Sebutkan 2 cara koloid mengalami koagulasi beserta penjelasannya dan contohnya!

Pertanyaan

Sebutkan 2 cara koloid mengalami koagulasi beserta penjelasannya dan contohnya!space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

maka jawaban yang tepat adalah koagulasi dibuat melalui peristiwa pelucutan muatan koloid dan penambahan elektrolit pada dispersi koloid. 

Pembahasan

Koagulasi koloid dapat terjadi melalui peristiwa-peristiwa berikut:

  1. Pelucutan muatan koloid sehingga mengakibatkan berkurangnya kestabilan koloid. Pelucutan muatan koloid dapat terjadi pada sel elektroforesis. Apabila ke dalam sel elektroforesis dialirkan arus listrik dalam waktu cukup lama, partikel koloid akan digumpalkan di salah satu elektrode. Koloid bermuatan positif akan digumpalkan di katode, sedangkan koloid bermuatan negatif akan digumpalkan di anode. Contohnya penggumpalan debu atau asap pabrik dengan alat koagulasi listrik yang disebut alat pengendap Cottrell.
  2. Penambahan elektrolit pada dispersi koloid. Apabila ke dalam dispersi koloid ditambahkan suatu elektrolit, koloid yang bermuatan positif akan menarik ion negatif, sedangkan koloid bermuatan negatif akan menarik ion positif. Ion-ion tersebut selanjutnya membentuk selubung yang melapisi partikel koloid. Apabila gerak antara selubung dengan partiket koloid terlalu dekat, selubung akan menetralkan muatan koloid sehingga terjadi koagulasi. Makin besar muatan ion, makin besar pula gaya tarik-menariknya dengan partikel koloid. Oleh karena itu, makin besar muatan ion, makin cepat terjadi koagulasi. Contohnya penggumpalan lumpur atau tanah liat pada proses penjernihan air menggunakan tawas

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah koagulasi dibuat melalui peristiwa pelucutan muatan koloid dan penambahan elektrolit pada dispersi koloid. 

625

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jelaskan pengertian dari: koagulasi

178

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia