Roboguru

Sebutkan ciri-ciri masyarakat tradisional menurut Talcott Parsons!

Pertanyaan

Sebutkan ciri-ciri masyarakat tradisional menurut Talcott Parsons!space 

Pembahasan Soal:

Masyarakat tradisional identik dengan masyarakat desa yang kehidupannya berada pada sektor agraris. 

Menurut Talcott Parsons, masyarakat tradisional memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Afektifitas yaitu menggambarkan hubungan antarmanusia yang dilandasi oleh perasaan dan sifat kasih sayang, tolong-menolong, rasa cinta, dan kesetiaan.
  2. Diffuseness menggambarkan sikap yang tidak jelas atau tidak terus terang terutama pada hubungan antara pribadi. Masyarakat tradisional lebih banyak menggunakan bahasa yang tidak langsung menuju sasaran permasalahan.
  3. Partikularisme adalah semua masalah yang berkaitan dengan sesuatu yang khusus berlaku di suatu tempat atau daerah tertentu karena adanya hubungan dengan perasaan subjektif dan rasa kebersamaan.
  4. Orientasi Kolektif yang merupakan dampak dari rasa afektivitas yaitu meningkatkan kerja sama, kebersamaan, tidak sombong, congkak, ego, dan berbeda pendapat.
  5. Askripsi yaitu sifat khusus yang tidak diperoleh melalui usaha yang disengaja, tetapi semuanya atas dasar kebiasaan dan keharusan.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurut teori fungsional Talcott Parsons, fungsi adaptasi masyarakat berkaitan dengan ….

Pembahasan Soal:

Menurut Parsons, terdapat empat fungsi dasar yang harus dipenuhi oleh setiap masyarakat atau setiap sistem sosial, agar masyarakat atau sistem sosial yang bersangkutan dapat hidup berkembang. Fungsi pertama yang harus dipenuhi adalah adaptasi, karena setiap masyarakat dalam sistem sosial perlu berkemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan sosial. Kemudian, setiap sistem sosial juga berkaitan dengan pencapaian tujuan (goal attainment). Lalu, setiap sistem sosial perlu menjaga integrasi sosial. Terakhir, setiap sistem sosial perlu menjalankan fungsi pemeliharaan pola (latency). Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Konsep adaptasi, tujuan, integrasi, dan pemeliharaan pola dikemukakan oleh tokoh ....

Pembahasan Soal:

Dalam menjaga sistem sosial yang berubah, masyarakat perlu menjaga fungsi-fungsi sosial di dalamnya. Oleh karena itu, proses terjadinya perubahan sosial itu sendiri menurut Parsons, tidak terlepas dari proses pemenuhan fungsi-fungsi masyarakat. Ada 4 fungsi dasar yang harus dipenuhi oleh setiap masyarakat atau setiap sistem sosial, agar masyarakat atau sistem sosial yang bersangkutan dapat hidup berkembang. 4 fungsi tersebut adalah  adaptasi, tujuan, integrasi, dan pemeliharaan pola. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Proses terjadinya perubahan sosial menurut Talcott Parsons tidak terlepas dari proses pemenuhan fungsi-fungsi masyarakat. Ada empat fungsi dasar yang harus dipenuhi oleh setiap masyarakat atau setiap ...

Pembahasan Soal:

Menurut Parsons, terdapat 4 fungsi dasar yang harus dipenuhi oleh setiap masyarakat atau setiap sistem sosial, agar masyarakat atau sistem sosial yang bersangkutan dapat hidup berkembang. Fungsi pertama yang harus dipenuhi adalah adaptasi, karena setiap masyarakat dalam sistem sosial perlu berkemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan sosial. Kemudian, setiap sistem sosial juga berkaitan dengan pencapaian tujuan (goal attainment). Lalu, setiap sistem sosial perlu menjaga integrasi sosial. Terakhir, setiap sistem sosial perlu menjalankan fungsi pemeliharaan pola (latency). Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Dulunya, pedagang lebih banyak menyewa toko atau lapak di pasar untuk menjual dagangannya. Sekarang, pedagang dapat menjual melalui e-commerce. Selain lebih mudah, biaya yang dibutuhkan pun lebih mura...

Pembahasan Soal:

Menurut Parsons, salah satu fungsi dasar yang harus dipenuhi oleh setiap masyarakat atau setiap sistem sosial agar masyarakat atau sistem sosial yang bersangkutan dapat hidup berkembang adalah adaptasi. Dalam fungsi adaptasi, setiap masyarakat dalam sistem sosial perlu berkemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan sosial. Oleh karena itu, ketika e-commerce mulai muncul, pedagang perlu melakukan adaptasi terhadap perubahan yang dihasilkan. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Proses terjadinya perubahan sosial menurut Parsons tidak terlepas dari proses pemenuhan fungsi-fungsi masyarakat. Ada empat fungsi dasar yang harus dipenuhi oleh setiap masyarakat atau setiap sistem s...

Pembahasan Soal:

Menurut Parsons, terdapat empat fungsi dasar yang harus dipenuhi oleh setiap masyarakat atau setiap sistem sosial, agar masyarakat atau sistem sosial yang bersangkutan dapat hidup berkembang. Fungsi pertama yang harus dipenuhi adalah adaptasi karena setiap masyarakat dalam sistem sosial perlu berkemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan sosial. Kemudian, setiap sistem sosial juga berkaitan dengan pencapaian tujuan (goal attainment). Lalu, setiap sistem sosial perlu menjaga integrasi sosial. Terakhir, setiap sistem sosial perlu menjalankan fungsi pemeliharaan pola (latency). Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved