Roboguru

Sebutkan 3 organisasi kepemudaan yang lahir setelah Budi Utomo!

Pertanyaan

Sebutkan 3 organisasi kepemudaan yang lahir setelah Budi Utomo! space space

  1. ... space space

  2. ... space space

Pembahasan Soal:

Budi Utomo merupakan organisasi pergerakan nasional pertama di Indonesia yang didirikan pada 20 Mei 1908. Pasca dibentuknya Budi Utomo, banyak organisasi pergerakan nasional yang berdiri sesuai dengan asas idiologisnya atau perjuangannya masing-masing. Selain itu, juga banyak didirikan organisasi kepemudaan yang menghimpun kekuatan-keuatan pemuda dari daerah-daerah. Organisasi pemuda yang berdiri pasca Budi Utomo, yakni Trikoro Dharmo, Jong Sumateranen Bond, Jong Ambon, Jong Minahasa, dan Jong Cilebes.

Dengan demikian, organisasi pemuda yang berdiri pasca Budi Utomo, yakni Trikoro Dharmo, Jong Sumateranen Bond, Jong Ambon, Jong Minahasa, dan Jong Cilebes.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Organisasi kepemudaan seperti Trikoro Dharmo memiliki visi dan misi yang berkaitan erat dengan dunia pendidikan. Visi dan Misi tersebut adalah..

Pembahasan Soal:

Tri Koro Dharmo adalah organisasi himpunan para pemuda pertama kalinya di Indonesia yang berdiri pada tanggal 7 Maret 1915 di Batavia. Tri Koro Dharmo berisi para pemuda pelajar STOVIA yang saat itu juga terdapat organisasi Budi Utomo. Organisasi ini digagas oleh dr. Satiman Wirjosandjojo, Kadarman, dan Sunardi. Organisasi ini memiliki kemiripan dengan Budi Utomo, yaitu menyebarkan semangat pendidikan dan kebudayaan bagi para anggotanya. Trikoro Dharmo memiliki tiga visi, yaitu Sakti yang berarti kekuasaan dan kecerdasan, Budi yang berarti bijaksana, serta Bhakti yang berarti kasih sayang.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Organisasí pemuda Jong Ambon baru dibentuk tahun ....

Pembahasan Soal:

Pada masa pergerakan nasional, organisasi pemuda di daerah mempunyai peran atau kiprah yang penting. Salah satu organisasi pemuda di daerah yang cukup populer adalah Jong Ambon. Jong Ambon sendiri adalah Organisasi Ambon Muda atau Pemuda-pemuda Ambon yang berdiri pada tahun 1917. Beberapa tokoh Jong Ambon yakni J.Leimena dan J. Kayadoe. Dalam perkembangannya, organisasi Jong Ambon mempunyai peran dalam menyelenggarakn Kongres Pemuda.

Dengan demikian, Jong Ambon dibentuk pada tahun 1917.

0

Roboguru

Salah satu nama di antara pemuda pejuang yang muncul dari organisasi Jong Sumatranen Bond adalah ....

Pembahasan Soal:

Jong Sumatranen Bond merupakan organisasi kepemudaan yang didirikan dengan tujuan mempererat hubungan para pelajar yang berasal dari Sumatera. JSB ini mempunyai enam cabang dimana empat cabang berlokasi di tanah Jawa dan dua lainnya berlokasi di Bukittinggi dan Padang.

Dua tokoh utama pendiri Jong Sumatranen Bond atau JSB adalah Mohammad Amir dan Tengku Mansyur. Mereka berdua, bersama dengan sejumlah pelajar asal Sumatera lainnya, mendirikan JSB pada tanggal 8 Desember tahun 1917. Pendirian JSB ini terinspirasi dari pendirian Jong Java pada tahun 1915.

Jadi, nama pemuda pejuang yang muncul dari organisasi Jong Sumatranen Bond adalah Mohammad Amir dan Tengku Mansyur.

0

Roboguru

Pada tanggal 12 Juni 1918 Tri Koro Dharmo mengubah namanya menjadi Jong Java. Perubahan nama tersebut dilakukan dengan tujuan....

Pembahasan Soal:

Perubahan nama dilakukan untuk menghindari perpecahan akibat ketidaksenangan terhadap corak budaya jawa dalam Tri Koro Dharmo.

0

Roboguru

Organisasi kepanduan Indonesia yang pertama adalah Javaansche Padvinders Organisatie (JPO) didirikan di ....

Pembahasan Soal:

Organisasi kepanduan pribumi yang pertama kali didirikan adalah Javaansche Padvinders Organisatie atau yang disingkat dengan JPO pada bulan September 1916 di ibukota Mangkunegaran atau Solo. Berdirinya organisasi kepanduan di Mangkunegaran, tidak terlepas dari peranan Mangkunegoro VII sebagai seorang bangsawan Jawa yang menjadi aktivis Budi Utomo. Kelahiran JPO ini, kemudian mempelopori lahirnya organisasi-organisasi kepanduan pribumi lainnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.space space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved