Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia adalah...

Sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia adalah...

  1. Badan Panitia Untuk Pembubaran Partai Komunis Indonesia 

  2. Badan Persiapan Untuk Penyelidikan Kemerdekaan Indonesia 

  3. Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia 

  4. Badan Perencanaan Untuk Persiapan Kemerdekaan Indonesia 

Iklan

M. Azisy

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Iklan

Pembahasan

Pada awal tahun 1944, benteng pertahanan pasukan Jepang di Pulau Saipan, Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan Kepulauan Marshall telah jatuh ke tangan pasukan Sekutu. Dalam menghadapi situasi kritis tersebut, pada tanggal 1 Maret 1945, pemerintah pendudukan Jepang di Jawa melalui Jenderal Kumakichi Harada, mengumumkan dibentuknya Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Coosakai. Tindakan itu merupakan langkah konkret pertama Jepang bagi pelaksanaan Janji Koiso tentang kemerdekaan Indonesia kelak di kemudian hari. Tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting berkaitan dengan pembentukan negara Indonesia merdeka. Sidang pertama BPUPKI berlangsung dari tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Sidang tersebut bertujuan untuk merumuskan Undang-Undang Dasar. Begitu pun dalam sidang kedua BPUPKI yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 1945 masih membahas mengenai rancangan Undang-Undang Dasar. BPUPKI kemudian dibubarkan pada tanggal 7 Agustus 1945. Sebagai penggantinya, didirikanlah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) atau Dokuritsu Junbi Iinkai. Badan inilah yang kemudian meresmikan pembukaan serta batang tubuh Undang-Undang Dasar. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah C.

Pada awal tahun 1944, benteng pertahanan pasukan Jepang di Pulau Saipan, Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan Kepulauan Marshall telah jatuh ke tangan pasukan Sekutu. Dalam menghadapi situasi kritis tersebut, pada tanggal 1 Maret 1945, pemerintah pendudukan Jepang di Jawa melalui Jenderal Kumakichi Harada, mengumumkan dibentuknya Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi Coosakai. Tindakan itu merupakan langkah konkret pertama Jepang bagi pelaksanaan Janji Koiso tentang kemerdekaan Indonesia kelak di kemudian hari. Tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting berkaitan dengan pembentukan negara Indonesia merdeka. Sidang pertama BPUPKI berlangsung dari tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Sidang tersebut bertujuan untuk merumuskan Undang-Undang Dasar. Begitu pun dalam sidang kedua BPUPKI yang dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 1945 masih membahas mengenai rancangan Undang-Undang Dasar.
BPUPKI kemudian dibubarkan pada tanggal 7 Agustus 1945. Sebagai penggantinya, didirikanlah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) atau Dokuritsu Junbi Iinkai. Badan inilah yang kemudian meresmikan pembukaan serta batang tubuh Undang-Undang Dasar.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

19

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada tanggal 1 Maret 1945, pimpinan pemerintah kedudukan militer Jepang di Jawa, Jenderal Kumakichi Harada mengumukan dibentuknya suatu badan khusus dengan tujuan...

179

3.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia