Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan 3 ordo dalam kelas amfibi

Sebutkan 3 ordo dalam kelas amfibi

Iklan

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

3 ordo dari amphibi yaitu ordo anura, ordo caudata, dan ordo apoda

3 ordo dari amphibi yaitu ordo anura, ordo caudata, dan ordo apoda

Iklan

Pembahasan

Amphibia merupakan organisme yang hidup denga dua habitat, yaitu habitat darat dan habitat air. Amphobia termasuk hewan poikiloterm (berdarag dingin). Pembagian tubuh terdidi atas kepala dan badan; atau kepala, badan, dan ekor. Kulit lembab berlendir terdiri dari dermis dan epidermis. Berikut ini 3 ordo dari amphibia. Ordo Anura, merupakan anggota kelompok amphibi yang ciri khasnya tidak mempunyai ekor. Tubuh terbagi atas kepala dan badan, dan tidak memiliki leher. Salah satu anggota ordo anura yang umum kita kenal adalah kodok atau katak. Ordo Caudata (Urodela) , merupakan kelompok amphibi yang ciri khasnya adalah mempunyai ekor. Kata Cauda berasal dari bahasa lati yang artinya ekor. Tubuh ordo ini terdapat bagian kepala, badan, ekor dan anggota gerak. Anggota dari ordo ini bisa mempunyai ukuran tubuh bervariasi dan ekornya mempunyai panjang yang hampir sama dengan tubuhnya. Contoh salamander raksasa yang ada di cina dan Jepang. Ordo Apoda merupakan kelompok amphibi yang ciri kasnya tidak mempunyai kaki. Maksudnya tubuhnya tersusun atas kepala, badan dan ekor. Ordo ini mempunyai bentuk tubuh memanjang yang menyerupai bentuk cacing atau belut dengan kulit serta tulang yang kompak. Contohnya salamander cacing. Jadi 3 ordo dari amphibi yaitu ordo anura, ordo caudata, dan ordo apoda

Amphibia merupakan organisme yang hidup denga dua habitat, yaitu habitat darat dan habitat air. Amphobia termasuk hewan poikiloterm (berdarag dingin). Pembagian tubuh terdidi atas kepala dan badan; atau kepala, badan, dan ekor. Kulit lembab berlendir terdiri dari dermis dan epidermis. Berikut ini 3 ordo dari amphibia.

  1. Ordo Anura, merupakan anggota kelompok amphibi yang ciri khasnya tidak mempunyai ekor. Tubuh terbagi atas kepala dan badan, dan tidak memiliki leher. Salah satu anggota ordo anura yang umum kita kenal adalah kodok atau katak.
  2. Ordo Caudata (Urodela), merupakan kelompok amphibi yang ciri khasnya adalah mempunyai ekor. Kata Cauda berasal dari bahasa lati yang artinya ekor. Tubuh ordo ini terdapat  bagian kepala, badan, ekor dan anggota gerak. Anggota dari ordo ini bisa mempunyai ukuran tubuh bervariasi dan ekornya mempunyai panjang yang hampir sama dengan tubuhnya. Contoh salamander raksasa yang ada di cina dan Jepang.
  3. Ordo Apoda merupakan kelompok amphibi yang ciri kasnya tidak mempunyai kaki. Maksudnya tubuhnya tersusun atas kepala, badan dan ekor. Ordo ini mempunyai bentuk tubuh memanjang yang menyerupai bentuk cacing atau belut dengan kulit serta tulang yang kompak. Contohnya salamander cacing.

Jadi 3 ordo dari amphibi yaitu ordo anura, ordo caudata, dan ordo apoda

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jenis Amphibia yang hewan dewasanya tetap bernapas dengan insang adalah . . . .

210

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia