Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan 3 ciri kaidah kebahasaan resensi!

Sebutkan 3 ciri kaidah kebahasaan resensi!space 

Iklan

M. Ayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kaidah kebahasaan teks ulasan terdiri atas berfokus pada tokoh tertentu sebuah resensi, menggunakan pendapat pribadi secara langsung, menggunakan klausa pendukung pendapat, menggunakan gaya bahasa bersifat metafora, dan menggunakan konjungsi temporal, penyebab, dan penerang.

kaidah kebahasaan teks ulasan terdiri atas berfokus pada tokoh tertentu sebuah resensi, menggunakan pendapat pribadi secara langsung, menggunakan klausa pendukung pendapat, menggunakan gaya bahasa bersifat metafora, dan menggunakan konjungsi temporal, penyebab, dan penerang.space 

Iklan

Pembahasan

Resensi adalah ulasan, tanggapan, penilaian, dan apresiasi seseorang terhadap sebuah buku. Kaidah kebahasaan resensi antara lain: Berfokus pada tokoh tertentu sebuah resensi ; menggambarkan tokoh tertentu agar karakternya dapat dijadikan fokus pembaca. Menggunakan pendapat pribadi secara langsung ; resensi berisi pendapat pribadi peresensi yang berisi opini terhadap karya yang diresensi. Menggunakan klausa pendukung pendapat ; hal ini bertujuan untuk mengemas pendapat peresensi agar terkesan lebih santun Menggunakan gaya bahasa bersifat metafora ; yaitu pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang · sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atauperbandingan. Menggunakan konjungsi temporal, penyebab, dan penerang ; adapun contoh konjungsi temporal adalah sejak , semenjak, kemudian, akhirnya . Sementara itu, contoh konjungsi penyebab adalah karena, sebab . Terakhir, contoh konjungsi penerang adalah bahwa, yakni dan yaitu. Dengan demikian kaidah kebahasaan teks ulasan terdiri atas berfokus pada tokoh tertentu sebuah resensi, menggunakan pendapat pribadi secara langsung, menggunakan klausa pendukung pendapat, menggunakan gaya bahasa bersifat metafora, dan menggunakan konjungsi temporal, penyebab, dan penerang.

Resensi adalah ulasan, tanggapan, penilaian, dan apresiasi seseorang terhadap sebuah buku.

Kaidah kebahasaan resensi antara lain:

  1. Berfokus pada tokoh tertentu sebuah resensi; menggambarkan tokoh tertentu agar karakternya dapat dijadikan fokus pembaca.
  2. Menggunakan pendapat pribadi secara langsung; resensi berisi pendapat pribadi peresensi yang berisi opini terhadap karya yang diresensi.
  3. Menggunakan klausa pendukung pendapat; hal ini bertujuan untuk mengemas pendapat peresensi agar terkesan lebih santun
  4. Menggunakan gaya bahasa bersifat metafora; yaitu pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang · sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atauperbandingan.
  5. Menggunakan konjungsi temporal, penyebab, dan penerang; adapun contoh konjungsi temporal adalah sejak , semenjak, kemudian, akhirnya. Sementara itu, contoh konjungsi penyebab adalah karena, sebab. Terakhir, contoh konjungsi penerang adalah bahwa, yakni dan yaitu.

Dengan demikian kaidah kebahasaan teks ulasan terdiri atas berfokus pada tokoh tertentu sebuah resensi, menggunakan pendapat pribadi secara langsung, menggunakan klausa pendukung pendapat, menggunakan gaya bahasa bersifat metafora, dan menggunakan konjungsi temporal, penyebab, dan penerang.space 

Latihan Bab

Mengenal Resensi

Kebahasaan Resensi

Menganalisis Resensi

Membuat Resensi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

17rb+

Farel

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Yang bukan kaidah kebahasaan resensi yaitu….

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia