Roboguru

Sebutkan cara menentukan rangkaian peristiwa!

Pertanyaan

Sebutkan cara menentukan rangkaian peristiwa!space 

Pembahasan Soal:

Rangkaian peristiwa atau alur adalah serangkaian cerita yang terdapat dalam cerita fiksi.

Berikut cara menentukan rangkaian peristiwa:

  1. Jika rangkaian peristiwa dimulai dari awal sampai akhir cerita secara kronologis, maka merupakan alur maju.
  2. Jika rangkaian peristiwa dimulai dari akhir cerita ke awal cerita, maka merupakan alur mundur. Alur mundur disebut juga dengan istilah kilas balik.
  3. Jika rangkaian peristiwa merupakan gabungan antara alur maju dan alur mundur, maka merupakan alur gabungan.

Dengan demikian, cara menentukan rangkaian peristiwa adalah dengan menentukan apakah rangkaian peristiwanya maju, mundur, atau gabungan antara keduanya.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

“Sett... bangun Sob!” bisik Alisa lirih di telingaku. Ia adalah salah satu sahabatku yangsetia. Ia menyikutku perlahan agar aku terbangun. “Hui! Apa sih’?” teriakku sarayatersentak bangun. Tanpa senga...

Pembahasan Soal:

Konflik adalah permasalahan yang sedang terjadi dalam sebuah cerita. Permasalahan dalam kutipan cerita anak tersebut adalah Sob yang ditegur Bu Laras. Bu Laras menegur Sob yang tertidur di dalam kelas. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah D.

Roboguru

Bacalah teks berikut!  Kupu-Kupu Ibu      Aku melihatnya. Aku melihat perempuan yang pernah kau ceritakan. Sepulang sekolah tadi, di dekat taman, aku melihat sepasang kupu-kupu berputar salingmeli...

Pembahasan Soal:

f. Masalah dalam cerpen ini mulai muncul ketika ayah tokoh Aku menceritakan tentang kupu-kupu dan perempuan itu yang tidak jelas berasal dari mana dan apa yang dilakukannya saat di taman dekat sekolah. Ayah tokoh Aku juga menceritakan tentang rumor yang beredar di masyarakat bahwa perempuan itu memiliki ilmu hitam. Lalu, tokoh Aku dilarang untuk menemui mereka kembali oleh ayahnya.

g. Klimaks dalam cerpen di atas terjadi saat tokoh Aku tetap menemui kupu-kupu dan perempuan di taman dekat sekolah. Namun, perempuan itu mengungkapkan kekecewaannya kepada tokoh Aku karena masih menemui mereka padahal sudah dilarang oleh ayahnya. Perempuan itu juga meminta tokoh Aku untuk bermain dengan kupu-kupu yang lain dan pergi meninggalkannya bersama kupu-kupu ini sendiri. Semenjak peristiwa ini, tokoh Aku tidak pernah lagi melihat mereka. Hal ini membuatnya sedih dan merengek kepada ayahnya untuk diizinkan dan diantar menemui mereka di taman dekat sekolah.

h. Akhir dari cerpen ini terjadi ketika banyak kupu-kupu datang di halaman rumah tokoh Aku. Di antaranya, ada tiga kupu-kupu yang lebih besar dan seperti yang ditemui di taman dekat sekolah. Kupu-kupu yang paling besar adalah kupu-kupu yang tercantik dari seluruh kupu-kupu itu dan warnanya persis sama dengan warna gaun perempuan itu ketika ditemui oleh tokoh Aku untuk yang terakhir kalinya. Namun, tokoh Aku tidak mau perempuan itu berubah menjadi kupu-kupu karena dia adalah ibu dari tokoh Aku yang sudah meninggal.

Berdasarkan pembahasan di atas, masalah dalam cerpen tersebut diawali dengan cerita ayah tokoh Aku tentang kupu-kupu dan perempuan di taman dekat sekolah yang tidak jelas asal-usulnya serta mempunyai ilmu hitam. Lalu, tokoh Aku dilarang oleh ayahnya untuk menemui mereka lagi. Selanjutnya, klimaks dari cerpen ini adalah saat tokoh Aku tetap menemui mereka, tetapi dilarang oleh perempuan itu. Setelah itu, tokoh Aku tidak pernah lagi bertemu mereka di taman dekat sekolah. Akhir dari cerpen ini terjadi ketika perempuan itu berubah menjadi kupu-kupu dan mendatangi rumah tokoh Aku bersama dengan kupu-kupu lainnya. Namun, tokoh Aku tidak mau perempuan itu berubah menjadi kupu-kupu karena dia adalah ibu dari tokoh Aku yang sudah meninggal.undefined  
 

Roboguru

Kalimat yang termasuk pengajuan adalah...

Pembahasan Soal:

Teks cerita pendek merupakan karya sastra berbentuk prosa dengan jumlah kurang dari 10.000 kata, yang memberikan kesan tunggal dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi. Struktur cerita pendek secara umum dibentuk oleh (1) bagian pengenalan cerita, (2) penanjakan menuju konflik, (3) puncak konflik, (4) penurunan, dan (5) penyelesaian. Pengajuan merupakan arti lain dari struktur penanjakan menuju konfliks. 

Berdasarkan pilihan di atas, yang termasuk kalimat pengajuan adalah "Rani bertanya mengenai Wafa yang tidak masuk sekolah hari ini." Dalam kalimat tersebut, pengajuan ditandai dengan pertanyaan yang dilontarkan Rani mengenai kehadiran Wafa.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Roboguru

Bagian rangkaian peristiwa dalam teks cerita pendek berisi ...

Pembahasan Soal:

Bagian kedua dalam struktur teks cerita pendek adalah rangkaian peristiwa. Pada bagian ini, kisah dalam teks cerita pendek akan berlanjut menjadi rangkaian peristiwa. Munculnya tokoh lain serta perjalanan menuju adanya suatu konflik atau masalah. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Di dalam sebuah cerita, terdapat tokoh utama bergerak mengambil payung besar di kolong lemari, kemudian berjalan pelan-pelan keluar rumah. Dalam perjalanan menuju halte, ia berkhayal tentang rencana s...

Pembahasan Soal:

Pada teks cerita pendek, penjelasan di atas terdapat pada struktur rangkaian peristiwa. Hal tersebut karena rangkaian peristiwa berisi peristiwa-peristiwa yang dialami tokoh, terutama tokoh utama. Munculnya tokoh lain serta perjalanan menuju adanya suatu konflik atau masalah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved