Roboguru

Sebutkan 3 contoh teknologi terinspirasi pada tumbuhan!

Sebutkan 3 contoh teknologi terinspirasi pada tumbuhan!undefined  

undefined  

  1. ...undefined  

  2. ...undefined  

Jawaban:

  • Lampu dengan Sensor cahaya. Lampu ini biasanya dipasang saat pemiliknya hendak pergi lama. Lampu-lampu ini dipasangi sensor cahaya yang disebut sebagai fotoresistor atau light-dependent resistor (LDR). Cara kerja dari sensor ini adalah mengikuti terang/redupnya cahaya di sekitar lampu. Maka ketika siang hari, saat lampu tersebut terkena cahaya, dia akan mati. Sebaliknya, apabila sensor di dalamnya tidak terkena cahaya (malam hari) secara otomatis akan membuat lampu menyala. Menariknya, teknologi ini terinspirasi dari stomata kaktus. Stomata yang ada di tanaman kaktus punya sistem yang serupa. Ketika malam hari, stomata kaktus akan membuka sementara siang hari akan menutup demi mengurangi proses penguapan air.
  • Jaket pengatur suhu tubuh. Sebuah jaket yang punya banyak sensor akan menutup dan menghangatkan tubuh saat suhu tubuh pemakainya rendah. Sebaliknya, jika mendeteksi suhu tubuh pemakainya tinggi, sensor di jaket ini akan membuka dan membuat badan terasa sejuk. Hal ini terinspirasi dari stomata sebagai tempat keluar masuknya udara/gas di daun.
  • Panel surya, pemurni udara, dan pemurni air. Adanya rumah yang kembangkan oleh seorang arsitek yang memodifikasi dinding dengan berbagai sensor. Udara dan angin dari luar akan diarahkan dan tersaring sehingga menjadi bersih seperti AC alami. Permukaan dinding yang seperti spons ini juga mampu menyerap air hujan, membersihkannya, sehingga dapat langsung digunakan dan tidak terbuang sia-sia. Sensor ini terinspirasi dari stomata daun saat melakukan proses transpirasi.undefined  

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved