Roboguru

Sebuah kubus besi yang memiliki panjang sisi 10 cm diletakkan di atas meja yang luas permukaannya . Jika massa kubus 6000 gram dan percepatan gravitasi di tempat itu , Hitunglah besarnya tekanan yang dihasilkan kubus besi tersebut!

Pertanyaan

Sebuah kubus besi yang memiliki panjang sisi 10 cm diletakkan di atas meja yang luas permukaannya begin mathsize 14px style 4 space straight m squared end style. Jika massa kubus 6000 gram dan percepatan gravitasi di tempat itu begin mathsize 14px style 10 space straight m divided by straight s squared end style, Hitunglah besarnya tekanan yang dihasilkan kubus besi tersebut!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Diketahui:

s equals 10 space cm equals 0 comma 1 space straight m m equals 6000 space gr equals 6 space kg g equals 10 space straight m divided by straight s squared 

Ditanya: P ?

Penyelesaian:

Tekanan adalah perbandingan antara jumlah gaya yang diberikan pada benda dengan luas permukaan benda. Ketika area mengecil, maka tekanan yang dihasilkan akan semakin membesar dan ketika area membesar, maka tekanan yang dihasilkan akan mengecil.

begin mathsize 14px style P equals F over A P equals fraction numerator m. g over denominator s squared end fraction P equals fraction numerator open parentheses 6 close parentheses open parentheses 10 close parentheses over denominator open parentheses 0 comma 1 close parentheses squared end fraction P equals 6000 space Pa end style 

Sehingga besarnya tekanan yang dihasilkan kubus besi tersebut adalah 6000 Pa.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Agustus 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved