Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan contoh interaksi antar populasi!

Sebutkan contoh interaksi antar populasi!undefined 

Iklan

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Interaksi antar populasi yang terjadi pada sebuah ekosistem berguna untuk menjaga kestabilan ekosistem tersebut.Interaksi antar populasi antara lain: Netralisme : interaksi tidak saling mengganggu. Misalnya ayam dengan kucing, meskipun hidup di tempat yang sama mereka tidak slaing mengganggu. Predasi : interaksi antara mangsa dan pemangsa. Misalnya singa dengan kijang, singa merupakan pemangas sedangkan kijang adalah mangsa. Kompetisi : interaksi dua populasi yang saling bersaing. Misalnya: Kambing dan sapi bersaing untuk mendapatkan rumput di tanah lapang. Simbiosis mutualisme : interaksi yang saling menguntungkan kedua pihak. Misalnya Lebah dengan bunga, Lebah mendapatkan madu sedangkan bunga terbantu proses penyerbukannya. Simbiosis komensalisme : interaksi yang menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan maupun dirugikan. Misalnya Ikan hiu dengan remora, ikan remora mendapatkan sisa makanan dari hiu sedangkan hiu tidak mendapatkan apa-apa. Simbiosis parasitisme :interaksi yang menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak lain dirugikan. Misalnya Benalu dengan tanaman inangnya, benalu mengambil hasil fotosintesis dari tumbuhan. Antibiosis :interaksi antara makhluk hidup dimana makhluk hidup yang satu menghambat pertumbuhan makhluk hidup lainnya. Misalnya jamur Penicillium sp yang menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri.

Interaksi antar populasi yang terjadi pada sebuah ekosistem berguna untuk menjaga kestabilan ekosistem tersebut. Interaksi antar populasi antara lain:

  1. Netralisme: interaksi tidak saling mengganggu. Misalnya ayam dengan kucing, meskipun hidup di tempat yang sama mereka tidak slaing mengganggu.
  2. Predasi: interaksi antara mangsa dan pemangsa. Misalnya singa dengan kijang, singa merupakan pemangas sedangkan kijang adalah mangsa.
  3. Kompetisi: interaksi dua populasi yang saling bersaing. Misalnya: Kambing dan sapi bersaing untuk mendapatkan rumput di tanah lapang. 
  4. Simbiosis mutualisme: interaksi yang saling menguntungkan kedua pihak. Misalnya Lebah dengan bunga, Lebah mendapatkan madu sedangkan bunga terbantu proses penyerbukannya.
  5. Simbiosis komensalisme: interaksi yang menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan maupun dirugikan. Misalnya Ikan hiu dengan remora, ikan remora mendapatkan sisa makanan dari hiu sedangkan hiu tidak mendapatkan apa-apa.
  6. Simbiosis parasitisme: interaksi yang menguntungkan salah satu pihak, sedangkan pihak lain dirugikan. Misalnya Benalu dengan tanaman inangnya, benalu mengambil hasil fotosintesis dari tumbuhan.
  7. Antibiosis: interaksi antara makhluk hidup dimana makhluk hidup yang satu menghambat pertumbuhan makhluk hidup lainnya. Misalnya jamur Penicillium sp yang menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri.undefined 

Latihan Bab

Ekosistem

Interaksi antar Organisme

Piramida Ekologi dan Perubahan Komunitas

Siklus Biogeokimia

7rb+

Angela Leevian

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada perkembangan komunitas mikroorganisme di dalam relung, sering kali terjadi interaksi antara populasi mikroorganisme yang berbeda. Bentuk interaksi ini umumnya dengan menghasilkan senyawa-senyawa ...

10

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia