Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan ciri-ciri karya tulis ilmiah!

Sebutkan ciri-ciri karya tulis ilmiah!space 

Iklan

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ciri-ciri karya ilmiah ialah isi teks berdasarkan teori, lugas, logis, dan objektif; kalimat yang digunakan efektif dan efisien; disusun berdasarkan sistematika yang berlaku.

ciri-ciri karya ilmiah ialah isi teks berdasarkan teori, lugas, logis, dan objektif; kalimat yang digunakan efektif dan efisien; disusun berdasarkan sistematika yang berlaku.space 

Iklan

Pembahasan

Karya ilmiah merupakan teks nonfiksi, dengan ciri-ciri sebagai berikut: Tulisan yang dibuat harus mengacu pada teori. Teori dibutuhkan sebagai landasan berfikir dalam pembahasan suatu masalah. Harus lugas, artinya tidak emosional, tidak kritis, dan tidak menimbulkan Interprestasi lain. Hal ini harus diperhatikan dengan baik. Kemudian juga harus logis , artinya mengacu pada pembahasan yang rasional dengan urutan yang konsisten. Tulisan tidak memuat hal-hal yang janggal atau tidak bisa dibuktikan kebenarannya, serta tidak boleh di luar nalar manusia. Efisien, artinya mempergunakan kata, kalimat dan bahasa yang baik, sesuai, dan mudah dipahami. Efektif, artinya tulisan-tulisan yang dibuat harus padat dan ringkas. Tidak boleh bertele-tele atau memasukkan opini-opini yang tidak penting. Objektif, artinya berdasarkan pada fakta, dalam hal ini kerangka karya tulis ilmiah bersifat konkrit dan benar adanya, tidak mengada-ada. Sistematis, artinya baik penulisan dan pembahasan harus sesuai dengan prosedur dan sistem yang berlaku. Dengan demikian, ciri-ciri karya ilmiah ialah isi teks berdasarkan teori, lugas, logis, dan objektif; kalimat yang digunakan efektif dan efisien; disusun berdasarkan sistematika yang berlaku.

Karya ilmiah merupakan teks nonfiksi, dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Tulisan yang dibuat harus mengacu pada teori. Teori dibutuhkan sebagai landasan berfikir dalam pembahasan suatu masalah.
  2. Harus lugas, artinya tidak emosional, tidak kritis, dan tidak menimbulkan Interprestasi lain. Hal ini harus diperhatikan dengan baik.
  3. Kemudian juga harus logis, artinya mengacu pada pembahasan yang rasional dengan urutan yang konsisten. Tulisan tidak memuat hal-hal yang janggal atau tidak bisa dibuktikan kebenarannya, serta tidak boleh di luar nalar manusia.
  4. Efisien, artinya mempergunakan kata, kalimat dan bahasa yang baik, sesuai, dan mudah dipahami.
  5. Efektif, artinya tulisan-tulisan yang dibuat harus padat dan ringkas. Tidak boleh bertele-tele atau memasukkan opini-opini yang tidak penting.
  6. Objektif, artinya berdasarkan pada fakta, dalam hal ini kerangka karya tulis ilmiah bersifat konkrit dan benar adanya, tidak mengada-ada.
  7. Sistematis, artinya baik penulisan dan pembahasan harus sesuai dengan prosedur dan sistem yang berlaku.

Dengan demikian, ciri-ciri karya ilmiah ialah isi teks berdasarkan teori, lugas, logis, dan objektif; kalimat yang digunakan efektif dan efisien; disusun berdasarkan sistematika yang berlaku.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

19

Rizky Ananda Putra

Mudah dimengerti Ini yang aku cari! Bantu banget Makasih ❤️

Wisniyah

Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa penulisan karya ilmiah harus relevan dengan disiplin ilmu peneliti? Jelaskan!

101

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia