Roboguru

Sebutkan beberapa karakteristik dari lembaga sosial!

Pertanyaan

Sebutkan beberapa karakteristik dari lembaga sosial!space 

Pembahasan Soal:

Lembaga sosial adalah sistem tata kelakukan dan hubungan yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Lembaga sosial dibentuk agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidup dalam berbagai bidang kehidupan seperti bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya. 

Terdapat  6 karakteristik khas dari lembaga sosial, yaitu:

  1. Simbol sebagai ciri khas suatu lembaga. Contoh: simbol timbangan pada Lembaga Hukum dan Tut Wuri Handayani pada Lembaga Pendidikan.
  2. Memiliki tata tertib dan tradisi. Ini dibuat sebagai panutan secara tertulis dan tidak tertulis oleh anggotanya. Contoh: lembaga keluarga ada aturan (tidak tertulis) untuk menghormati anggota keluarga yang lebih tua.
  3. Usianya lebih lama dari usia anggota, sehingga adanya pewarisan dari generasi ke generasi. Contohnya, dalam lembaga keluarga, terdapat sistem tradisi pewarisan yang dari dulu sampai sekarang masih kita anut.
  4. Adanya ideologi/sistem gagasan yang dimiliki, dan, dianggap ideal oleh anggotanya. Contoh: Lembaga politik atau lembaga hukum yang mempunyai ideologi pancasila.
  5. Punya alat kelengkapan untuk mewujudkan visi dan misi lembaga. Contoh: buku adalah alat kelengkapan utama dalam lembaga pendidikan.
  6. Punya tingkat kekebalan/daya tahan. Ini berarti lembaga sosial yang ada, tidak akan lenyap begitu saja. Lembaga sosial terbentuk dalam waktu lama dan biasanya akan bertahan dalam waktu yang lama pula.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! Memiliki simbol-simbol tertentu Bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup Memiliki jumlah anggota yang tetap Merupakan cara bertindak yang abadi Berdas...

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah ciri-ciri pokok lembaga sosial.

Lembaga sosial atau dikenal juga sebagai lembaga kemasyarakatan salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan memenuhi kebutuhan dan mendapatkan keteraturan hidup.

Ciri-ciri pokok lembaga sosial, antara lain:

1. Memiliki simbol sendiri
2. Memiliki norma tertulis dan tidak tertulis
3. Memiliki usia lebih lama
4. Memiliki alat kelengkapan
5. Memiliki ideologi
6. Memiliki tingkat kekebalan

  • Pilihan B, C, D, dan E kurang tepat karena memiliki jumlah anggota yang tetap dan merupakan cara bertindak yang abadi bukan merupakan ciri-ciri pokok lembaga sosial.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini. Lembaga memiliki simbol-simbol tertentu. Jumlah anggota yang tetap pada lembaga. Lembaga berperan sebagai cara bertindak yang abadi. Lembaga memilik...

Pembahasan Soal:

Ada enam karakteristik atau ciri-ciri tertentu dari lembaga sosial, yaitu sebagai berikut.

a) Memiliki simbol atau lambang
b) Memiliki tata tertib dan tradisi sebagai panutan anggotanya
c) Usianya lebih lama
d) Memiliki alat kelengkapan
e) Memiliki ideologi
f) Memiliki tingkat kekebalan atau daya tahan

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Pernyataan berikut yang termasuk ciri-ciri lembaga sosial adalah …. memiliki simbol untuk menandai keunikan dari setiap lembaga memiliki norma yang bersifat tertulis dan tidak tertulis mempunyai ...

Pembahasan Soal:

Setiap lembaga sosial memiliki ciri atau karakteristik tersendiri. Ciri-ciri lembaga sosial yang ada di linngkungan masyarakat sebagai berikut.

  • Memiliki simbol atau lambang sebagai tanda khas atau ciri khusus. Contohnya, pada lembaga hukum diwakili oleh lambang “timbangan”. Berbeda dengan lembaga pendidikan yang diwakili lambang “Tut Wuri Handayani”.
  • Memiliki tata tertib dalam norma yang bersifat tertulis dan tidak tertulis yang difungsikan untuk mengatur perilaku anggota masyarakat agar tidak bertentangan dengan nilai dan norma sosial. Contohnya, lembaga keluarga ada aturan menghormati anggota keluarga yang lebih tua.
  • Memiliki tujuan yang jelas dan telah disepakati bersama untuk mendukung segala aktivitas anggota masyarakat. Contohnya, lembaga ekonomi bertujuan untuk mengatur kebutuhan ekonomi masyarakat sehingga terwujudnya kesejahteraan sosial.
  • Memiliki alat kelengkapan untuk menjalankan sistem lembaga sosial secara struktural. Contohnya, peralatan dan perlengkapan sekolah seperti kursi, meja, dan papan tulis yang digunakan dalam lembaga pendidikan dalam proses pembelajaran.
  • Memiliki tingkat kekekalan tertentu atau usianya lebih lama dibanding anggotanya. Contohnya, sejak dahulu lembaga pendidikan telah ada hingga sekarang dengan beragam bentuk seperti padepokan, pesantren, sekolah formal, dan sekolah nonformal.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E. space 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan di bawah ini! (1) Memiliki simbol-simbol tertentu (2) Memiliki alat kelengkapan tertentu (3) Memiliki usia lebih lama dari pendukungnya (4) Merupakan cara bertindak yang abadi...

Pembahasan Soal:

Lembaga sosial merupakan sekumpulan norma atau kaidah yang mengatur pendukungnya dalam rangka mewujudkan kebutuhan masyarakat yang bersifat khusus. Berdasarkan pernyataan pada soal, lembaga sosial memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki simbol-simbol tertentu
  • Memiliki alat kelengkapan tertentu
  • Memiliki usia lebih lama dari pendukungnya

Secara umum lembaga sosial mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki simbol sendiri
  • Memiliki tata tertib dan tradisi
  • Usianya lebih lama
  • Memiliki alat kelengkapan
  • Memiliki ideologi
  • Memiliki tingkat kekebalan atau daya tahan

0

Roboguru

Perhatikan beberapa pernyataan berikut! (1) Memiliki tingkat kekebalan (2) Berupa sekumpulan orang (3) Memiliki tata tertib dan tradisi (4) Berfungsi menjaga kelestarian (5) Memiliki lambang/sosia...

Pembahasan Soal:

Lembaga sosial merupakan sekumpulan norma atau kaidah yang mengatur pendukungnya dalam rangka mewujudkan kebutuhan masyarakat yang bersifat khusus. Sebagai suatu lembaga sosial memiliki ciri-ciri, berdasarkan pernyataan yang merupakan ciri-ciri lembaga sosial yaitu:

  • Memiliki tingkat kekebalan
  • Memiliki tata tertib dan tradisi
  • Memiliki lambang atau simbol

Secara umum lembaga sosial mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki simbol sendiri
  • Memiliki tata tertib dan tradisi
  • Usianya lebih lama
  • Memiliki alat kelengkapan
  • Memiliki ideologi
  • Memiliki tingkat kekebalan atau daya tahan

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved