Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebuah logam memiliki fungsi kerja (energi ambang) 5 eV. Apabila cahaya monokromatik yang memiliki panjang gelombang sebesar 3300 Aº dijatuhkan pada permukaan logam, apakah elektron akan terlepas dari permukaan logam? ( h = 6 , 63 × 1 0 − 34 Js ). Berikan alasannya!

Sebuah logam memiliki fungsi kerja (energi ambang) 5 eV. Apabila cahaya monokromatik yang memiliki panjang gelombang sebesar 3300 Aº dijatuhkan pada permukaan logam, apakah elektron akan terlepas dari permukaan logam? (). Berikan alasannya!

Iklan

U. Dwi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Diketahui Ditanyakan Apakah elektron akan terlepas dari permukaan logam? Jawab Fungsi kerja atau energi ambang merupakan jumlah jumlah minimum energi yang dibutuhkan partikel untuk dapat terlepas dari permukaan logam, atau yang disebut efek fotolistrik . Apabila foton yang menumbuk logam memiliki energi yang lebih kecil dari energi ambang, maka elektron tidak akan terlepas dari permukaan logam atau dengan kata lain tidak terjadi efek fotolistrik. Energi ambang dirumuskan sebagai berikut. dimana: = energi ambang/fungsi kerja = konstanta Planck = Frekuensi ambang Untuk dapat lepas dari permukaan logam, energi foton harus lebih besar dari energi ambang, secara matematis ditulis: untuk dapat mengetahuinya, kita hitung energi foton, yaitu: Jadi, foton yang dijatuhkan pada logam memiliki energi sebesar E = 3,77 eV.Energi foton tersebut lebih kecil dari energi ambang. Karena energi foton lebih kecil dari energi ambang( ), maka elektron tidak akan terlepas dari permukaan logam.

Diketahui
W subscript o equals h f subscript o equals 5 space eV lambda equals 3300 space straight A degree equals 3 comma 3 cross times 10 to the power of negative 7 end exponent space straight m  

Ditanyakan
Apakah elektron akan terlepas dari permukaan logam?

Jawab
Fungsi kerja atau energi ambang merupakan jumlah jumlah minimum energi yang dibutuhkan partikel untuk dapat terlepas dari permukaan logam, atau yang disebut efek fotolistrik. Apabila foton yang menumbuk logam memiliki energi yang lebih kecil dari energi ambang, maka elektron tidak akan terlepas dari permukaan logam atau dengan kata lain tidak terjadi efek fotolistrik.

Energi ambang dirumuskan sebagai berikut.

W subscript o equals h f subscript o 

dimana:
W subscript o = energi ambang/fungsi kerja
h = konstanta Planck
f subscript o = Frekuensi ambang

Untuk dapat lepas dari permukaan logam, energi foton harus lebih besar dari energi ambang, secara matematis ditulis:

E greater than W subscript o h f greater than h f subscript o 

untuk dapat mengetahuinya, kita hitung energi foton, yaitu:

E equals h f E equals fraction numerator h c over denominator lambda end fraction E equals fraction numerator open parentheses 6 comma 63 cross times 10 to the power of negative 34 end exponent close parentheses open parentheses 3 cross times 10 to the power of 8 close parentheses over denominator 3 comma 3 cross times 10 to the power of negative 7 end exponent end fraction E equals 6 comma 03 cross times 10 to the power of negative 19 end exponent space straight J E equals 3 comma 77 space eV 

Jadi, foton yang dijatuhkan pada logam memiliki energi sebesar E = 3,77 eV. Energi foton tersebut lebih kecil dari energi ambang.

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row E less than cell W subscript o end cell row cell 3 comma 77 space eV end cell less than cell 5 space eV end cell end table 

Karena energi foton lebih kecil dari energi ambang (E less than W subscript o), maka elektron tidak akan terlepas dari permukaan logam.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

34

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Grafik berikut menunjukkan hubungan an tara energi kinetik maksimum elektron ( E K ) terhadap frekuensi foton ( f ) pada efek fotolistrik. Jika konstanta Planck 6 , 6 X 1 0 − 34 J s dan 1 e V = 1 , 6 ...

12

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia