan.

Jadi, jawaban yang benar adalah B

0

Roboguru

Ukuran penampang dinding bendungan bagian dasar lebih...dibandingkan bagian atas.

Pembahasan Soal:

Tekanan hidrostatis adalah tekanan yang diakibatkan oleh gaya yang ada pada zat cair terhadap suatu luas bidang tekan, pada kedalaman tertentu. Kasarnya, setiap jenis zat cair, akan memberikan tekanan tertentu, tergantung dari kedalamannya.
Ukuran penampang dinding bendungan bagian dasar lebih besar dibandingkan bagian atas karena bagian bawah menerima tekanan lebih besar dari bagian atas. baik tekanan arus air maupun tekanan dari bagian atas bendungan itu sendiri.

Jadi, jawaban yang benar adalah B (besar).

0

Roboguru

Selain adanya daya kapilaritas batang, kemampuan naiknya air ke daun disebabkan adanya ....

Pembahasan Soal:

Selain disebabkan oleh gaya kohesi dan adhesi yang merupakan prinsip dari kapilaritas, naiknya air ke daun disebabkan oleh penggunaan air di bagian daun atau yang disebut dengan daya hisap daun. Gaya hisap daun disebabkan adanya proses transpirasi pada daun. sehingga daun mengambil air dari pembuluh xilem dengan proses osmosis dan kapilaritas.

Jadi, jawaban yang benar adalah C

0

Roboguru

Apakah tekanan darah dari tiap bagian tubuh kita adalah sama?

Pembahasan Soal:

Ada dua faktor yang memengaruhi tekanan darah, yaitu ukuran pembuluh arteri dan efek gravitasi. Tekanan darah akan menurun sedikit pada arteri berukuran besar atau sedang karena efek hambatan kecil pada aliran darah. Adapun pada pembuluh arteri kecil, tekanan darah akan menurun drastis karena efek hambatan besar pada aliran darah. Tekanan rata-rata pada ujung arteriol adalah sekitar 30-38 mmHg. Tekanan nadi juga akan menurun menjadi 5 mmHg pada ujung arteriol. Pengaruh gravitasi menyebabkan tekanan pada pembuluh yang berada di atas jantung akan berkurang dan yang berada di bawah jantung akan meningkat. Besarnya efek gravitasi adalah 0,77 mmHg/cm. Oleh karena itu, pada orang dewasa yang berdiri pada posisi tegak, saat tekanan rata-rata arteriol pada jantung sebesar 100 mmHg, tekanan rata-rata arteri besar di kepala (jaraknya 50 cm di atas jantung) adalah 62 mmHg, sedangkan tekanan pada arteri besar di kaki (105 cm di bawah jantung) adalah 180 mmHg. Hal yang sama juga berlaku bagi pembuluh vena.

Dengan demikian, tekanan darah pada setiap bagian tubuh adalah berbeda sesuai dengan pembuluh arteri yang dilewati darah.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Peristiwa tersebut disebabkan ...

Pembahasan Soal:

Salah satu sifat yang dimiliki oleh air yaitu air mempunyai permukaan yang tenang dan juga bersifat datar. Hal ini dapat kita amati di kolam maupun danau yang mana air disana tidak mengalir, maka kita akan menjumpai bahwa air mempunyai permukaan yang datar dan juga bersifat tenang. Air selalu mempunyai permukaan yang datar dan juga tenang apapun tempat dan juga kemiringannya.

Setelah contoh dari danau, kolam maupun waduk, kita juga bisa membuktikannya sendiri. Misalnya saat kita memasukkan air ke dalam gelas, ke dalam bejana, dan dalam keadaan miring maka air akan tetap datar. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved