Roboguru

Sebutkan 3 macam alat eksresi pada hewan, beserta senyawa yang dikeluarkan!

Pertanyaan

Sebutkan 3 macam alat eksresi pada hewan, beserta senyawa yang dikeluarkan! 

Pembahasan Soal:

Sistem ekskresi merupakan proses pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak digunakan lagi oleh tubuh. Sisa-sisa metabolisme ini berupa senyawa-senyawa yang bersifat toksik (racun) sehingga jika tidak dikeluarkan dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ-organ di dalam tubuh. Organ-organ yang berperan dalam sistem ekskresi pada manusia meliputi kulit, ginjal, paru-paru, dan hati. Berikut ini merupakan organ ekskresi pada hewan dan senyawa yang dikeluarkan! 

Organ Senyawa yang dikeluakan
Kulit  keringat
Hati  Urea
Ginjal  Urin
Paru-paru CO2 dan H2O

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pengeluaran keringat dari tubuh mempunyai tujuan ….

Pembahasan Soal:

Pengeluaran keringat dari tubuh mempunyai tujuan mengatur suhu tubuh. Keringat diproduksi oleh kelenjar keringat yang berada di dermis kulit. Saat suhu panas, maka keringat akan diproduksi oleh kelenjar keringat kemudian dikeluarkan ke permukaan kulit melalui pori-pori. Saat keringat menguap ke lingkungan, maka suhu tubuh juga ikut dilepas ke lingkungan sehingga suhu tubuh kembali normal.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Pada ginjal terjadi proses filtrasi, reabsorpsi, dan augmėntasi. Adapun tempat masing-masing proses di atas pada ginjal adalah ....

Pembahasan Soal:

Tahap pertama pembentukan urin pada manusia adalah filtrasi yang terjadi di glomerulus. Glomerulus adalah untaian pembuluh kapiler yang dinding-dindingnya bertautan dengan kapsula bowman. Filtrasi disebut juga dengan penyaringan.

Pada tahap reabsorpsizat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh akan diserap kembali dan dimasukkan ke dalam aliran darah. Reabsorpsi terjadi di tubulus kontortus proksimal dan lengkung henle. Setelah proses reabsorpsi berlangsung terbentuklah urin sekunder.

Augmentasi merupakan tahap terakhir dari proses pembentukan urin pada tubuh manusia. Zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh akan diekskresikan, di sinilah tempatnya. Augmentasi terjadi di tubulus kontortus distal dan tubulus kolektivus (pengumpul) sebagai tempat penyimpanan urin untuk sementara. Di tahap ini masih terjadi penyerapan kembali pada air, garam NaCl dan urea sehingga terbentuk urin sebenarnya yang harus dibuang oleh tubuh.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.  

0

Roboguru

Perhatikan gambar irisan membujur ginjal berikut! Proses yang terjadi pada nomor 3 adalah ....

Pembahasan Soal:

Proses yang terjadi pada nomor 3 adalah penyerapan kembali zat-zat yang berguna. Bagian nefron yang ditunjuk dengan nomor 3 merupakan tubulus kontortus proksimal yang berfungsi sebagai tempat terjadinya reabsorbsi dalam proses pembentukan urine. Zat yang di reabsorbsi antara lain air, glukosa, asam amino dan akan menghasilkan urin sekunder.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space space 

0

Roboguru

Lengkapi tabel organ ekskresi dan zat yang dikeluarkannya berikut ini!

Pembahasan Soal:

Ekskresi merupakan pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Sebagai organ yang berperan dalam sistem ekskresi, hati berfungsi untuk merombak sel-sel darah merah yang sudah tua/rusak. Di dalam hati, hemoglobin pada sel darah merah yang sudah rusak akan diuraikan menjadi globin, zat besi, dan senyawa hemin. Hemoglobin itu sendiri merupakan protein yang mengandung zat besi pada sel darah merah. Zat besi akan disimpan di dalam hati atau dialirkan menuju sumsum tulang belakang, sedangkan globin digunakan untuk membentuk sel darah merah baru dan metabolisme protein. Sementara itu, senyawa hemin akan diubah menjadi zat warna pada empedu, yaitu bilirubin dan biliverdin yang dikeluarkan bersama dengan urin atau feses.

Fungsi hati lainnya dalam sistem ekskresi adalah untuk menguraikan gas amonia yang berbahaya dalam tubuh menjadi zat yang lebih aman, yaitu urea. Amonia tersebut dihasilkan dari proses metabolisme asam amino. Urea dari dalam hati akan dikeluarkan dan diangkut ke ginjal untuk dikeluarkan bersama urin. 

Dengan demikian, organ hati mengeluarkan zat berupa bilirubin dan biliverdin dalam bentuk zat padat maupun zat cair, sedangkan urea diekskresikan dalam bentuk zat cair

0

Roboguru

Jelaskan tahapan proses pembentukan urin yang terjadi di nefron ginjal!

Pembahasan Soal:

Ginjal merupakan salah satu organ penyusun sistem ekskresi. Zat yang diekskresikan adalah urnie. Tahapan pembentukan urine ada 3 yaitu sebagai berikut.

  1. Filtrasi
    merupakan tahap awal yaitu tahap penyaringan darah yang terjadi di glomerulus yang nantinya memnghasilkan filtrat glomerulus yang bebas dengan zat seperti protein dan sel darah.
  2. Reabsorbsi
    merupakan tahapan kedua yaitu penyerapan kembali zat zat yang dirasa masih penting bagi tubuh seperti asam amino dan glukosa. Tahapan ini terjadi di tubulus kontortus proksimal dan lengkung henle. Hasilkan urine sekunder.
  3. Augmentasi
    Tahap terakhir dalam ginjal yaitu pada tubulus kontortus distal yang akan menambahkan zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh seperti urea dan zat warna empedu (urobilin) yang anntinya menghasilkan urine sesungguhnya menuju ke saluran kencing.space space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved