Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan 3 hal-hal yang mendasari perbedaan usaha perorangan dan kelompok!

Sebutkan 3 hal-hal yang mendasari perbedaan usaha perorangan dan kelompok! space 

Iklan

M. Maulanisuhud

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Badan usaha perseorangan adalah badan usaha yang didirikan oleh satu orang dimana satu orang tersebut merupakan pemilik sekaligus orang yang menjalankan usaha. Badan usaha kelompok adalah badan usaha yang didirikan lebih dari satu orang dimana seluruh pemodal atau sebagian pemodal tersebut ada yang bertindak sebagai pemilik atau orang yang menjalankan usaha ataupun keduanya. Perbedaan dasar antara badan usaha perseorangan dengan badan usaha kelompok antara lain: Pada badan usaha perseorangan, modal hanya berasal dari satu orang. Sedangkan pada badan usaha kelompok, modal bisa berasal dari satu orang ataupun lebih dari satu orang. Badan usaha perseorangan hanya dimiliki oleh satu orang. Sedangkan badan usaha kelompok tidak hanya dimiliki oleh satu orang melainkan banyak orang. Badan usaha perseorangan hanya dijalankan oleh satu orang. Sedangkan badan usaha kelompok dijalankan oleh lebih dari satu orang. Badan usaha perseorangan memiliki manajemen yang sangat sederhana. Sedangkan badan usaha kelompok memiliki manajemen yang lebih lengkap. Pada badan usaha perseorangan, orang yang menjalankan usaha hanya bertanggungjawab pada dirinya sendiri karena ia merupakan pemilik sekaligus orang yang menjalankan usaha. Sedangkan pada badan usaha perseorangan, orang yang menjalankan usaha bertanggungjawab pada banyak orang terutama pada pemilik modal karena pemilik modal dan orang yang menjalankan usaha biasanya adalah orang yang berbeda.

Badan usaha perseorangan adalah badan usaha yang didirikan oleh satu orang dimana satu orang tersebut merupakan pemilik sekaligus orang yang menjalankan usaha. Badan usaha kelompok adalah badan usaha yang didirikan lebih dari satu orang dimana seluruh pemodal atau sebagian pemodal tersebut ada yang bertindak sebagai pemilik atau orang yang menjalankan usaha ataupun keduanya.

Perbedaan dasar antara badan usaha perseorangan dengan badan usaha kelompok antara lain:

  • Pada badan usaha perseorangan, modal hanya berasal dari satu orang. Sedangkan pada badan usaha kelompok, modal bisa berasal dari satu orang ataupun lebih dari satu orang.
  • Badan usaha perseorangan hanya dimiliki oleh satu orang. Sedangkan badan usaha kelompok tidak hanya dimiliki oleh satu orang melainkan banyak orang.
  • Badan usaha perseorangan hanya dijalankan oleh satu orang. Sedangkan badan usaha kelompok dijalankan oleh lebih dari satu orang.
  • Badan usaha perseorangan memiliki manajemen yang sangat sederhana. Sedangkan badan usaha kelompok memiliki manajemen yang lebih lengkap.
  • Pada badan usaha perseorangan, orang yang menjalankan usaha hanya bertanggungjawab pada dirinya sendiri karena ia merupakan pemilik sekaligus orang yang menjalankan usaha. Sedangkan pada badan usaha perseorangan, orang yang menjalankan usaha bertanggungjawab pada banyak orang terutama pada pemilik modal karena pemilik modal dan orang yang menjalankan usaha biasanya adalah orang yang berbeda. space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

20

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Menurutmu, apakah penguasaan bidang yang digeluti pemilik usaha perseorangan berperan penting pada keberhasilan usahanya? Bagaimana menyiasati kurang terampilnya pemilik usaha agar usaha yang dilakuka...

26

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia