Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan cabang-cabang ilmu biologi yg berhubungan dengan bidang peternakan!

Sebutkan cabang-cabang ilmu biologi yg berhubungan dengan bidang peternakan!space
 

Iklan

I. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Biologi merupakan ilmu yang sangat luasdan terdiri dari berbagai cabang ilmu. Biologi juga berkaitan dengan berbagai macam bidang dalam aspek kehidupan, salah satunya pada bidang peternakan. Beberapa cabang ilmu biologi yang berkaitan dengan bidang peternakan, diantaranya: Zoologi: ilmu yang mempelajari tentang segala aspek hewan mulai dari struktur, pertumbuhan, perkembangan, metabolisme, reproduksi, penyakit, ekologi, dan evolusi hewan. Embriologi: ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio. Dalam bidang peternakan, ilmu ini berperan untuk mengetahui proses perkembangan embrio hewan ternak demi menghasilkan produk hewan ternak yang baik dan mengantisipasi adanya kecacatan pada embrio. Ekologi: ilmu yang mempelajari tentang hubungan atau interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Peranan ilmu ini dalam bidang peternakan adalah sebagai bekaluntuk mengetahuipemeliharaan ternak yang baik. Bioteknologi: cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang penerapan teknologi dalam proses bilogi yang meliputi proses biokimia, mikrobiologi, rekayasa kimia bahan pangan dalam rangka peningkatan kesejahteraan hidup manusia. Hal-hal dalam bioteknologi yang berkaitan dengan bidang peternakan diantaranya pengembangan pakan ternak serta peningkatan produktivitas, reproduksi, dan kesehatan ternak

Biologi merupakan ilmu yang sangat luas dan terdiri dari berbagai cabang ilmu. Biologi juga berkaitan dengan berbagai macam bidang dalam aspek kehidupan, salah satunya pada bidang peternakan. Beberapa cabang ilmu biologi yang berkaitan dengan bidang peternakan, diantaranya:

  • Zoologi: ilmu yang mempelajari tentang segala aspek hewan mulai dari struktur, pertumbuhan, perkembangan, metabolisme, reproduksi, penyakit, ekologi, dan evolusi hewan.
  • Embriologi: ilmu yang mempelajari tentang perkembangan embrio. Dalam bidang peternakan, ilmu ini berperan untuk mengetahui proses perkembangan embrio hewan ternak demi menghasilkan produk hewan ternak yang baik dan mengantisipasi adanya kecacatan pada embrio.
  • Ekologi: ilmu yang mempelajari tentang hubungan atau interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Peranan ilmu ini dalam bidang peternakan adalah sebagai bekal untuk mengetahui pemeliharaan ternak yang baik.
  • Bioteknologi: cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang penerapan teknologi dalam proses bilogi yang meliputi proses biokimia, mikrobiologi, rekayasa kimia bahan pangan dalam rangka peningkatan kesejahteraan hidup manusia. Hal-hal dalam bioteknologi yang berkaitan dengan bidang peternakan diantaranya pengembangan pakan ternak serta peningkatan produktivitas, reproduksi, dan kesehatan ternakspace

Konsep Kilat

Apa itu Biologi?

Tingkat Organisasi Kehidupan

Permasalahan Biologi

Cabang Ilmu Biologi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan perbedaan istilah berikut! Anatomi dan Sitologi

311

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia