Roboguru

Sebuah lampu listrik yang menggunakan kumparan kawat dapat berpijar, mula-mula digunakan arus searah yang tegangannya tetap. Apabila sekarang menggunakan arus AC dengan tegangan sama, maka ....

Pertanyaan

Sebuah lampu listrik yang menggunakan kumparan kawat dapat berpijar, mula-mula digunakan arus searah yang tegangannya tetap. Apabila sekarang menggunakan arus AC dengan tegangan sama, maka .... space

  1. daya lampu akan berkurang sebab hambatannya bertambah besar. space

  2. daya lampu akan berkurang sebab hambatannya berkurang. space

  3. daya lampu akan bertambah sebab hambatannya berkurang. space

  4. daya lampu akan bertambah sebab hambatannya berkurang. space

  5. daya lampu tetap sebab hambatannya tidak berubah. space

Pembahasan Soal:

Sebuah lampu listrik yang menggunakan kumparan kawat dapat berpijar.

  1. Jika digunakan arus searah maka Induktor akan berfungsi menjadi konduktor, arus akan besar, hambatannya akan kecil sehingga nyala lampu akan terang.
  2. Jika digunakan arus bolak balik Induktor akan menjadi hambatan yaitu Reaktansi Induktif maka daya lampu akan berkurang sebab hambatannya bertambah. 

 Oleh karena itu, jawabannya adalah A.spacespace

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

J. Khairina

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa alasan PLN menggunakan listrik arus AC bukan listrik arus DC, jelaskan!

Pembahasan Soal:

Karena arus listrik searah (DC) kehilangan sebagian energinya sewaktu disalurkan pada tegangan tinggi. Oleh sebab itu mengirimkan arus searah melalui kabel tegangan tinggi yang diperlukan untuk pengiriman jarak jauh tidaklah ekonomis. Dengan menggunakan arus bolak-balik (AC), listrik tegangan tinggi dapat disalurkan dengan lebih murah daripada arus searah dan tegangannya pun bisa dinaikkan atau diturunkan cukup dengan mengaktifkan transformator.space 

Roboguru

Generator pembangkit tenaga listrik bolak-balik menghasilkan tegangan maksimum 250 V. Pada saat bidang kumparan membentuk sudut 30° terhadap arah garis gaya magnet, hitung tegangan saat itu!

Pembahasan Soal:

Diketahui:

V subscript m a x end subscript equals 250 space V theta equals 30 to the power of 0 

Ditanya: V ?

Penyelesaian:

Arus listrik bolak-balik adalah arus listrik yang memiliki nilai sesaatnya berubah-ubah dari nilai negatif hingga positif. Nilai yang sesuai dengan keadaan ini yang paling banyak digunakan adalah fungsi sinus. Tegangan dan arus sinusoidal adalah tegangan dan arus yang berubah terhadap waktu menurut fungsi sinus. Tegangan arus bolak-balik yang memenuhi fungsi sinus ini dirumuskan sebagai berikut: V equals V subscript m a x end subscript sin omega t

Tegangan saat kumparan membentuk sudut 300 diperoleh dengan cara

V equals V subscript m a x end subscript sin omega t V equals V subscript m a x end subscript sin theta V equals 250 sin open parentheses 30 to the power of 0 close parentheses V equals 125 space volt 

Sehingga tengangan saat bidang kumparan membentuk sudut 300 sebesar 125 volt.space 

Roboguru

Sebelum listrik didistribusikan ke rumah-rumah, maka listrik akan melewati gardu-gardu transformator yang terpencar letaknya didalam kota. Transformator yang digunakan adalah ….

Pembahasan Soal:

Pada bagian distribusi listrik, listrik dialirkan dari gardu induk ke rumah-rumah atau ke industri-industri melewati gardu-gardu trasnsformator yang terpencar letaknya di dalam kota. Di dalam gardu transformator tersebut, terdapat transformator step-down (penurun tegangan) yang akan menurunkan tegangan listrik AC dari 20 kV menjadi 220 V. Jadi jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) digunakan pada sistem pembangkit listrik bagian ….

Pembahasan Soal:

Bagian transmisi listrik diperlukan agar energi listrik yang dihasilkan dari bagian pembangkit listrik dapat disalurkan menuju rumah-rumah atau industri-industri yang ada. Bagian transmisi listrik terdiri dari jaringan-jaringan kabel listrik yang terbentang sangat panjang, yang biasanya dilewatkan pada menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET). Bagian transmisi listrik ini akan mentransmisikan daya listrik dengan tegangan tinggi yaitu 150k – 500k V. Jadi jawaban yang tepat adalah B.

 

Roboguru

Bagian transmisi listrik terdiri dari jaringan-jaringan kabel listrik yang terbentang sangat panjang yang biasanya dilewatkan pada suatu menara yang disebut ….

Pembahasan Soal:

Bagian transmisi listrik diperlukan agar energi listrik yang dihasilkan dari bagian pembangkit listrik dapat disalurkan menuju rumah-rumah atau industri-industri yang ada. Bagian transmisi listrik terdiri dari jaringan-jaringan kabel listrik yang terbentang sangat panjang, yang biasanya dilewatkan pada menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET).

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved