Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebuah benda bermassa 5 kg berada pada ketinggian 2 m dari tanah. Jika percepatan gravitasi di tempat itu 10 m/s², berapakah energi potensial benda tersebut?

Sebuah benda bermassa 5 kg berada pada ketinggian 2 m dari tanah. Jika percepatan gravitasi di tempat itu 10 m/s², berapakah energi potensial benda tersebut? 

  1. undefined 

  2. undefined 

Iklan

A. Sekar

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

energi potensial benda tersebut adalah 100 J.

energi potensial benda tersebut adalah 100 J. space 

Iklan

Pembahasan

Energi potensial (Energi potensial gravitasi) adalah energi yang tersimpan pada benda karena kedudukan atau posisi benda terhadap titik acuannya (biasanya ketinggian benda diukur dari permukaan tanah). Dari pengertian tersebut, kita bisa tahu bahwa benda yang diam namun berada di ketinggian tertentu maka akan memiliki energi potensial. Sedangkan, benda yang bergerak namun tidak memiliki ketinggian maka tidak memiliki energi potensial. Rumus menghitung energi potensial (Ep) sebagai berikut: dengan, Ep = energi potensial benda (J) m = massa benda (kg) g = percepatan gravitasi (m/s²) h = ketinggian benda (m) Pada Soal Diketahui: m = 5 kg g = 10 m/s² h = 2 m Ditanya: Ep = ...? Jawaban: Jadi, energi potensial benda tersebut adalah 100 J.

Energi potensial (Energi potensial gravitasi) adalah energi yang tersimpan pada benda karena kedudukan atau posisi benda terhadap titik acuannya (biasanya ketinggian benda diukur dari permukaan tanah). Dari pengertian tersebut, kita bisa tahu bahwa benda yang diam namun berada di ketinggian tertentu maka akan memiliki energi potensial. Sedangkan, benda yang bergerak namun tidak memiliki ketinggian maka tidak memiliki energi potensial. Rumus menghitung energi potensial (Ep) sebagai berikut:

begin mathsize 14px style E subscript p equals m g h end style 

dengan, 

Ep = energi potensial benda (J)

m = massa benda (kg)

g = percepatan gravitasi (m/s²)

h = ketinggian benda (m)

Pada Soal

Diketahui:

m = 5 kg

g = 10 m/s²

h = 2 m

Ditanya: Ep = ...?

Jawaban:

begin mathsize 14px style E subscript p equals m g h E subscript p equals open parentheses 5 space kg close parentheses open parentheses 10 space straight m divided by straight s squared close parentheses open parentheses 2 space straight m close parentheses E subscript p equals 100 space straight J end style  

Jadi, energi potensial benda tersebut adalah 100 J. space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

121

Yunia Maghfirah

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah peluru yang massanya 2 gram. Ditembakkan ke atas dengan kecepatan awal 50 m/s. Jika g = 10 m/s 2 . Maka: Titik tertinggi yang dicapai peluru adalah 125 m. Energi potensial maksimumnya ...

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia