Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebuah percobaan dilakukan menurut cara kerja berikut. Masukkan 0,3 gram batu pualam butiran sebesar pasir ke dalam salah satu kaki tabung Y terbalik. Sementara itu, ke dalam kaki yang lain dimasukkan 5 cm 3 larutan HCI 3 M. Tutup mulut tabung dengan sumbat berpipa, kemudian reaksikan kedua zat tersebut. Tampung gas yang terjadi dalam gelas ukur. Catat waktu untuk menampung 10 gas. Hasil percobaannya adalah sebagai berikut. Kesimpulan berikut yang tidak benar adalah ...

Sebuah percobaan dilakukan menurut cara kerja berikut.

  1. Masukkan 0,3 gram batu pualam butiran sebesar pasir ke dalam salah satu kaki tabung Y terbalik. Sementara itu, ke dalam kaki yang lain dimasukkan 5  larutan HCI 3 M.
  2. Tutup mulut tabung dengan sumbat berpipa, kemudian reaksikan kedua zat tersebut.
  3. Tampung gas yang terjadi dalam gelas ukur.
  4. Catat waktu untuk menampung 10 cm cubed gas.

Hasil percobaannya adalah sebagai berikut.


 


Kesimpulan berikut yang tidak benar adalah ...space space space

  1. Butiran memiliki luas permukaan yang lebih besar dibandingkan dengan kepingan sehingga laju reaksinya lebih cepat

  2. Luas permukaan butiran maupun kepingan hanya memengaruhi waktu terbentuknya gas, tetapi tidak memengaruhi laju reaksi

  3. Butiran memiliki luas permukaan yang lebih luas dibandingkan dengan kepingan sehingga bidang tumbukannya lebih luas dan laju reaksinya lebih cepat

  4. Luas permukaan kepingan lebih kecil dari butiran dalam jumlah yang sama sehingga waktu yang dibutuhkan kepingan lebih lambat

  5. Butiran memiliki luas permukaan yang lebih luas dibandingkan dengan kepingan sehingga kesempatan bereaksi lebih luas dan laju reaksinya lebih cepat

Iklan

J. Siregar

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah B.

jawaban yang benar adalah B.

Iklan

Pembahasan

Salah satu faktor yang mempengaruhi laju reaksi adalah luas permukaan bidang sentuh. Luas permukaan bidang sentuh hanya terjadi pada reaksi heterogen (reaksi yang melibatkan reaktan padat). Bidang sentuh adalah batas antara dua campuran. Oleh karena itu, reaksi hanya terjadi pada bidang sentuh. Berdasarkan data hasil percobaan dapat kita simpulkan bahwa : Butiran memiliki luas permukaan yang lebih besar dibandingkan dengan kepingan sehingga laju reaksinya lebih cepat. Butiran memiliki luas permukaan yang lebih luas dibandingkan dengan kepingan sehingga bidang tumbukannya lebih luas dan laju reaksinya lebih cepat. Luas permukaan kepingan lebih kecil dari butiran dalam jumlah yang sama sehingga waktu yang dibutuhkan kepingan lebih lambat. Butiran memiliki luas permukaan yang lebih luas dibandingkan dengan kepingan sehingga kesempatan bereaksi lebih luas dan laju reaksinya lebih cepat. Dengan demikian, pernyataan yang tidak sesuai adalah luas permukaan butiran maupun kepingan hanya memengaruhi waktu terbentuknya gas, tetapi tidak memengaruhi laju reaksi . Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Salah satu faktor yang mempengaruhi laju reaksi adalah luas permukaan bidang sentuh. Luas permukaan bidang sentuh hanya terjadi pada reaksi heterogen (reaksi yang melibatkan reaktan padat). Bidang sentuh adalah batas antara dua campuran. Oleh karena itu, reaksi hanya terjadi pada bidang sentuh.

Berdasarkan data hasil percobaan dapat kita simpulkan bahwa :

  • Butiran memiliki luas permukaan yang lebih besar dibandingkan dengan kepingan sehingga laju reaksinya lebih cepat.
  • Butiran memiliki luas permukaan yang lebih luas dibandingkan dengan kepingan sehingga bidang tumbukannya lebih luas dan laju reaksinya lebih cepat.
  • Luas permukaan kepingan lebih kecil dari butiran dalam jumlah yang sama sehingga waktu yang dibutuhkan kepingan lebih lambat.
  • Butiran memiliki luas permukaan yang lebih luas dibandingkan dengan kepingan sehingga kesempatan bereaksi lebih luas dan laju reaksinya lebih cepat.

Dengan demikian, pernyataan yang tidak sesuai adalah luas permukaan butiran maupun kepingan hanya memengaruhi waktu terbentuknya gas, tetapi tidak memengaruhi laju reaksi.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan alasan untukfakta berikut: Serbuk magnesium bereaksi lebih hebat dari pada pita magnesium dengan asam klorida yang konsentrasinya sama.

20

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia