Roboguru

Sebutkan bangsa Eropa yang menjadi pelopor penjelajahan samudra!

Pertanyaan

Sebutkan bangsa Eropa yang menjadi pelopor penjelajahan samudra!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Kedatangan bangsa Eropa di Amerika dan Asia menandai dimulainya masa penjelajahan samudera dan penemuan dunia baru. Bangsa-bangsa Eropa yang melakukan penjelahan samudera tersebut, yaitu Portugis (Bartolomeos Diaz 1486, Vasco da Gama 1498, dan Alfonso D’Albuquerque), Spanyol (Christophorus Colombus 1492 dan Magellan-Canno 1521, dan Belanda (Cornelis de Houtman 1596 dan Jacob Van Neck 1598).

Dengan demikian, jawabannya adalah Portugis, Spanyol, dan Belanda.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ketika Portugis menjadikan dirinya sebagai penguasa tunggal perdagangan rempah-rempah (yang menentukan harga, volume, serta memaksa semua petani menjual rempah-rempahnya kepadanya) rakyat Nusantara te...

Pembahasan Soal:

Bangsa Portugis adalah negara Eropa yang pertama kali melakukan pelayaran, tujuan dari pelayaran tersebut yakni untuk mencari keuntungan di wilayah Nusantara dari perdagangan rempah-rempah. Hal yang sangat menguntungkan untuk dimiliki saat itu adalah rempah rempah, seorang tokoh Portugis berhasil mendarat di wilayah Nusantara dan sekaligus menyebabkan negara negara lain mengetahui bahwa Indonesia kaya akan rempah rempahnya. Portugis yang datang pada saat itu di wilyah Maluku disambut baik oleh masyarakat bahkan raja memberikan keleluasaan bagi portugis untuk membangun fasilitas seperti benteng karena pada saat itu hubungan portugis dengan kerajaan terljalin baik. Seiring waktu Portugis mulai tidak terkendali kebijakannya dan mencoba meraih keuntungan tunggal untuk dirinya dengan monopoli perdagangan yang tentunya merugikan masyarakat lain sehingga perlawanan terhadap portugis pun dimulai dari berbagai wilayah Maluku.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Pada 1596 Belanda berhasil mencapai Kepulauan Indonesia berkat buku ltinerario near Oost ofte Portugaels lndien. Buku tersebut berisi tentang ...

Pembahasan Soal:

Salah satu orang Belanda yang bekerja di kapal Portugis adalah Jan Huygen van Lin-schoten. Pada 1595 ia menerbitkan buku berjudul Iti-nerario naer Oost ofte Portugaels Indien (Pedoman Perjalanan ke Timur atau Hindia Portugis). Buku ini memuat peta dan deskripsi mengenai penemuan-penemuan bangsa Portugis dalam kegiatan penjelajahan samudra. Berdasarkan buku tersebut, bangsa Belanda mengetahui kekayaan besar yang terdapat di dunia Timur. Selain itu, bangsa Belanda dapat mengetahui persoalan-persoalan yang dihadapi bangsa Portugis saat melakukan penjelajahan samudra.undefined
Maka, jawaban yang paling tepat adalah C.space

0

Roboguru

Bangsa Barat yang pertama kali menjajah Indonesia adalah ...

Pembahasan Soal:

Masuknya bangsa Barat tidak terlepas dari peristiwa penjelahan samudra oleh bangsa Portugis dan Spanyol yang berangkat dengan bertujuan mencari rempah-rempah. Namun dalam perkembangannya tujuan mencari dan berdagang berubah menjadi keinginan menguasai atau menjajah. Sesuai dengan Perjanjian Tordesillas dimana membelah dunia menjadi dua bagian untuk Portugis ke arah timur dan bangsa Spanyol ke arah barat dengan melalui Amerika, kedua bangsa ini sampai juga di Nusantara. Namun secara kronologis, bangsa Portugis-lah yang sampai pertama kali. Salah satu tokoh pentingnya yaitu, Afonso de Albuquerque pada tahun 1511 dapat menguasai Malaka dan mengirimkan Antonio de Abreu serta Fransisco Serrao untuk masuk ke Maluku tahun 1512. Portugis berhasil mengenalkan Nusantara ke kehidupan dunia Eropa. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Sebutkan bangsa barat pertama yang melakukan kolonialisme di Indonesia?

Pembahasan Soal:

Proses kedatangan bangsa barat ke Indonesia dimulai dengan penjelajahan bangsa Portugis dan Spanyol untuk mencari jalur perdagangan rempah-rempah lain setelah jalur utama tertutup bagi bangsa Eropa setelah jatuhnya kota Konstantinopel ke tangan Turki Usmani pada tahun 1453. Portugis adalah bangsa Eropa pertama yang sampai ke Indonesia. Setelah Alfonso de Albuquerque menaklukkan Malaka sebagai pusat perdagangan rempah-rempah saat itu pada tahun 1511, pada tahun 1512 Portugis menemukan lokasi Maluku dalam ekspedisi yang dipimpin Antonio de Abreu. Kedatangan bangsa Portugis ini disambut dengan baik oleh Sultan Ternate yang ingin bekerja sama dengan bangsa luar dalam melawan Kesultanan Tidore.

Dengan demikian, Portugis adalah bangsa Eropa pertama yang sampai ke Indonesia.

1

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Portugis sangat merahasiakan informasi tentang pusat rempah-rempah di Asia ke negara-negara Eropa lain SE...

Pembahasan Soal:

Pernyataan salah. Bangsa Portugis masuk ke Nusantara di bawah Afonso de Albuquerque (1453-1515). Sasaran pertama ekspedisi militernya adalah Malaka.  Pada 10 Agustus 1511, Portugis menaklukkan Malaka. Sejak saat itu, bangsa Portugis menguasai sepenuhnya perdagangan rempah-rempah dari Asia ke Eropa. Akibatnya, Nusantara segera dikenal oleh bangsa-bangsa Eropa lain, seperti Spanyol, Inggris, dan Belanda.

Alasan benar. Bangsa Portugis pernah melakukan perjanjian dengan Kerajaan Pajajaran untuk mendapatkan hak monopoli atas perdagangan lada di Pelabuhan Sunda Kelapa. Akan tetapi, bangsa Portugis berhasil diusir oleh Kerajaan Demak. Kemudian, bangsa Portugis lebih memusatkan kegiatannya di Kepulauan Maluku. Jadi, pernyataan salah dan alasan benar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D,

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved