Roboguru

Sebutan the gift of the Nile untuk negeri Mesir dilandasi oleh kenyataan bahwa . . . .

Pertanyaan

Sebutan the gift of the Nile untuk negeri Mesir dilandasi oleh kenyataan bahwa . . . .

  1. Negeri Mesir terbentang di sepanjang Sungai Nil

  2. Sebagian daratan Mesir dulunya bagian dari Sungai Nil

  3. Sungai Nil membawa kemakmuran

  4. Sungai Nil diyakini sebagai tempat kediaman dewa/i

  5. Sungai Nil merupakan sumber air utama di Mesir

Pembahasan Soal:

Sungai Nil merupakan sungai yang membentang dari Pegunungan Kilimanjaro hingga bermuara ke Laut Tengah. Negara yang dilewati sungai ini saat ini adalah Uganda, Sudan, Etiopia, dan Mesir. Sungai Nil digunakan untuk mengairi ladang pertanian masyarakat, kemudian hasil produksinya diperdagangkan. Sungai Nil sendiri merupakan sarana untuk melakukan perdagangan karena banyak perahu dagang yang melintasi kawasan ini. Jadi, sungai Nil memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat disekitar lembah tersebut karena telah memberikan kemakmuran bagi masyarakatnya. Kemudian muncul istilah Egypt is the gift of the Nile.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sungai Nil melintasi empat negara besar yaitu ; Uganda, Sudan, Ethiopia dan Mesir dan memiliki panjang sampai 6400 km. Manfaat Sungai Nil bagi kehidupan masyarakat kuno di lembah Sungai Nil adalah….

Pembahasan Soal:

Lembah Sungai Nil yang sangat subur mendorong masyarakat Mesir untuk bertani, melalui Sungai Nil juga, masyarakat memanfaatkan air dari sungai yang digunakan sebagai sistem irigasi. Pembuatan saluran air dilakukan untuk menyalurkan air ke ladang yang dimiliki oleh penduduk, melalui hal ini sektor pertanian mulai berkembang terutama di Mesir.

0

Roboguru

Bangsa Mesir, Irak, India, dan Cina Kuno mengembangkan peradabannya di kawasan sungai besar, yang merupakan pusat-pusat peradaban tertua di dunia,... Sungai tersebut adalah kecuali ....

Pembahasan Soal:

Seluruh peradaban awal, baik di Mesir, Mesopotamia, India maupun Cina, kemajuannya dimulai dari kawasan lembah-lembah sungai yang subur. Air merupakan kebutuhan pokok hidup yang menyebabkan kesuburan tanah yang dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian . Pada saat terjadi banjir, sungai-sungai itu membawa sedimen. Sedimen adalah benda berupa serbuk yang terdapat di dalam air yang bisa menyuburkan lahan atau tanah. Seperti di peradaban Mesir, Penduduk Mesir kuno mulai menempati kawasan lembah Nil dari sekitar tahun 5000-525 SM. Musim hujan (banjir) berlangsung dari bulan September hingga Nopember. Setelah banjir surut, sungai Nil meninggalkan lumpur atau sedimen sehingga tanaman-tanaman yang tumbuh di sekitar sungai Nil itu menjadi subur seperti gandum dan kapas. Mesir adalah penghasil gandum dan produsen kapas terbesar di wilayah Timur Laut Tengah. Dengan demikian, maka corak kehidupan masyarakat Mesir menjadi negara agraris yang sangat sangat tergantung pada irigasi atau tata cara pembagian air sungai Nil. Seperti halnya sungai Nil di Mesir, sungai Eufrat dan Tigris di Mesopotamia Irak pun sering terjadi banjir sehingga dapat mendatangkan manfaat bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya. Pada awalnya, sungai-sungai tersebut berupa rawa-rawa bahkan menjadi sarang malaria. Akan tetapi masyarakatlah yang merubah dan mengolahnya menjadiirigasi-irigasi sehingga dapat mengairi daerah pertanian lainnya. Kesuburan tanah dan kelebihan- kelebihan alam lainnya yang terdapat di sekitar sungai itu menjadi incaran dan daya tarik bagi bangsa-bangsa tandus di sekitarnya. Begitu pula dengan di India, Sejarah India kuno diawali dari lembah sungai Indus dan Gangga sekitar tahun 3000 SM. Sungai Indus dan Gangga menjadi pusat kebudayaan tertua di India. Dan yang terakhir, adalah kebudayaan tertua di Cina yang terletak di lembah sungai Huang Ho atau lebih dikenal dengan sungai kuning yang sekarang bernama Huang He. Disebut sungai kuning karena setiap terjadi banjir lumpurnya berwarna kuning. Daerah ini sangat subur seperti halnya dengan lembah Nil, Eufrat, Tigris, dan Shindu. Kesuburan dan kelebihan yang dimiliki lembah Huang Ho menyebabkan wilayah ini sering mendapatkan serangan dari suku-suku lain dengan tujuan untuk merampas wilayah Huang Ho.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah E. 

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan pernyataan yang tepat mengenai the gift of the Nile adalah ….

Pembahasan Soal:

Sungai Nil berasal dari gletser Gunung Kilimanjaro yang terbentang sepanjang 6400 km yang melewati peradaban Mesir. Lembah Sungai Nil merupakan pusat kehidupan bagi masyarakat Mesir melalui pertanian dengan sistem irigasi yang dialirkan ke setiap ladang.

Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Penyatuan Mesir Hulu dan Hilir dilakukan oleh seorang raja pada 3500 SM yang bernama….

Pembahasan Soal:

Pembentukan komunitas di desa-desa kecil sebagai kerajaan-kerajaan kecil dengan sistem pemerintahan pedesaan yang sederhana di Peradaban Mesir Kuno. Desa-desa itu disebut dengan nomen Kemudian, desa-desa kecil berkembang menjadi kota-kota yang kemudian berkembang lagi menjadi dua kerajaan yaitu Kerajaan Mesir Hilir dan Kerajaan Mesir Hulu. Dua kerajaan ini terbentuk kira-kira sekitar 4000 SM. Pada 3050 SM, seorang penguasa bernama Menes mempersatukan kedua kerajaan tersebut menjadi satu Kerajaan Mesir yang besar

0

Roboguru

Bagaimana keadaan lingkungan di Mesopotamia dan Mesir Kuno, apakah kondisi geografis pada dua daerah turut menunjang dalam peningkatan kemampuan berfikir penduduknya?

Pembahasan Soal:

Peradaban Kuno Dunia adalah sebuah periode sejarah manusia. Peradaban-peradaban kuno tersebut dikelompokkan berdasarkan wilayah, seperti : Peradaban Mesopotamia Kuno dan Peradaban Mesir Kuno. Pada dasarnya peradaban kuno tersebut memiliki persamaan yakni masing-masing peradaban berdiri dan berkembang di wilayah yang terdapat sumber air atau sungai. Berikut ini penjelasan mengenai kedua peradaban tersebut.

  1. Peradaban Lembah Sungai Eufrat dan Tigris (Mesopotamia) : Peradaban Mesopotamia berkembang di Lembah Sungai Eufrat dan Tigris. Wilayah peradaban ini sekarang menjadi bagian dari negara Irak. Istilah Mesopotamia berasal dari bahasa Yunani, yaitu mesos artinya tengah dan potamos artinya sungai. Peradaban ini pada awalnya dibangun oleh bangsa Sumer dan Semit. Peradaban Mesopotamia hidup dari sektor pertanian dengan sistem irigasinya yang sudah tertata rapi. Beberapa hasil kebudayaan antara lain : sistem kepercayaan, hukum, iimu pengetahuan, dan tulisan yang dibentuk oleh bangsa Sumeria, Akkad, Babylonia, dan Assyria.
  2. Peradaban Mesir Kuno : Lembah Sungai Nil yang subur telah melahirkan peradaban Mesir Kuno. Peradaban tersebut berlangsung sejak sekitar tahun 3500 SM sampai 343 SM. Hal ini diketahui melalui penemuan sebuah batu tulis di daerah Rosetta oleh pasukan Prancis yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte. Batu tulis tersebut berhasil dipaca oleh seorang Prancis yang bernama Jean Francois Champollion (1800 M) sehingga sejak tahun itu terbukalah tabir sejarah Mesir Kuno yang berasal dari tahun 3500 SM. Sungai Nil bersumber dari suatu mata air yang tertelak jauh di daratan tinggi Afrika Timur. Sungai Nil mengalir ke utara dan setiap tahun mendatangkan banjir. Banjir inilah yang mengubah padang pasir menjadi lembah-lembah yang subur. Seorang sejarawan dari Yunani bernama Herodotus menjuluki daerah Mesir sebagai daerah hadiah dari Sungai Nil. Di muara Sungai Nil terdapat suatu delta yang luas dan situlah terletah kota-kota penting, seperti Kairo, Iskandarja, Abusir, dan Rosetta.

Dengan demikian, berdasarkan uraian diatas dapat dikatakan bahwa  kondisi geografis pada dua daerah turut menunjang dalam peningkatan kemampuan berfikir penduduknya. Lingkungan yang subur dan menunjang kehidupan melahirkan inovasi-inovasi oleh masyarakat pendukungnya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved