Roboguru

Sebutkan contoh interaksi antar populasi!

Pertanyaan

Sebutkan contoh interaksi antar populasi!undefined 

  1. ....space 

  2. ....undefined 

Pembahasan Soal:

Interaksi antar populasi yang terjadi pada sebuah ekosistem berguna untuk menjaga kestabilan ekosistem tersebut. Interaksi antar populasi antara lain:

  1. Netralisme: interaksi tidak saling mengganggu. Misalnya ayam dengan kucing, meskipun hidup di tempat yang sama mereka tidak slaing mengganggu.
  2. Predasi: interaksi antara mangsa dan pemangsa. Misalnya singa dengan kijang, singa merupakan pemangas sedangkan kijang adalah mangsa.
  3. Kompetisi: interaksi dua populasi yang saling bersaing. Misalnya: Kambing dan sapi bersaing untuk mendapatkan rumput di tanah lapang. 
  4. Simbiosis mutualisme: interaksi yang saling menguntungkan kedua pihak. Misalnya Lebah dengan bunga, Lebah mendapatkan madu sedangkan bunga terbantu proses penyerbukannya.
  5. Simbiosis komensalisme: interaksi yang menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan maupun dirugikan. Misalnya Ikan hiu dengan remora, ikan remora mendapatkan sisa makanan dari hiu sedangkan hiu tidak mendapatkan apa-apa.
  6. Simbiosis parasitisme: interaksi yang menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak lain dirugikan. Misalnya Benalu dengan tanaman inangnya, benalu mengambil hasil fotosintesis dari tumbuhan.
  7. Antibiosis: interaksi antara makhluk hidup dimana makhluk hidup yang satu menghambat pertumbuhan makhluk hidup lainnya. Misalnya jamur Penicillium sp yang menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Muftin

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan macam-macam hubungan interaksi antar populasi makhluk hidup, beserta contohnya masing-masing!

Pembahasan Soal:

Interaksi antar populasi yang terjadi pada sebuah ekosistem berguna untuk menjaga kestabilan ekosistem tersebut. Macam-macam interaksi antar populasi antara lain:

  1. Netralisme: interaksi yang tidak saling mengganggu. Misalnya ayam dengan kucing, meskipun hidup di tempat yang sama namun mereka tidak saling mengganggu.
  2. Predasi: interaksi yang terjadi antara mangsa dan pemangsa. Misalnya singa merupakan pemangsa sedangkan kijang adalah mangsanya.
  3. Kompetisi: interaksi dua populasi yang saling bersaing untuk mendapatkan suatu sumber daya. Misalnya: Kambing dan sapi bersaing untuk mendapatkan rumput di tanah lapang. 
  4. Simbiosis mutualisme: interaksi yang saling menguntungkan antara kedua pihak. Misalnya lebah mendapatkan madu sedangkan bunga terbantu dengan proses penyerbukannya.
  5. Simbiosis komensalisme: interaksi yang menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan maupun dirugikan. Misalnya, ikan remora mendapatkan sisa makanan dari hiu sedangkan hiu tidak mendapatkan apa-apa dari keberadaan ikan remora tersebut.
  6. Simbiosis parasitisme: interaksi yang menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak lainnya dirugikan. Misalnya, benalu mengambil hasil fotosintesis dari tumbuhan inangnya.

Jadi, interaksi antar populasi makhluk hidup terjadi agar terciptanya keseimbangan suatu ekosistem. Contoh dari interaksinya adalah predasi, kompetisi, netralisme, dan beberapa jenis simbiosis.space 

Roboguru

Apakah terjadi interaksi komponen biotik dengan biotik?

Pembahasan Soal:

Interaksi antar komponen biotik dalam ekosistem selalu terjadi bergantung dari relung (niche) atau peran makhluk hidup di dalam ekosistem. Jenis interaksi komponen biotik di dalam ekosistem disajikan sebagai berikut.

  1. Simbiosis adalah hubungan saling ketergantungan antara dua spesies makhluk hidup. Simbiosis mutualisme adalah hubungan ketergantungan yang saling menguntungkan kedua pihak. Simbiosis parasitisme adalah hubungan yang menguntungkan satu pihak namun merugikan pihak yang lain. Simbiosis komensalisme adalah hubungan yang menguntungkan satu pihak tetapi tidak berdampak apapun pada pihak yang lain.
  2. Kompetisi adalah hubungan dua spesies yang bersaing dalam memanfaatkan sumber daya alam yang sama.
  3. Predasi adalah hubungan yang terjadi ketika suatu spesies memangsa spesies lain.
  4. Netralisme adalah hubungan dua spesies yang tidak saling mempengaruhi undefined 
Roboguru

Jelaskan jenis - jenis interaksi pada ekosistem!

Pembahasan Soal:

Jenis interaksi dalam sebuah ekosistem antara lain interaksi makhluk hidup dengan lingkungan biotiknya:

  1. Simbiosis merupakan hubungan yang terjadi antara 2 organisme. Simbiosis itu sendiri dibagi menjadi 3, yaitu simbiosis mutualisme (saling menguntungkan kedua pihak), simbiosis komensalisme (organisme satu pihak untung, yang satunya tidak merugi), dan simbiosis parasitisme (organisme yang hanya salah satu pihak diuntungkan, yang lain rugi)
  2. Predasi adalah interaksi antara pemangsa (predator) dan mangsanya (prey)
  3. Kompetisi merupakan persaingan yang terjadi di antara spesies yang sama atau dengan spesies lain.space space 
Roboguru

Interaksi terdiri dari beberapa hal. Isilah titik-titik di bawah ini dengan : + : ada stimulus (diuntungkan) - : dihambat (dirugikan) 1 : tidak berpengaruh No Nama Interaksi ON (berga...

Pembahasan Soal:

Interaksi antarorganisme merupakan hubungan yang melibatkan dua organisme atau lebih. Pola interaksi organisme terdiri dari :

  1. Netralisme, yaitu hubungan yang tidak saling mempengaruhi meskipun organisme hidup pada habitat yang sama. 
  2. Kompetisi, merupakan bentuk interaksi antarindividu sejenis atau antarpopulasi dimana individu atau populasi tersebut bersaing mendapatkan sarana untuk tumbuh dan berkembang.
  3. Predasi, yaitu interaksi antara pemangsa dan mangsa. Pemangsa adalah hewan yang memangsa atau memakan, sedangkan mangsa adalah hewan yang dimangsa atau dimakan.
  4. Parasitisme, yaitu hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis dimana salah satu pihak diuntungkan, sedangkan pihak yang lain dirugikan.
  5. Mutualisme, yaitu interaksi yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
  6. Komensalime, yaitu interaksi yang hanya menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan atau dirugikan.
  7. Amensalisme, yaitu interaksi organisme dimana salah satu organisme menghambat pertumbuhan organisme lain.
  8. Alelopati, merupakan peristiwa pelepasan racun oleh tumbuhan sehingga menghambat pertumbuhan tumbuhan lain di sekitarnya.
  9. Protokooperasi, yaitu interaksi antara dua spesies atau lebih yang masing-masing saling memperoleh keuntungan dengan adanya asosiasi, tetapi asosiasi yang terjadi bukan merupakan suatu keharusan.

Berdasarkan uraian di atas, maka isian pada tabel yaitu sebagai berikut.

+ : ada stimulus (diuntungkan)
- : dihambat (dirugikan)
1 : tidak berpengaruh

No Nama Interaksi ON (bergabung) OFF (berpisah)
A B A B
1 Netralisme 1 1 1 1
2 Kompetisi + - 1 1
3 Mutualisme + + - -
4 Alelopati + - 1 1
5 Protokooperasi + + 1 1
6 Komensalisme + 1 - 1
7 Amensalisme - 1 1 1
8 Parasitisme + - - +
9 Predasi + - - +
Roboguru

Apa yang dimaksud dengan kompetisi, netral, predasi, antibiosis (amensalisme), simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme. Beserta contohnya ....

Pembahasan Soal:

  • Kompetisi adalah interaksi yang menyebabkan persaingan pada kedua individu. Kompetisi yang terjadi pada hewan, contohnya macan tutul dan macam kumbang yang sama-sama memangsa kerbau liar. 
  • Netralisme adalah hubungan antara makhluk hidup berbeda jenis yang tidak saling mempengaruhi, meskipun makhluk hidup tersebut berada dalam habitat yang sama. Disebut Netralisme ialah jika terjadi perbedaan dalam jenis asupan pakannya. Contohnya, interaksi antara kucing dan ayam di kebun.
  • Predasi merupakan interaksi predator dan mangsa. Contoh predasi, yaitu hubungan antara serigala dan kambing.
  • Antibiosis adalah interaksi antara makhluk hidup di mana salah satu makhluk hidup mengeluarkan zat antibiotik yang dapat membahayakan makhluk hidup yang lain. Contohnya, interaksi antara jamur Penicillium dengan mikroorganisme lainnya.
  • Mutualisme merupakan interaksi antara dua individu dan menguntungkan kedua belah pihak. Contohnya, interaksi antara Triconympha dan rayap.
  • Komensalisme merupakan interaksi antara dua individu yang menguntungkan salah satu pihak, namun yang lain tidak dirugikan maupun diuntungkan. Contohnya, alga yang hidup di atas cangkang penyu laut. 
  • Parasitisme adalah salah satu interaksi di antara dua makhluk hidup yang menguntungkan salah satu organisme dan sebaliknya organisme lain itu dirugikan. Contoh, cacing perut dan cacing tambang (mengambil sari makanan) yang hidup di dalam usus manusia (sari makanan diambil). 
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved