Roboguru

Sebut dan jelaskan ciri-ciri globalisasi !

Pertanyaan

Sebut dan jelaskan ciri-ciri globalisasi !

Pembahasan Soal:

Globalisasi adalah suatu proses di mana antarindividu, antarkelompok, dan antarnegara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintas batas negara. Adapun ciri-ciri dari globalisasi, yakni sebagai berikut.

  1. Ditinjau dari aspek kultural, globalisasi semakin meningkatkan interaksi kultural melalui perkembangan media massa seperti televisi, internet, film, musik, maupun berita skala internasional.
  2. Ditinjau dari aspek geografis, yaitu adanya perubahan dalam ruang gerak dan waktu. Hal ini ditandai dengan semakin menipisnya jangkauan geografis suatu wilayah yang dapat ditempuh dalam waktu singkat.
  3. Ditinjau dari aspek ekonomi, globalisasi telah memunculkan aktor-aktor transnasional seperti perusahaan multinasional yang berkembang di berbagai negara. Adanya perusahaan multinasional ini membuat pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung. Selain itu, semakin dominannya organisasi semavam ekonomi global seperti World Trade Organization (WTO).

Dengan demikian, ciri-ciri dari globalisasi dapat dilihat dari tiga aspek, yakni aspek kultural (meningkatkan interaksi melalui perkembangan media massa), aspek geografis (semakin menipisnya jangkauan suatu wilayah yang dapat ditempuh dalam waktu singkat), dan aspek ekonomi (munculnya perusahaan multinasional yang berkembang di berbagai negara).

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Faktor utama yang mendorong terjadinya globalisasi adalah....

Pembahasan Soal:

Globalisasi adalah proses mendunianya suatu hal sehingga batas antarnegara menjadi hilang. Terjadinya globalisasi dalam masyarakat dipengaruhi oleh faktor pendorong, salah satunya adalah perkembangan IPTEK. Dengan majunya bidang pengetahuan dan teknologi, masyarakat mampu melakukan pencarian informasi maupun berkomunikasi dengan cepat dan mudah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Selain berdampak positif, teknologi ruang angkasa juga berdampak negatif, wujudnya .…

Pembahasan Soal:

Selain berdampak positif, teknologi ruang angkasa juga berdampak negatif. Dampak negatif adanya teknologi ruang angkasa adalah di sekitar orbit bumi ditemukan banyak sekali sampah satelit. Di luar angkasa ternyata banyak sampah yang dihasilkan oleh manusia. Inilah yang kemudian menjadi tantangan besar bagi para ilmuwan antariksa, yaitu memastikan pesawat ruang angkasa di masa depan aman dari sampah yang semakin padat.undefined 

Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah C

Roboguru

Berikut ini yang tidak termasuk pengertian revolusi adalah ....

Pembahasan Soal:

Revolusi adalah perubahan mendasar dalam berbagai bidang yang berlangsung cepat dan berkaitan dengan fondasi atau pokok-pokok kehidupan masyarakat.undefined


Jadi, jawaban yang benar adalah C.

 

Roboguru

Persaingan dalam teknologi ruang angkasa antara dua negara besar mulai memudar setelah berakhirnya Perang Dingin. Berikut ini yang merupakan alasan berakhirnya Perang Dingin adalah ....

Pembahasan Soal:

Persaingan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet dalam mengembangkan teknologi ruang angkasa harus berakhir setelah Perang Dingin antara keduanya berakhir. Mengapa Perang Dingin berakhir? Jawabannya karena Uni Soviet bubar. Dengan bubarnya Uni Soviet, praktis Amerika Serikat menjadi satu-satunya kekuatan yang tidak memiliki lawan. Uni Soviet bubar pada Desember 1991 karena adanya konflik internal negara. Khususnya setelah politik Glasnost dan Perestroika yang dibuat oleh Presiden Soviet, Mikhail Gorbachev, tidak berjalan baik dan menimbulkan korupsi. Bubarnya Uni Soviet otomatis menjadi penanda bahwa Perang Dingin berakhir. Sejak saat itu, pecahan Uni Soviet membentuk negara sendiri-sendiri dan wilayah yang paling sentral adalah Rusia. Setelah Uni Soviet bubar, persaingan teknologi luar angkasa pun memudar atau tidak segencar sebelumnya.undefined 

Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah Aundefined 

Roboguru

Wujud persaingan teknologi ruang angkasa dalam Perang Dingin adalah .…

Pembahasan Soal:

Perang Dingin dalam sejarahnya menjadi pemicu adanya revolusi teknologi, khususnya di bidang luar angkasa. Kedua negara (Amerika Serikat dan Uni Soviet) yang menjadi pemimpin Blok Barat dan Blok Timur sama-sama bersaing, untuk menciptakan teknologi yang lebih unggul. Persaingan diawali dengan peluncuran Sputnik I oleh Uni Soviet yang berlangsung pada tahun 1957. Amerika Serikat segera menyusul pada bulan Januari 1958 dengan meluncurkan satelit pertamanya yang diberi nama Explorer I.  

Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah A

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved