Roboguru

Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi proses pembentukan tanah !

Pertanyaan

Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi proses pembentukan tanah !  

  1. . . .  

  2. . . .  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Faktor yang mempengaruhi proses pembentukan tanah :  

 

  1. Iklim
    Iklim menjadi faktor yang paling penting. Iklim mengatur laju dan jenis pembentukan tanah, serta sebagai penentu utama distribusi vegetasi. Faktor iklim terdiri atas suhu (berpengaruh terhadap proses pelapukan bahan induk) dan curah hujan (berpengaruh terhadap kekuatan erosi dan pencucian tanah).  
  2. Relief (Topografi)  
    Relief atau topografi adalah perbedaan tinggi, bentuk, atau kemiringan lereng suatu wilayah dengan kondisi yang relatif dinamis. Kondisi relief dapat mempengaruhi ketebalan profil tanah (apabila topografi miring, maka lapisan tanahnya menjadi lebih tipis karena ada erosi, dan apabila topografinya datar, maka lapisan tanahnya tebal karena ada sedimentasi) dan sistem drainase/pengaliran (kondisi yang buruk akan menyebabkan tanah menjadi masam).  
  3. Bahan Induk (Parental Material)  
    Bahan induk terdiri atas batuan (hasilnya tanah mineral) dan bahan organik (berasal dari campuran dengan bahan mineral dan menghasilkan tanah organik). Bahan induk akan mempengaruhi laju dan jalan pembentukan tanah. Terdapat tiga sifat dalam bahan induk yang dapat mempengaruhi pembentukan tanah, yaitu, sifat kimia yang berkaitan dengan susunan mineral, sifat fisik yang berkaitan dengan struktur dan granularitas, serta sifat permukaan yang berkaitan dengan kemudahan reaksi.  

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved