Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan bencana yang di akibatkan oleh dinamika litosfer, dinamika atmosfer, dan dinamika hidrosfer!

Sebutkan bencana yang di akibatkan oleh dinamika litosfer, dinamika atmosfer, dan dinamika hidrosfer!

Iklan

A. Kusuma

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Bencana bisa diklasifikasikan menurut penyebabya, yaitu sebagai berikut. DInamika litosfer. Litosfer berarti kulit terluar dari permukaan bumi. Contoh dari bencana jenis ini adalah gempa bumi. Gempa bumi terjadi karena adanya lapisan yang bergerak dari permukaan bumi yang disebut dengan lempeng tektonik. Kemudian ada bencana gunung meletus yang terjadi juga karena adanya tekanan dari dalam bumi yang menyebabkan magma keluar ke permukaan bumi. Tanah longsor juga termasuk bagian dari dinamika lithosfer karena berasal dari adanya pergerakan lapisan tanah. Dinamika hidrosfer. Berarti bencana ini yang terjadi karena adanya pengaruh air. Bencana jenis ini adalah seperti banjir. Banjir adalah kejadian terlalu banyaknya air yang menggenangi daratan. Hal ini terjadi karena adanya tumpukan sampah atau memang karena aliran air yang sudah rusak. Kemudian ada tsunami yaitu gelombang pasang yang mengenai daratan karena gempabumi di laut. Dinamika atmosfer. Bencana yang terjadi karena lapisan udara yang bergejolak. Contoh dari bencana jenis ini adalah seperti badai siklon yang muncul karena perbedaan tekanan udara yang terlalu signifikan. Contoh lain adalah kekeringan. Hal ini dikarenakan tidak adanya angin yang membawa uap air menuju sebuah daerah sehingga terjadi kekeringan. Kebakaran hutan juga termasuk karena pengaruh atmosfer. Hal ini dikarenakan panas yang tinggi menyebabkan daun kering dan kemudian mudah terbakar.

Bencana bisa diklasifikasikan menurut penyebabya, yaitu sebagai berikut.

DInamika litosfer. Litosfer berarti kulit terluar dari permukaan bumi. Contoh dari bencana jenis ini adalah gempa bumi. Gempa bumi terjadi karena adanya lapisan yang bergerak dari permukaan bumi yang disebut dengan lempeng tektonik. Kemudian ada bencana gunung meletus yang terjadi juga karena adanya tekanan dari dalam bumi yang menyebabkan magma keluar ke permukaan bumi. Tanah longsor juga termasuk bagian dari dinamika lithosfer karena berasal dari adanya pergerakan lapisan tanah.

Dinamika hidrosfer. Berarti bencana ini yang terjadi karena adanya pengaruh air. Bencana jenis ini adalah seperti banjir. Banjir adalah kejadian terlalu banyaknya air yang menggenangi daratan. Hal ini terjadi karena adanya tumpukan sampah atau memang karena aliran air yang sudah rusak. Kemudian ada tsunami yaitu gelombang pasang yang mengenai daratan karena gempabumi di laut.

Dinamika atmosfer. Bencana yang terjadi karena lapisan udara yang bergejolak. Contoh dari bencana jenis ini adalah seperti badai siklon yang muncul karena perbedaan tekanan udara yang terlalu signifikan. Contoh lain adalah kekeringan. Hal ini dikarenakan tidak adanya angin yang membawa uap air menuju sebuah daerah sehingga terjadi kekeringan. Kebakaran hutan juga termasuk karena pengaruh atmosfer. Hal ini dikarenakan panas yang tinggi menyebabkan daun kering dan kemudian mudah terbakar.

 

 

Latihan Bab

Pengantar Bencana

Jenis-Jenis Bencana

Siklus Manajemen Bencana

Manajemen Bencana di Indonesia

5rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini yang bukan merupakan bencana alam yang terjadi di Indonesia adalah ...

2rb+

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia