Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan beberapa hal yang melatarbelakangi terjadinya Perang Dunia II!

Sebutkan beberapa hal yang melatarbelakangi terjadinya Perang Dunia II!

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Perang Dunia II dilatar belakangi oleh kegagalan LBB, perlombaan bersenjata, persekutuan dan pertentangan paham, serta politik ekspansi sehingga pada 1 September 1939 meletuslah Perang Dunia II yang diawali oleh penyerbuan Jerman terhadap Polandia.

Perang Dunia II dilatar belakangi oleh kegagalan LBB, perlombaan bersenjata, persekutuan dan pertentangan paham, serta politik ekspansi sehingga pada 1 September 1939 meletuslah Perang Dunia II yang diawali oleh penyerbuan Jerman terhadap Polandia.

Iklan

Pembahasan

Perang Dunia II merupakan salah satu perang terbesar yang terjadi sepanjang sejarah dunia karena telah memakan banyak korban jiwa juga material. Perang Dunia II terjadi dari tahun 1939 hingga tahun 1945 dan melibatkan dua pihak yang berperang, yaitu blok Sekutu dan blok Poros. Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi Perang Dunia II terjadi di antaranya adalah sebagai berikut.. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB). LBB tidak menjalankan perannya dengan baik sebagai suatu lembaga yang dapat menciptakan perdamaian dunia, tetapi menjadi alat politik nasional dari negara-negara besar untuk mencari untung bagi negaranya. Perlombaan bersenjata. Ketika Liga Bangsa-Bangsa terbukti tidak sanggup menjamin perdamaian, mulailah rasa curiga-mencurigai. Pertama-tama dunia Barat termasuk Jerman dan Itali mencurigai komunisme Rusia, tetapi dengan timbulnya fasisme di Itali dan nasional-sosialisme di Jerman, kecurigaan berakih kepada Itali dan Jerman. Karena curiga-mencurigai ini, maka tiap negara memperkuat dirinya sendiri supaya kuat mempertahankan diri terhadap serangan negara lain. Timbullah perlombaan bersenjata. Persekutuan dan pertentangan paham. Berkembangnya berbagai paham setelah Perang Dunia I telah menjadikan negara-negara Eropa membentuk persekutuan-persekutuan berdasarkan kepentingan ideologi yang berkembang di negara masing-masing. Menjelang Perang Dunia II, terdapat tiga paham yang saling bertentangan, yaitu paham komunis yang dipimpin Rusia (Blok Komunis), paham Fasis Totaliter dipimpin Jerman dan Italia (Blok Fasis), serta paham Demokrasi dan Liberalisme yang dipimpin Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis (Blok Demokrasi). Terjadinya blok-blok ini sebagai akibat dari timbulnya politik mencari kawan yang sepaham dan seperjuangan. Dari sinilah, mulai timbul curiga-mencurigai hingga ketegangan pun terjadi diantara negara-negara tersebut yang membuat masing-masing pihak memperkuat dan mencari dukungan dari negara lain. Politik ekspansi . Dorongan terciptanya perang juga diakibatkan oleh politik ekspansi dari Jerman yang mengusung semboyan Lebensraum (Jerman Raya), Italia dengan semboyan Italia Irredenta (Italia Raya), dan Jepang dengan semboyan Hakko Ichi-u . Akhirnya, pada tanggal 1 September 1939 Jerman rnenyerbu Polandia dan rneletuslah Perang Dunia II. Dua hari kernudian Inggris dan Prancis rnengurnurnkan perang rnelawan Jerman. Hal ini rnerupakan sebab khusus Perang Dunia II. Dengan demikian, Perang Dunia II dilatar belakangi oleh kegagalan LBB, perlombaan bersenjata, persekutuan dan pertentangan paham, serta politik ekspansi sehingga pada 1 September 1939 meletuslah Perang Dunia II yang diawali oleh penyerbuan Jerman terhadap Polandia.

Perang Dunia II merupakan salah satu perang terbesar yang terjadi sepanjang sejarah dunia karena telah memakan banyak korban jiwa juga material. Perang Dunia II terjadi dari tahun 1939 hingga tahun 1945 dan melibatkan dua pihak yang berperang, yaitu blok Sekutu dan blok Poros. Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi Perang Dunia II terjadi di antaranya adalah sebagai berikut..

  1. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB). LBB tidak menjalankan perannya dengan baik sebagai suatu lembaga yang dapat menciptakan perdamaian dunia, tetapi menjadi alat politik nasional dari negara-negara besar untuk mencari untung bagi negaranya.
  2. Perlombaan bersenjata. Ketika Liga Bangsa-Bangsa terbukti tidak sanggup menjamin perdamaian, mulailah rasa curiga-mencurigai. Pertama-tama dunia Barat termasuk Jerman dan Itali mencurigai komunisme Rusia, tetapi dengan timbulnya fasisme di Itali dan nasional-sosialisme di Jerman, kecurigaan berakih kepada Itali dan Jerman. Karena curiga-mencurigai ini, maka tiap negara memperkuat dirinya sendiri supaya kuat mempertahankan diri terhadap serangan negara lain. Timbullah perlombaan bersenjata.
  3. Persekutuan dan pertentangan paham. Berkembangnya berbagai paham setelah Perang Dunia I telah menjadikan negara-negara Eropa membentuk persekutuan-persekutuan berdasarkan kepentingan ideologi yang berkembang di negara masing-masing. Menjelang Perang Dunia II, terdapat tiga paham yang saling bertentangan, yaitu paham komunis yang dipimpin Rusia (Blok Komunis), paham Fasis Totaliter dipimpin Jerman dan Italia (Blok Fasis), serta paham Demokrasi dan Liberalisme yang dipimpin Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis (Blok Demokrasi). Terjadinya blok-blok ini sebagai akibat dari timbulnya politik mencari kawan yang sepaham dan seperjuangan. Dari sinilah, mulai timbul curiga-mencurigai hingga ketegangan pun terjadi diantara negara-negara tersebut yang membuat masing-masing pihak memperkuat dan mencari dukungan dari negara lain.
  4. Politik ekspansi. Dorongan terciptanya perang juga diakibatkan oleh politik ekspansi dari Jerman yang mengusung semboyan Lebensraum (Jerman Raya), Italia dengan semboyan Italia Irredenta (Italia Raya), dan Jepang dengan semboyan Hakko Ichi-u.

Akhirnya, pada tanggal 1 September 1939 Jerman rnenyerbu Polandia dan rneletuslah Perang Dunia II. Dua hari kernudian Inggris dan Prancis rnengurnurnkan perang rnelawan Jerman. Hal ini rnerupakan sebab khusus Perang Dunia II.

Dengan demikian, Perang Dunia II dilatar belakangi oleh kegagalan LBB, perlombaan bersenjata, persekutuan dan pertentangan paham, serta politik ekspansi sehingga pada 1 September 1939 meletuslah Perang Dunia II yang diawali oleh penyerbuan Jerman terhadap Polandia.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

51

Ghiena zahira

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan latar belakang terjadinya Perang Dunia ke-II ? (10 baris)

200

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia