Roboguru

Sebutkan 5 dasar persatuan menurut putusan kongres Sumpah pemuda!

Pertanyaan

Sebutkan 5 dasar persatuan menurut putusan kongres Sumpah pemuda!

Pembahasan Soal:

Tiga butir utama putusan Kongres Pemuda II yang diadakan di Jakarta pada tanggal 27-28 Oktober 1928 adalah pertama, kami putera dan puteri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Kedua, kami putera dan puteri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Ketiga, kami putera dan puteri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.  Tapi mungkin hanya itu saja yang dikenal dan sering diucapkan banyak orang. Padahal putusan Kongres Pemuda II lebih lengkap dari sekadar itu.  Setelah mendengar putusan sebagaimana telah dituliskan di atas, para peserta rapat mengeluarkan keyakinan mereka bahwa azas itu wajib dipakai oleh segala perkumpulan kebangsaan Indonesia. Itu berarti bahwa sejak 1928, perkumpulan-perkumpulan kebangsaan Indonesia harus  mengaku satu tumpah darah yaitu Tanah Air Indonesia, mengaku berbangsa satu yaitu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia.

Para peserta rapat juga mengeluarkan keyakinan bahwa persatuan Indonesia harus terus diperkuat dengan memperhatikan dasar persatuannya. Secara terinci, putusan Kongres Pemuda II yang konsepnya ditulis oleh Mohammad Yamin dan disetujui oleh pimpinan rapat, Soegondo, menulis sedikitnya ada lima dasar yang dapat memperkuat persatuan Indonesia, yaitu kemauan, sejarah, bahasa, hukum adat, serta pendidikan dan kepanduan.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah kemauan, sejarah, bahasa, hukum adat, serta pendidikan dan kepanduan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di mana Sumpah Pemuda diikrarkan?

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda merupakan hasil dari diselenggarakannya kongres pemuda II. Sumpah pemuda diikrarkan saat rapat ketiga kongres pemuda II yang berlangsung pada tanggal 28 Oktober 1928 di gedung Indonesische Clubgebouw, Jalan Kramat Raya 106. Secara garis besar isi dari sumpah pemuda yakni deklarasi bertumpah darah Indonesia, berbangsa Indonesia, serta menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, lagu Indonesia Raya karya W.R. Soepratman juga diperdengarkan untuk pertama kali.

Dengan demikian, sumpah pemuda diikrarkan di gedung Indonesische Clubgebouw, Jalan Kramat Raya 106.  

0

Roboguru

Pada tanggl 28 Oktober 1928 ,peserta Kongres Pemuda mengucapkan ikrar yg di kenal sebagai "Sumpah Pemuda " . Isi teks Sumpah Pemuda menyimpulkan bahwa...

Pembahasan Soal:

Kongres Pemuda kedua yang dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928 melahirkan ikrar Sumpah Pemuda. Kongres Pemuda kedua berisi kesepakatan sebagai berikut.
 

  1. Pertama: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
  2. Kedoea: Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Ketiga: Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Isi teks sumpah pemuda merupakan  bentuk penegasan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

 

Dengan demikian, isi teks sumpah pemuda merupakan bentuk penegasan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

 

0

Roboguru

Salah satu keputusan yang dihasilkan pada Kongres Pemuda Il adalah pembentukan perkumpulan pemuda dan pelajar Indonesia yang bermanfaat untuk....

Pembahasan Soal:

Salah satu keputusan yang dihasilkan pada Kongres Pemuda Il adalah pembentukan perkumpulan pemuda dan pelajar Indonesia yang diberi nama Indonesia Moeda. Indonesia Moeda adalah organisasi pemuda yang diresmikan tanggal 31 Desember 1930 yang merupakan penggabungan antara organisasi Jong Java, Pemuda Indonesia dan Jong Sumatra. Ide penyatuan dan pembentukan organisasi ini diprakarsai oleh organisasi Jong Java yang mengundang beberapa wakil perkumpulan pemuda untuk rapat di Jl. Kramat No. 106 Batavia (sekarang Gedung Sumpah Pemuda, Jakarta) tanggal 23 April 1929. Keputusan pertemuan adalah mengadakan Kongres Pemuda di Solo antara tanggal 28 Desember 1930 dan 2 Januari 1931. Organisasi ini bertujuan memperkuat rasa persatuan di kalangan pemuda dan pelajar di Hindia Belanda kala itu; sekaligus sebagai sebuah gerakan nasionalis untuk membangun kesadaran bertanah air, berbangsa dan berbahasa Indonesia. Karena haluan nasionalistik ini, Indonesia Moeda juga kala itu secara tegas mengakui Sumpah Pemuda, dan menjunjung bahasa Indonesia dan lagu Indonesia Raya, dan bendera Merah Putih sebagai identitas organisasi ini. Walaupun organisasi ini secara resmi tidak berkiprah dalam politik, organisasi ini adalah salah satu gerakan yang mempelopori terciptanya Indonesia merdeka.

Dengan demikian, pembentukan perkumpulan pemuda dan pelajar Indonesia yang bermanfaat untuk memperkuat rasa persatuan di kalangan pemuda dan pelajar di Hindia Belanda sekaligus sebagai sebuah gerakan nasionalis untuk membangun kesadaran bertanah air, berbangsa dan berbahasa Indonesia.

0

Roboguru

Melalui Sumpah Pemuda menghasilkan kesepakatan yaitu...

Pembahasan Soal:

Sumpah pemuda merupakan hasil dari Kongres Pemuda II yang dilangsungkan selama dua hari pada 27 dan 28 Oktober 1928 di Batavia. Kongres Pemuda II ini dihadiri oleh berbagai golongan pemuda dan juga pelajar dari berbagai daerah, seperti Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Jong Islamieten Bond, Pemuda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, Katholikee Jongelingen Bond, Pemuda Kaum Betawi, Sekar Rukun dan lainnya. Sumpah pemuda ini menghasilkan kesepakatan sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yang membuktikan bahwa perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Dengan demikian, sumpah pemuda menghasilkan kesepakatan sebagai satu bangsa, satu nusa dan satu bahasa sebagai perwujudan Bhineka Tunggal Ika.
 

0

Roboguru

Hasil rumusan dari Kerapatan Pemuda-Pemudi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai ...

Pembahasan Soal:

Pada 28 Oktober 1928 di adakan Kongres Pemuda 2 yang melahirkan Sumpah Pemuda. Peristiwa ini, diperingati hingga saat ini, yang dikenal dengan hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober. Adapun isi Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut.

  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved