Pertanyaan

Sebutkan 4 pemahaman yang benar terhadap keberagaman di Indonesia!

Sebutkan 4 pemahaman yang benar terhadap keberagaman di Indonesia!

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat dimana terdapat perbedaan dalam berbagai bidang terutama suku bangsa, ras, agama, idelogi, budaya “masyarakat yang manjemuk”. Pemahaman yang benar tentang keberagaman berkaitan dengan memaknai dengan baik tentang bentuk-bentuk keberagaman di Indonesia yang meliputi: Keberagaman suku . Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri berbagai macam suku bangsa. Setiap suku bangsa memiliki karakter tersendiri dan tidak dapat disamakan satu dengan yang lain. Keberagaman agama. Kebebasan beragama dijamin dalam UUD 1945 serta terdapat enam agama yang diakui oleh Indonesia. Keberagaman ras. Ras digunakan untuk mengategorikan manusia melalui ciri fenotipe (ciri fisik) dan asal usul geografis. Terdapat beberapa ras di wilayah di Indonesia yang berbeda satu dengan yang lain, yang harus dihormati keberadaannya. Keberagaman anggota golongan . Keberagaman golongan bisa terjadi secara vertikal dan horizontal. Untuk vertikal, terdapat hierarki lapisan atas dan lapisan bawah yang cukup tajam. Contohnya seperti status sosial, pendidikan, jabatan, dan sebagainya. Secara horizontal, biasanya anggota golongan setara dan tidak ada hierarki.

Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat dimana terdapat perbedaan dalam berbagai bidang terutama suku bangsa, ras, agama, idelogi, budaya “masyarakat yang manjemuk”.
Pemahaman yang benar tentang keberagaman berkaitan dengan memaknai dengan baik tentang bentuk-bentuk keberagaman di Indonesia yang meliputi:

  • Keberagaman suku. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri berbagai macam suku bangsa. Setiap suku bangsa memiliki karakter tersendiri dan tidak dapat disamakan satu dengan yang lain.
  • Keberagaman agama. Kebebasan beragama dijamin dalam UUD 1945 serta terdapat enam agama yang diakui oleh Indonesia.
  • Keberagaman ras. Ras digunakan untuk mengategorikan manusia melalui ciri fenotipe (ciri fisik) dan asal usul geografis. Terdapat beberapa ras di wilayah di Indonesia yang berbeda satu dengan yang lain, yang harus dihormati keberadaannya.
  • Keberagaman anggota golongan. Keberagaman golongan bisa terjadi secara vertikal dan horizontal. Untuk vertikal, terdapat hierarki lapisan atas dan lapisan bawah yang cukup tajam. Contohnya seperti status sosial, pendidikan, jabatan, dan sebagainya. Secara horizontal, biasanya anggota golongan setara dan tidak ada hierarki. 

27

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Kedatangan bangsa asing yang berbeda ras, kemudian menetap di Indonesia mengakibatkan kemajemukan ras, agama dan bahasa.Hal ini merupakan penyebab keragaman masyarakat Indonesia dari segi…

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia