Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebuah rumah sakit sedang melakukan sensus golongan darah pada pasangan yang baru menikah di desa A. Adapun hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut : Berdasarkan data tersebut, keluarga yang memiliki kemungkinan anaknya lahir terkena penyakit eritroblastosis fetalis adalah ….

Sebuah rumah sakit sedang melakukan sensus golongan darah pada pasangan yang baru menikah di desa A. Adapun hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut :

Berdasarkan data tersebut, keluarga yang memiliki kemungkinan anaknya lahir terkena penyakit eritroblastosis fetalis adalah ….space space space 

  1. II dan IIIspace space space 

  2. I dan IVspace space space 

  3. III dan IVspace space space 

  4. II dan Vspace space space 

  5. I dan IIspace space space 

Iklan

N. Shoimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Eritroblastosis fetalis adalah komplikasi hemolitik karena perbedaan rhesus antara darah ibunya dengan janinnya. Penyakit ini berasal dari pasangan yang suami memiliki golongan darah rhesus + dan Istrinya bergolongan darah -. Jika istrinya yang rhesus - mengandung janin dengan rhesus -, maka janinnya akan baik-baik saja karena golongan darah ibu dan janin sama. Akan tetapi saat istrinya mengandung janin yang rhesus + akan menyebabkan kehamilan yang membahayakan. Tubuh ibu secara alamiah akan bereaksi membentuk antibodi-RhD untuk melindungi tubuh ibu dan melawan antigen RhD yang dibawa oleh janin yang rhesus +. Akibatnya sel darah merah janin akan digumpalkan oleh antibodi ibu dan akan mengalami hemolisis. Kondisi ini akan menyebabkan kematian pada janin di dalam rahim atau jika lahir bayi akan menderita eritroblastosis fetalis. Dengan demikian, opsi jawaban yang tepat adalah D.

Eritroblastosis fetalis adalah komplikasi hemolitik karena perbedaan rhesus antara darah ibunya dengan janinnya. Penyakit ini berasal dari pasangan yang suami memiliki golongan darah rhesus + dan Istrinya bergolongan darah -. Jika istrinya yang rhesus - mengandung janin dengan rhesus -, maka janinnya akan baik-baik saja karena golongan darah ibu dan janin sama. Akan tetapi saat istrinya mengandung janin yang rhesus + akan menyebabkan kehamilan yang membahayakan. Tubuh ibu secara alamiah akan bereaksi membentuk antibodi-RhD untuk melindungi tubuh ibu dan melawan antigen RhD yang dibawa oleh janin yang rhesus +. Akibatnya sel darah merah janin akan digumpalkan oleh antibodi ibu dan akan mengalami hemolisis. Kondisi ini akan menyebabkan kematian pada janin di dalam rahim atau jika lahir bayi akan menderita eritroblastosis fetalis. space space space 

Dengan demikian, opsi jawaban yang tepat adalah D. 

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Aulia Adisty

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan tabel hasil percobaan uji golongan darah berikut ini! Berdasarkan hasil percobaan tersebut, maka jenis golongan darah yang tepat untuk X dan Z secara berurutan adalah ….

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia