Roboguru

Sebutkan 3 upaya pelestarian makhluk hidup!

Sebutkan 3 upaya pelestarian makhluk hidup!space

  1. ....undefined

  2. ....undefined

Jawaban:

Pelestarian makhluk hidup dapat dilakukan di dalam habitat aslinya (in situ) maupun luar habitat aslinya (ex-situ). Berikut beberapa contoh upaya pelestarian makhluk hidup:

Pelestarian in-situ:

  1. Suaka margasatwa, yaitu area hutan suaka alam yang memiliki ciri khas seperti keberagaman jenis satwa yang unik yang butuh dilindungi atau dibina untuk keberlangsungan hidup satwa tersebut di habitat mereka.
  2. Cagar alam, yaitu kawasan suaka alam yang memiliki kekhasan akan tumbuhan dan ekosistem tertentu yang harus dilindungi atau dilestarikan dan perkembangannya berlangsung secara alami sesuai dengan kondisi aslinya.
  3. Taman nasional, yaitu pelestarian alam yang ditandai dengan mempertahankan ekosistem aslinya dan diproses dengan sistem zonasi.

Pelestarian ex-situ:

  1. Kebun binatang, yaitu tempat terbuka hijau yang berupa taman sebagai wilayah untuk mengumpulkan, memelihara kesejahteraan, dan memeragakan satwa liar untuk khalayak umum.
  2. Kebun raya, yaitu kawasan ex-situ yang mempunyai berbagai jenis tumbuhan dan ditata dengan merujuk pada taksonomi, bioregion, serta tematik atau kombinasi dari berbagai pola tersebut untuk tujuan konservasi, penelitian, jasa lingkungan, dan wisata.
  3. Kebun plasma nutfah, yaitu kebun koleksi dengan cakupan tanaman yang dibudidayakan memiliki luas yang cukup besar. Pengertian dari plasma nutfah sendiri adalah substansi pembawa sifat keturunan berupa organ utuh atau bagian dari tumbuhan atau hewan dan jasad renik.undefined

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved