Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan 5 fosil hominid (cikal bakal manusia) temuan para ahli!

Sebutkan 5 fosil hominid (cikal bakal manusia) temuan para ahli!space space

  1. ....

  2. ....

Iklan

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Hominid adalah semua primata nenek moyang manusia yang dicirikan dengan mempertahankan postur tubuh yang tegak dan kemampuan untuk melakukan gerak bipedal. Fosil hominid adalah nenek moyang spesies manusia saat ini. Beberapa fosil yang telah ditemukan adalah: Australopithecus anamensis : Merupakan spesies dariAustralopithecus yang paling tua. Hominid ini hidup sekitar 4,2 juta-3,8 juta tahun yang lalu. Fosilnya ditemukan pada tahun 1995 di dua lapisan berbeda di pantai barat Danau Turkana, di Kenya. Australopithecus afarensis : Fosil ini ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1930. Kemungkinan, hominid ini hidup sekitar 3,9 juta - 2,9 juta tahun yang lalu. Para ilmuwan mempercayai bahwa A. afarensis adalah nenek moyang dari Homo. Homo habilis :Homohabils berasal dari Bahasa Latin yang artinya adalahmanusia yang pandai menggunakan tangannya. Hominid ini hidup sekitar 2,5 juta-1,8 juta tahun yang lalu, yaitu pada masa awal Pleistosen. Fosil ditemukan di kawasan Afrika Timur pada tahun 1962. Homo erectus : Homo erectus berasal dari Bahasa Latin yang artinya adalah manusia yang berdiri tegak. Hominid ini hidup sekitar 2 juta tahun yang lalu. H. erectus dipercaya berasal dari Afrika dan bermigrasi pada masa awal Pleistosen hingga menyebar ke Asia Tenggara. Homo neanderthalensis : Fosil H. neanderthalensis ditemukan olehRudolph Virchow pada tahun di GuaNeanderthal, Jerman Barat. Hidup pada masa pertengahan Pleistosen, yaitu sekitar 500.000-50.000 tahun yang lalu. Pada masa hidupnya, hominid ini telah menggunakan teknologi batu dan tulang yang maju.

Hominid adalah semua primata nenek moyang manusia yang dicirikan dengan mempertahankan postur tubuh yang tegak dan kemampuan untuk melakukan gerak bipedal. Fosil hominid adalah nenek moyang spesies manusia saat ini. Beberapa fosil yang telah ditemukan adalah:

  1. Australopithecus anamensis : Merupakan spesies dari Australopithecus yang paling tua. Hominid ini hidup sekitar 4,2 juta-3,8 juta tahun yang lalu. Fosilnya ditemukan pada tahun 1995 di dua lapisan berbeda di pantai barat Danau Turkana, di Kenya.   
  2. Australopithecus afarensis : Fosil ini ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1930. Kemungkinan, hominid ini hidup sekitar 3,9 juta - 2,9 juta tahun yang lalu. Para ilmuwan mempercayai bahwa A. afarensis adalah nenek moyang dari Homo.
  3. Homo habilis : Homo habils berasal dari Bahasa Latin yang artinya adalah manusia yang pandai menggunakan tangannya. Hominid ini hidup sekitar 2,5 juta-1,8 juta tahun yang lalu, yaitu pada masa awal Pleistosen. Fosil ditemukan di kawasan Afrika Timur pada tahun 1962. 
  4. Homo erectus : Homo erectus berasal dari Bahasa Latin yang artinya adalah manusia yang berdiri tegak. Hominid ini hidup sekitar 2 juta tahun yang lalu. H. erectus dipercaya berasal dari Afrika dan bermigrasi pada masa awal Pleistosen hingga menyebar ke Asia Tenggara.
  5. Homo neanderthalensis : Fosil H. neanderthalensis ditemukan oleh Rudolph Virchow pada tahun di Gua Neanderthal, Jerman Barat. Hidup pada masa pertengahan Pleistosen, yaitu sekitar 500.000-50.000 tahun yang lalu. Pada masa hidupnya, hominid ini telah menggunakan teknologi batu dan tulang yang maju. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Manakah informasi yang tidak tepat terkait dengan manusia purba atau manusia "hobbit" flores ( Homo floresiensis )?

27

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia