Roboguru

Sebutkan contoh katalis dalam kehidupan sehari-hari.

Pertanyaan

Sebutkan contoh katalis dalam kehidupan sehari-hari.blank subscript blank

Pembahasan Soal:

Katalis adalah zat yang mengurangi energi aktivasi reaksi kimia, memfasilitasi terjadinya reaksi kimia yang lebih cepat dengan meningkatkan kecepatan reaksi kimia.

Enzim adalah salah satu jenis katalis. Enzim sebagai katalis tidak habis dalam reaksi yang dibantu ini. Enzim sebagai katalis terbuat dari protein yang mengendalikan kecepatan reaksi kimia di tubuh. Tanpa enzim, reaksi ini akan berlangsung terlalu lambat untuk berlangsungnya metabolisme. Contoh dari enzim jenis ini adalah enzim maltase. Maltase merubah maltosa (salah satu jenis polisakarida atau gula kompleks) menjadi glukosa (yang merupakan monosakarida atau gula sederhana) yang lebih kecil senyawanya, dengan reaksi berikut:
 

C subscript 12 H subscript 22 O subscript 11 and H subscript 2 O yields 2 C subscript 6 H subscript 12 O subscript 6 left parenthesis italic m italic a italic l italic t italic o italic s italic a right parenthesis space space space space left parenthesis italic a italic i italic r right parenthesis space space space space space space left parenthesis italic g italic l italic u italic k italic o italic s italic a right parenthesis 

Dengan demikian, salah satu contoh katalis adalah enzim yang membantu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh.

Jadi, contoh katalis dalam kehidupan sehari-hari adalah enzim.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Lubis

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Proses industri berikut yang tidak menggunakan katalis adalah ....

Pembahasan Soal:

Katalis merupakan bahan yang hampir selalu digunakan dalam bidang perindustrian. Katalis sangat penting dalam industri karna dapat menurunkan energi aktivasi reaksi dan meningkatkan laju reaksi. Berikut adalah proses industri berikut yang menggunakan katalis:

  • oksidasi sulfur dioksida
  • oksidasi amonia
  • katalis aluminium oksida  pada sintesis amonia
  • fermentasi gula

Dengan demikian, proses industri berikut yang tidak menggunakan katalis adalah elektrolisis NaCI.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Zat hasil reaksi yang bertindak sebagai katalis adalah ....

Pembahasan Soal:

Katalis merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Katalis terdiri dari beberapa jenis yaitu:

  • Katalis homogen merupakan katalis yang mampu bercampur dengan zat pereaksinya karena memiliki wujud yang sama.
  • Katalis heterogen merupakan katalis yang tidak dapat bercampur dengan zat pereaksinya karena memiliki wujud yang berbeda.
  • Autokatalis merupakan zat hasil reaksi yang bertindak sebagai katalis.
  • Biokatalis merupakan katalis yang bekerja dalam proses metabolisme yaitu enzim.
  • Antikatalis merupakan katalis yang bertindak untuk menghambat reaksi sehingga antikalis sering dikenal sebagai inhibitor.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space

Roboguru

Sebutkan contoh katalis dalam kehidupan sehari-hari?

Pembahasan Soal:

Katalis merupakan zat tambahan yang dapat mempercepat laju reaksi. Pada kehidupan sehari-hari dalam tubuh kita terdapa enzim yang membantu proses metabolisme dalam tubuh kita. Enzim dalam tubuh kita merupakan katalis agar reaksi metabolisme dapat berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, contoh katalis kehidpan sehari-hari adalah enzim dalam tubuh yang digunakan untuk proses metabolisme.space 

Roboguru

Proses perkaratan besi merupakan reaksi antara logam besi dengan air. Menurut Anda, proses perkaratan yang paling cepat akan terjadi antara logam besi dengan es, air, atau dengan uap air? Jelaskan.

Pembahasan Soal:

Proses perkaratan besi merupakan peristiwa rusaknya permukaan logam besi yang bersentuhan dengan udara, air, oksigen, ataupun elektrolit. Perkaratan tersebut dapat berlangsung semakin cepat disebabkan oleh luas permukaan bidang sentuh dengan faktor penyebab perkaratan.

Logam besi dapat mengalami proses perkaratan lebih cepat apabila bersentuhan langsung dengan uap air yang memiliki luas permukaan bidang sentuh yang besar. Semakin besar luas permukaan uap air maka akan semakin banyak partikel uap air yang bersentuhan dengan logam besi sehingga perkaratan semakin cepat.

Jadi, proses perkaratan yang paling cepat akan terjadi antara logam besi dengan uap air.

Roboguru

Bensin pada suhu kamar tidak terbakar dengan sendirinya, tetapi jika terkena api, akan segera terbakar. Hal ini disebabkan ....

Pembahasan Soal:

Api adalah oksidasi cepat terhadap suatu material dalam proses pembakaran kimiawi yang menghasilkan panas, cahaya, dan berbagai hasil reaksi kimia lainnya. Dalam hal ini api dapat disebut sebagai katalisator. Katalis adalah zat yang dapat mempercepat reaksi dengan cara menurunkan harga energi aktivasinya dengan cara membentuk senyawa antara atau mengabsorpsi zat yang direaksikan. Dengan cara tersebut, katalis dapat meningkatkan laju reaksi tanpa mengalami perubahan kimia secara permanen.

Supaya molekul-molekul dapat bereaksi maka harus terjadi tumbukan dimana molekul-molekul harus mempunyai energi minimum untuk bereaksi. Energi aktivasi merupakan energi minimum yang diperlukan untuk bereaksi pada saat molekul bertumbukan. Fungsi energi aktivasi adalah memutuskan ikatan-ikatan pada reaktan sehingga akan terbentuk ikatan baru pada hasil reaksi.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka api yang terkena bensin akan segera terbakar karena api memperbesar energi molekul bensin dan udara mencapai energi minimum.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved