Roboguru

Sebuah mistar plastik digosok dengan kain wol, selanjutnya didekatkan pada sobekan kertas kecil-kecil, maka kertas menempel pada mistar. Ini menunjukkan bahwa mistar plastik bermuatan listrik ....

Pertanyaan

Sebuah mistar plastik digosok dengan kain wol, selanjutnya didekatkan pada sobekan kertas kecil-kecil, maka kertas menempel pada mistar. Ini menunjukkan bahwa mistar plastik bermuatan listrik ....undefined 

  1. positif karena elektron dari kain wol mengalir ke mistar plastikundefined 

  2. positif karena elektron dari mistar plastik mengalir ke kain wolundefined 

  3. negatif karena elektron dari kain wol mengalir ke mistar plastikundefined 

  4. negatif karena elektron dari mistar plastik mengalir ke kain wolundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Ketika mistar plastik digosok dengan kain wol maka plastik akan bermuatan negatif dan kain wol akan bermuatan positif, karena elektron dari kain wol berpindah ke mistar plastik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebuah bola logam kecil netral digantung pada seutas tali yang ditarik menuju ke sebuah batang bermuatan negatif, seperti gambar berikut. Selama bersentuhan dengan batang, bola akan ....

Pembahasan Soal:

Awalnya bola netral yaitu memiliki jumlah proton dan elektron sama. Kemudian ketika di dekatkan dengan batang yang bermuatan positif, maka elektron yang ada pada bola akan berpindah ke batang tersebut sehingga bola kehilangan elektron.
 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Generator Van de Graaff memiliki kubah berbentuk bola. Apa kegunaan generator Van de Graaff?

Pembahasan Soal:

Listrik statis mempelajari muatan listrik yang diam pada suatu benda. Pelepasan muatan adalah keluarnya muatan-muatan listrik dari suatu benda. Pada pembahasan listrik statis dikenal Generator Van de Graaff, yang terdiri atas ujung lancip di atas dan di bawah, sebuah silinder berputar yang terdapat di bagian atas (politen) dan bawah (logam), sabuk karet yang menghubungkan kedua silinder, dan bola logam berongga. Generator ini berfungsi menghasilkan listrik statis besar dengan cara gesekan, yaitu gesekan antara silinder logam bawah dan sabuk karet yang menimbulkan muatan listrik negatif yang menuju ke atas dan gesekan antara silinder politen atas dan sabuk karet yang menimbulkan muatan listrik positif menuju ke bawah yang kemudian dinetralkan oleh elektron hasil pentanahan. 

0

Roboguru

Setelah digosokkan pada kain wool, penggaris plastik menjadi bermuatan listrik negatif karena ....

Pembahasan Soal:

Pada peristiwa listrik statis, terjadi perpindahan elektron. Penggaris plastik bermuatan negatif karena penggaris plastik memiliki kelebihan elektron.

Maka jawabannya C.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan kegiatan-kegiatan berikut! 1. Mengganti sekring dengan kawat yang lebih besar. 2. Mencabut kabel dari stop kontak jika tidak menggunakan peralatan listrik. 3. Menutup sambungan kabel den...

Pembahasan Soal:

Mencabut kabel dari stop kontak jika tidak menggunakan peralatan listrik dan tidak membiarkan sambungan kabel dalam keadaan terbuka adalah contoh untuk mencegah bahaya penggunaan listrik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Bagaimana prinsip kerja mesin fotokopi?

Pembahasan Soal:

Prinsip dan Cara Kerja Mesin Fotocopy

Prinsip dasar semua mesin fotocopy adalah xerografi. mesin fotocopy menggunakan cahaya, drum dan toner untuk melakukan penyalinan ketiga komponen  ini adalah komponen utama pada semua mesin  fotocopy. untuk melakukan penyalinan kertas yang ditaruh pada kaca mesin akan disinari, sinar ini akan ditangkap dan dipantulkan oleh lensa ke arah drum. drum memiliki muatan negatif sehingga serbuk toner yang berbahan dasar serbuk besi halus akan menempel pada toner. drum yang terkena sinar pantulan oleh lensa akan kehilangan muatan negatif sehingga serbuk toner tidak akan menempel, sedangkan untuk bagian yang tidak terkena sinar (terbayang) seperti tulisan atau gambar akan tetap memiliki muatan negatif.

Dengan begitu serbuk toner akan menempel mengikuti bayangan dari dokumen asli. setelah drum selesai menempelkan semua serbuk toner yang dibutuhkan untuk mencetak, kini saatnya kertas salinan masuk lewat tray sheet ke bagian bawah drum. drum berputar kebawah sejajar dengan permukaan kertas salinan. alas tempat kertas salinan memiliki daya tarik magnet yang jauh lebih kuat dari drum mesin sehingga semua serbuk toner jatuh dan menempel pada kertas, langkah terakhir adalah memanaskan sambil mem-press serbuk toner pada kertas agar menempel dengan kuat dan tidak lentur itulah alasannya kenapa kertas hasil fotocopy terasa panas.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved