Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan bagian-bagian neurit beserta fungsinya!

Sebutkan bagian-bagian neurit beserta fungsinya!

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah selubung myelin berfungsi untuk membungkus neurit, sel schwann berfungsi untuk menyusun selubung myelin, nodus ranvier berfungsi untuk mempercepat jalannya impulsdan akson terminal sebagai tempat melepaskan neurotransmitter.

jawaban yang benar adalah selubung myelin berfungsi untuk membungkus neurit, sel schwann berfungsi untuk menyusun selubung myelin, nodus ranvier berfungsi untuk mempercepat jalannya impuls dan akson terminal sebagai tempat melepaskan neurotransmitter.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Neurit atau akson berfungsi untuk menghantarkan rangsang ke sel lainnya. Neurit atau akson merupakan perpanjangan dari badan sel saraf. Berikut ini bagian-bagian dari neurit: Selubung Mielin. Selubung mielin merupakan selaput pembungkus neurit. Selubung mielin mengandung lemak dan bersegmen-segmen. Lekukan di antara dua segmen mielin disebut nodus ranvier. Selubung mielin terdapat sel schwann. Sel yang membentuk selubung mielin disebut sel glial atau oligodendrosit. Fungsi selubung mielin yaitu untuk melindungi neurit dari kerusakan, mencegah impuls bocor dan mempercepat jalan impuls. Sifat selubung mielin mirip pembungkus kabel listrik yang bersifat isolator. Sel Schwann . Sel schwann merupakan sel yang terdapat di selubung mielin. Sel ini ditemukan oleh Theodore Schwann, seorang ilmuwan dari Jerman. Sel schwann bekerja dengan menghasilkan lemak dan membungkus neurit berkali-kali sehingga terbentuk selubung mielin. Fungsi sel schwann yaitu membantu menyediakan makanan untuk neurit dan membantu regenerasi neurit. Nodus Ranvier. Nodus ranvier adalah bagian pada akson yang tidak terbungkus oleh selubung mielin. Fungsi utamanya yaitu sebagai daerah pertukaran ion kalium dan ion natrium dari luar ke dalam akson secara transport aktif, sehingga dapat mempercepat jalannya impuls Akson terminal . Akson terminal merupakan bagian paling ujung dari akson yang bercabang. Pada setiap neuron, ujung aksonnya membengkak membentuk suatu tonjolan kecil yang disebut tombol sinapsis. Pada setiap tombol sinapsis terdapat celah sinapsis . Sebuah sinapsis menyediakan koneksi antar neuron yang memungkinkan mengalirnya informasi sensorik di antara sel saraf. Pada bagian ujung akson tersebut terdapat kantong yaitu bulbus akson. Kantong tersebut berisi zat kimia yang disebut dengan neurotransmiter . Neurotransmiter dapat berupa asetilkolin, dopamin dan seretonin yang berfungsi dalam penyampaian impuls saraf pada sinapsis, sehingga akson terminal berfungsi sebagai tempat melepaskan neurotransmitter menuju neuron lain. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah selubung myelin berfungsi untuk membungkus neurit, sel schwann berfungsi untuk menyusun selubung myelin, nodus ranvier berfungsi untuk mempercepat jalannya impulsdan akson terminal sebagai tempat melepaskan neurotransmitter.

Neurit atau akson berfungsi untuk menghantarkan rangsang ke sel lainnya. Neurit atau akson merupakan perpanjangan dari badan sel saraf.  

Berikut ini bagian-bagian dari neurit:

  1. Selubung Mielin. Selubung mielin merupakan selaput pembungkus neurit. Selubung mielin mengandung lemak dan bersegmen-segmen. Lekukan di antara dua segmen mielin disebut nodus ranvier. Selubung mielin terdapat sel schwann. Sel yang membentuk selubung mielin disebut sel glial atau oligodendrosit. Fungsi selubung mielin yaitu untuk melindungi neurit dari kerusakan, mencegah impuls bocor dan mempercepat jalan impuls. Sifat selubung mielin mirip pembungkus kabel listrik yang bersifat isolator.
  2. Sel Schwann. Sel schwann merupakan sel yang terdapat di selubung mielin. Sel ini ditemukan oleh Theodore Schwann, seorang ilmuwan dari Jerman. Sel schwann bekerja dengan menghasilkan lemak dan membungkus neurit berkali-kali sehingga terbentuk selubung mielin. Fungsi sel schwann yaitu membantu menyediakan makanan untuk neurit dan membantu regenerasi neurit.
  3. Nodus Ranvier. Nodus ranvier adalah bagian pada akson yang tidak terbungkus oleh selubung mielin. Fungsi utamanya yaitu sebagai daerah pertukaran ion kalium dan ion natrium dari luar ke dalam akson secara transport aktif, sehingga dapat mempercepat jalannya impuls
  4. Akson terminal. Akson terminal merupakan bagian paling ujung dari akson yang bercabang. Pada setiap neuron, ujung aksonnya membengkak membentuk suatu tonjolan kecil yang disebut tombol sinapsis. Pada setiap tombol sinapsis terdapat celah sinapsis. Sebuah sinapsis menyediakan koneksi antar neuron yang memungkinkan mengalirnya informasi sensorik di antara sel saraf. Pada bagian ujung akson tersebut terdapat kantong yaitu bulbus akson. Kantong tersebut berisi zat kimia yang disebut dengan neurotransmiter. Neurotransmiter dapat berupa asetilkolin, dopamin dan seretonin yang berfungsi dalam penyampaian impuls saraf pada sinapsis, sehingga akson terminal berfungsi sebagai tempat melepaskan neurotransmitter menuju neuron lain.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah selubung myelin berfungsi untuk membungkus neurit, sel schwann berfungsi untuk menyusun selubung myelin, nodus ranvier berfungsi untuk mempercepat jalannya impuls dan akson terminal sebagai tempat melepaskan neurotransmitter.

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan struktur sel saraf A dan B berikut! Berdasarkan strukturnya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. Apa nama struktur sel saraf yang ditunjukkan oleh huruf A dan B?

118

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia