Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan contoh dampak globalisasi yang dapat menjadi ancaman non militer di bidang sosial budaya!

Sebutkan contoh dampak globalisasi yang dapat menjadi ancaman non militer di bidang sosial budaya!space space space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Pada poin ini yang ditanyakan adalah dampak globalisasi non militer dalam bidang budaya. Soal ini berkaitan dengan gejala globalisasi dalam bidang budaya. Globalisasi merupakan suatuproses tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain sehingga tidak jelas lagi batas-batas yang jelas dari suatu negara. Banyak nya pengetahuan dan kebudayaan dari luar yang masuk dalam suatu negara, maka dapat memberikan dampak bagi kebudayaan lokal, baik positif maupun negatif.Dampak positif tersebut tentu sangat baik dan bermanfaat, namun dampak negatif dari globalisasi perlu ditindak lanjuti karena sangat merugikan. Adapun ancaman atau dampak negatifglobalisasi non militer dalam bidang budaya yaitu sebagai berikut : Sikap individualisme, konsumtif dan matrealis. Perkembangan zaman memicu manusia untuk bekerja keras agar bisa mendapatkan uang untuk bertahan hidup, hal ini memicu munculnya sikap individualisme bagi setiap orang. Keagamaan tidak lagi diutamakan. Sibuknya kegiatan manusia di zaman modern ini juga bisa menghambat mereka untuk beribadah. Hadirnya pengaruh budaya luar di sebuah negara dapat mempengaruhi pudarnya nilai-nilai budaya lokal di negara tersebut. Misalnya tata krama dan sopan santun yang menjadi nilai budaya di Indonesia, kini sudah dipinggirkan oleh pemuda-pemuda bangsa, karena gencarnya pengaruh budaya barat yang meracuni pemuda bangsa.

Pada poin ini yang ditanyakan adalah dampak globalisasi non militer dalam bidang budaya. Soal ini berkaitan dengan gejala globalisasi dalam bidang budaya. Globalisasi merupakan suatu proses tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia ke penjuru dunia yang lain sehingga tidak jelas lagi batas-batas yang jelas dari suatu negara. Banyak nya pengetahuan dan kebudayaan dari luar yang masuk dalam suatu negara, maka dapat memberikan dampak bagi kebudayaan lokal, baik positif maupun negatif. Dampak positif tersebut tentu sangat baik dan bermanfaat, namun dampak negatif dari globalisasi perlu ditindak lanjuti karena sangat merugikan. Adapun ancaman atau dampak negatif globalisasi non militer dalam bidang budaya yaitu sebagai berikut :

  1. Sikap individualisme, konsumtif dan matrealis. Perkembangan zaman memicu manusia untuk bekerja keras agar bisa mendapatkan uang untuk bertahan hidup, hal ini memicu munculnya sikap individualisme bagi setiap orang.
  2. Keagamaan tidak lagi diutamakan. Sibuknya kegiatan manusia di zaman modern ini juga bisa menghambat mereka untuk beribadah.
  3. Hadirnya pengaruh budaya luar di sebuah negara dapat mempengaruhi pudarnya nilai-nilai budaya lokal di negara tersebut. Misalnya tata krama dan sopan santun yang menjadi nilai budaya di Indonesia, kini sudah dipinggirkan oleh pemuda-pemuda bangsa, karena gencarnya pengaruh budaya barat yang meracuni pemuda bangsa. space space 

Latihan Bab

Pengertian Globalisasi

Karakteristik Globalisasi

Proses Globalisasi

Teori-Teori Globalisasi

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan empat ruang lingkup kerjasama sosial budaya antarnegara Asia Tenggara!

678

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia