Roboguru

Sebutkan 2 peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN di bidang pendidikan!

Pertanyaan

Sebutkan 2 peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN di bidang pendidikan!undefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Dalam kerja sama ASEAN, Indonesia berperan dalam berbagai bidang antara lain ekonomi, keamanan, politik, pendidikan, dan sosial budaya. Peran Indonesia dalam bidang pendidikan adalah mengikuti program pertukaran pelajar dan aktif dalam kerja sama bidang riset dan penelitian pada beberapa lembaga ASEAN seperti:

  • ASEAN Coordinating Centre fo Humanitarian Assistance on disaster management (The AHA Centre) yang berfungsi sebagai Pusat Koordinasi Bantuan Kemanusiaan dan Mitigasi Bencana ASEAN.
  • ASEAN Center for the Development of Agricultural Cooperatives (ACEDAC) sebagai Pusat Pengembangan Koperasi Pertanian ASEAN.
  • ASEAN Earthquake Information Centre (AEIC) yang meneliti bencana alam gempa bumi di wilayah regional.
  • ASEAN Secretariat sebagai tempat Sekretariat ASEAN yang berlokasi di Jakarta, Indonesia.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Contoh bentuk kerja sama antarnegara anggota ASEAN di bidang pendidikan adalah ….

Pembahasan Soal:

Salah satu contoh bentuk kerja sama di bidang pendidikan adalah diselenggarakannya ASEAN Council of Teachers Convention (ACT) di Bali pada tanggal 8 Agustus 2012. ACT itu sendiri dibentuk pada tahun 1978, sebagai asosiasi organisasi guru ASEAN untuk kerja sama bidang pendidikan dan kebudayaan. Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan standar profesionalisme dari guru-guru di negara-negara ASEAN agar tercipta kualitas pendidikan yang lebih baik di kawasan Asia Tenggara. Pertemuan ini dihadiri oleh organisasi guru dari Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, serta Korea Selatan. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

0

Roboguru

Nama lain Organisasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara yang bertujuan untuk mempromosikan kerja sama regional dalam pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya di ASEAN adalah ....

Pembahasan Soal:

Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) atau Organisasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara merupakan organisasi para menteri pendidikan dari seluruh negara ASEAN. Organisasi ini bertujuan untuk mempromosikan kerja sama regional dalam pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya. Organisasi ini didirikan pada tahun 1965. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Meningkatkan standar profesionalisme dari guru-guru di negara ASEAN agar terciptanya kualitas pendidikan yang lebih baik di kawasan Asia Tenggara merupakan tujuan dari bentuk kerja sama ....

Pembahasan Soal:

Salah satu bentuk kerja sama di bidang pendidikan adalah diselenggarakannya ASEAN Council of Teachers Convention (ACT) yang diselenggarakan di Bali pada tanggal 8 Agustus 2012. Pertemuan ini mengusung tema Teacher Professionalism for Quality Education and Humanity. Bentuk kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan standar profesionalisme dari guru-guru di negara ASEAN agar terciptanya kualitas pendidikan yang lebih baik di kawasan Asia Tenggara. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Ship for Southeast Asian Youth Programme (SSEAYP) merupakan bentuk kerja sama dibidang pendidikan antara sepuluh negara ASEAN dengan negara ....

Pembahasan Soal:

Ship for Southeast Asian Youth Programme (SSEAYP) merupakan bentuk kerja sama di bidang pendidikan antara sepuluh negara ASEAN dengan negara Jepang. Tujuan program ini adalah sebagai berikut:

  1. Mempererat persahabatan dan toleransi di antara pemuda dari 10 negara ASEAN dan Jepang.
  2. Memperluas perspektif mereka tentang dunia, dan lebih jauh lagi.
  3. Memperkuat semangat mereka kerja sama internasional dan keterampilan praktis untuk kerja sama internasional.
  4. Menumbuhkan para pemuda yang mampu untuk melatih keterampilan kepemimpinan mereka di berbagai bidang dalam masyarakat globalisasi dan untuk berkontribusi pada masyarakat di bidang-bidang seperti pembangunan pemuda.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Kerja sama antarnegara di ASEAN pada bidang sosial lebih menekankan pada faktor pembangunan manusia, seperti ….

Pembahasan Soal:

Kerja sama antarnegara ASEAN pada bidang sosial lebih menekankan pada faktor pembangunan manusia dan mensejahterakan masyarakatnya. Contohnya adalah pembangunan sosial dengan menekankan kesejahteraan golongan berpendapatan rendah, perluasan kesempatan kerja, serta pembayaran (upah) yang wajar. Hal ini bertujuan agar kualitas sumber daya manusia di kawasan asia tenggara meningkat dan kesejahteraan menjadi merata, tidak hanya terjadi terhadap beberapa golongan saja. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved