Pertanyaan

Sebuah kapal survey melakukan pengukuran kedalaman laut. Untuk mengukur kedalaman laut, kapal menembakkan bunyi ke dasar perairan seperti pada gambar berikut! Dasar laut Kapal mengirim sonar pada posisi X dan Y. Pada posisi X, gelombang pantul diterima setelah 3 sekon dipancarkan, sedangkan pada posisi Y 2 sekon setelah dipancarkan. Jika cepat rambat bunyi di dalam air adalah 1400 m/s, hitunglah perbedaan kedalaman kedua titik tersebut!

Sebuah kapal survey melakukan pengukuran kedalaman laut. Untuk mengukur kedalaman laut, kapal menembakkan bunyi ke dasar perairan seperti pada gambar berikut!

Dasar laut Kapal mengirim sonar pada posisi X dan Y. Pada posisi X, gelombang pantul diterima setelah 3 sekon dipancarkan, sedangkan pada posisi Y 2 sekon setelah dipancarkan. Jika cepat rambat bunyi di dalam air adalah 1400 m/s, hitunglah perbedaan kedalaman kedua titik tersebut!space space

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perbedaan kedalaman kedua titik sebesar 700 m.

perbedaan kedalaman kedua titik sebesar 700 m.

Pembahasan

Pembahasan

Diketahui: t x ​ t y ​ v ​ = = = ​ 3 s 2 s 1400 m / s ​ Ditanya: △ s ... ? Penyelesaian: Teknik pantulan bunyi dapat digunakan untuk menentukan jarak.Teknik menentukan jarak dengan pantulan bunyi frekuensi tinggi (ultrasonik) dikenal dengan teknik SONAR (singkatan dari Sound Navigation and Ranging). Sejauh ini, sonar telah digunakan untuk mendeteksi mendeteksi kedalaman. Persamaan pada pantulan bunyi sebagai berikut: s = 2 v ⋅ t ​ Dengan: = jarak/kedalaman objek (m), v = cepat rambat bunyi di medium (m/s), t = waktu diterima (s) Mencari kedalaman s X s x ​ = 2 v ⋅ t x ​ ​ s x ​ = 2 1400 ⋅ 3 ​ s x ​ = 2100 m Mencari kedalaman s Y s Y ​ = 2 v ⋅ t Y ​ ​ s Y ​ = 2 1400 ⋅ 2 ​ s Y ​ = 1400 m Perbedaan kedalaman △ s = s X ​ − s Y ​ △ s = 2100 − 1400 △ s = 700 m Dengan demikian, perbedaan kedalaman kedua titik sebesar 700 m.

Diketahui:

Ditanya:

Penyelesaian:

Teknik pantulan bunyi dapat digunakan untuk menentukan jarak. Teknik menentukan jarak dengan pantulan bunyi frekuensi tinggi (ultrasonik) dikenal dengan teknik SONAR (singkatan dari Sound Navigation and Ranging). Sejauh ini, sonar telah digunakan untuk mendeteksi mendeteksi kedalaman. Persamaan pada pantulan bunyi sebagai berikut:

Dengan: s = jarak/kedalaman objek (m),  = cepat rambat bunyi di medium (m/s),  = waktu diterima (s)

Mencari kedalaman sX

Mencari kedalaman sY

Perbedaan kedalaman 

Dengan demikian, perbedaan kedalaman kedua titik sebesar 700 m.

2rb+

4.5 (2 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Proses penentuan kedalaman laut memanfaatkan gelombang....

27

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia