Roboguru

Sebutkan beberapa teknik pengumpulan data primer?

Pertanyaan

Sebutkan beberapa teknik pengumpulan data primer?

Pembahasan Soal:

Menurut Sugiyono (2016), pengertian data primer adalah sebuah data yang langsung didapatkan dari sumber dan diberi kepada pengumpul data atau peneliti. Data primer biasanya bersifat utama dan langsung didapatkan dari lapangan. Pengumpulan data primer dapat menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut. 

  1. angket,
  2. wawancara, dan
  3. observasi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Untuk mengetahui proses terjadinya fenomena alam, analisis geografi dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan ...

Pembahasan Soal:

Geografi mempunyai ruang lingkup studi yang sangat luas. Oleh karena itu, diharapkan geografi dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dalam analisisnya.

  1. Apa (what): pertanyaan ini dijawab kajian geografi untuk menunjukkan fenomena atau faktor alam dan manusia.
  2. Dimana (where): pertanyaan ini dijawab kajian geografi untuk menunjukkan ruang atau tempat terdapatnya fenomena alam dan manusia tersebut.
  3. Mengapa (why) : pertanyaan ini dijawab kajian geografi untuk menunjukkan proses dan interaksi fenomena sebagai faktor yang tidak terlepas satu sama lain. 
  4. Siapa (who): pertanyaan ini dijawab kajian geografi untuk menunjukkan orang-orang yang terlibat dalam interaksi antargejala tersebut.
  5. Kapan (when): pertanyaan ini dijawab kajian geografi untuk menunjukkan waktu fenomena dan interaksi antargejala tersebut.
  6. Bagaimana (how): pertanyaan ini dijawab kajian geografi untuk menunjukkan ukuran kualitas dan kuantitas fenomena dan interaksi antargejala tersebut. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dalam analisis geografi, untuk mengetahui proses terjadinya fenomena alam dapat digunakan pertanyaan why.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.undefined  

0

Roboguru

Untuk mengetahui proses terjadinya fenomena alam, analisis geografi dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan....

Pembahasan Soal:

Untuk menjawab pertanyaan how, geografi menunjukkan kualitas dan kuantitas fenomena dan interaksi antargejala tersebut, geografi menunjukkan relasi dan interelasi dalam ruang. Relasi dan interelasi menujukan proses terjadinya suatu fenomena.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Makalah yang pemecahan masalahnya berdasarkan atas bukti empiris atau bukti yang didapat melalui hasil observasi di lapangan disebut makalah....

Pembahasan Soal:

Makalah Induktif merupakan makalah yang disusun berdasarkan data empiris yang bersifat objektif, diperoleh dari lapangan yang relevan dengan masalah yang dibahas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ! Sesuai dengan permasalahan pokok. Mencerminkan keseluruhan isi. Menggunakan kalimat singkat dan jelas. Memiliki kualitas tinggi untuk diteliti. Mudah ditebak isi...

Pembahasan Soal:

Penelitian geografi adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk mencari kebenaran atau memecahkan masalah seputar fenomena geografi. Simpelnya, penelitian geografi dilakukan dengan cara menganalisis sebuah/beberapa fenomena geosfer untuk mendapat jawaban dari sebuah fenomena geosfer. Gambaran keseluruhan isi penelitian tergambar dalam judul penelitian. Berdasarkan pilihan jawaban, syarat yang diperlukan dalam pemilihan judul penelitian adalah sebagai berikut :

  1. Sesuai dengan permasalahan pokok (nomor 1).
  2. Mencerminkan keseluruhan isi (nomor 2).
  3. Menggunakan kalimat singkat dan jelas (nomor 3).

Jadi,  jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Untuk mengumpulkan data dapat dilakukan dengan menggunakan angket, baik tertutup maupun terbuka. Apa perbedaan dari angket tertutup dan terbuka?

Pembahasan Soal:

Data sangat berperan penting dalam sebuah penelitian. Tanpa data tujuan penelitian tidak akan tercapai. Oleh karena itu, dalam melakukan penelitian, data harus dikumpulkan dengan sebaik-baiknya. Pengumpulan data dapat diperoleh dengan menggunakan angket baik tertutup maupun terbukaAngket tertutup adalah angket yang berisi pertanyaan dan alternatif jawaban yang telah disediakan, sehingga responden tinggal memilih jawaban yang ada sedangkan angket terbuka adalah angket yang memberi kebebasan kepada responden untuk memberikan jawaban atau tanggapan, sehingga responden dapat mengembangkan jawabannya sendiri.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved