Pertanyaan

Sebuah toko hewan peliharaan memiliki 3 jenis marmut dengan warna bulu yang berbeda : putih, krem dan hitam. Pemilik toko ingin memiliki marmut dengan warna bulu krem, karena marmut ini adalah marmut yang paling diminati. la mencoba mendapatkan marmut berbulu krem dengan menyilangkan 2 marmut berbulu krem, menghasilkan 6 anak, 4 di antaranya berbulu putih. Bingung dengan hasil persilangan ini, ia mencoba beberapa persilangan lain. Untuk persilangan 1-3, pemilik toko membeli sepasang marmut dari pemulia hewan. Hasil persilangan dicatat pada tabel di bawah. Individu dengan nomor dalam tanda kurung setelah fenotipe adalah individu yang diambil dari hasil persilangan, e.g. Putih (1) adalah marmut berwarna putih yang diambil dari hasil persilangan 1. Pola persilangan di atas dapat dijelaskan oleh fenomena. . . .

Sebuah toko hewan peliharaan memiliki 3 jenis marmut dengan warna bulu yang berbeda : putih, krem dan hitam. Pemilik toko ingin memiliki marmut dengan warna bulu krem, karena marmut ini adalah marmut yang paling diminati. la mencoba mendapatkan marmut berbulu krem dengan menyilangkan 2 marmut berbulu krem, menghasilkan 6 anak, 4 di antaranya berbulu putih. Bingung dengan hasil persilangan ini, ia mencoba beberapa persilangan lain. Untuk persilangan 1-3, pemilik toko membeli sepasang marmut dari pemulia hewan. Hasil persilangan dicatat pada tabel di bawah. Individu dengan nomor dalam tanda kurung setelah fenotipe adalah individu yang diambil dari hasil persilangan, e.g. Putih (1) adalah marmut berwarna putih yang diambil dari hasil persilangan 1.

Pola persilangan di atas dapat dijelaskan oleh fenomena. . . .space space 

  1. Dominansi sempurnaspace space 

  2. Dominansi parsialspace space 

  3. Kodominansispace space 

  4. Epistasis dominanspace space 

  5. Epistasis resesifspace space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah E.

pilihan jawaban yang tepat adalah E.space space  

Pembahasan

Pembahasan

Pada peristiwa epistasis resesif terdapat suatu gen resesif yang bersifat epistasis (menutupi) terhadap gen dominan yang bukan alelnya (pasangannya). Gen resesif tersebut harus dalam keadaan homozigot, contohnya pada pewarisan warna rambut marmut di atas. Gen A menentukan warna hitam, Gen a menentukan warna krem, Gen C menentukan enzim yang menyebabkan timbulnya warna Gen c yang menentukan enzim penghambat munculnya warna. Jika dibuat dalam diagram persilangan sebagai berikut: P : AACC (marmut warna hitam) X aacc (marmutwarna putih) F1: AaCc (marmut warna hitam 100%) F2: dengan cara menyilangkan marmut warna hitam (AaCc) dengan sesamanya diperoleh hasil AC Ac aC ac AC AACC AACc AaCC AaCc hitam hitam hitam hitam Ac AACc AAcc AaCc Aacc hitam putih hitam putih aC AaCC AaCc aaCC aaCc hitam hitam krem krem ac AaCc Aacc aaCc aacc hitam putih krem putih Perbandingan yang diperoleh dari persilangan rambut marmut bewarna hitam dengan marmut hitam sesamanya menghasilkan perbandingan F2= hitam : krem : putih = 9: 3: 4 menunjukkan peristiwa epistasis resesif. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Pada peristiwa epistasis resesif terdapat suatu gen resesif yang bersifat epistasis (menutupi) terhadap gen dominan yang bukan alelnya (pasangannya). Gen resesif tersebut harus dalam keadaan homozigot, contohnya pada pewarisan warna rambut marmut di atas.

  1. Gen A menentukan warna hitam,
  2. Gen a menentukan warna krem,
  3. Gen C menentukan enzim yang menyebabkan timbulnya warna
  4. Gen c yang menentukan enzim penghambat munculnya warna.

Jika dibuat dalam diagram persilangan sebagai berikut:

P : AACC (marmut warna hitam) X aacc (marmut warna putih)
F1: AaCc (marmut warna hitam 100%)
F2: dengan cara menyilangkan marmut warna hitam (AaCc) dengan sesamanya diperoleh hasil 

  AC Ac aC ac
AC AACC AACc AaCC AaCc
  hitam hitam hitam hitam
Ac AACc AAcc AaCc Aacc
  hitam putih hitam putih
aC AaCC AaCc aaCC aaCc
  hitam hitam krem krem
ac AaCc Aacc aaCc aacc
  hitam putih krem putih

Perbandingan yang diperoleh dari persilangan rambut marmut bewarna hitam dengan marmut hitam sesamanya menghasilkan perbandingan F2= hitam : krem : putih = 9: 3: 4 menunjukkan peristiwa epistasis resesif.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space space  

32

Iklan

Pertanyaan serupa

Buktikan dan jelaskan bahwa peristiwa epistasis,hipostasis, gen-gen komplementer, polimeri, kriptomeri, dan atavisme merupakan penyimpangan semu hukumMendel!

356

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia