Roboguru

Sebelum adanya program Revolusi Hijau, Indonesia mengimpor beras dari beberapa negara. Dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa . . . .

Pertanyaan

Sebelum adanya program Revolusi Hijau, Indonesia mengimpor beras dari beberapa negara. Dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa . . . .

  1. Indonesia merupakan negara pengimpor beras terbesar di Asia Tenggara

  2. Pelaksanaan Revolusi Hijau mengakibatkan kebutuhan beras nasional tercukupi

  3. Kebijakan impor beras berdampak pada pelaksanaan Revolusi Hijau di Indonesia

  4. Impor beras disebabkan kegagalan program Revolusi Hijau yang ditetapkan pemerintah

  5. Kebijakan impor beras dan pelaksanaan Revolusi Hijau saling berkaitan

Pembahasan Soal:

Konsep Revolusi hijau di Indonesia telah dirintis sejak tahun 1950-an. Sejak saat itu, upaya untuk meningkatkan produksi pangan di Indonesia telah disuarakan . Pada waktu itu, pemerintah menerapkan kebijakan Rencana Kemakmuran Kasimo. Program Rencana Kemakmuran Kasimo dilakukan pada kurun waktu tahun 1952-1956. Berbagai usaha yang telah dilakukan belum berhasil menutupi kebutuhan pangan yang besar. Produksi beras per tahun menunjukkan kenaikan. Dari 5,79 juta ton pada 1950 menjadi 8,84 juta ton pada tahun 1965. Namun, jumlah beras yang tersedia bagi kebutuhan per jiwa masih tetap rendah sehingga impor beras masih tetap tinggi. Ketika ekonomi nasional memburuk pada awal 1960-an, persediaan beras nasional juga menurun. Akibatnya, harga beras meningkat dan masyarakat sulit mendapatkan beras di pasar. Untuk mengatasinya, Presiden Sukarno menerapkan kebijakan impor beras dari beberapa negara di Asia Tenggara. Indonesia menjadi negara impor terbesar di dunia pada saat itu, dengan nilai impor 800 ribu ton sampai 1 juta ton per tahun.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Revolusi Hijau di Indonesia berkembang sejak penerapan Undang-Undang Agraria Tahun 1870. Pelaksanaan Revolusi Hijau ditujukan untuk meningkatkan produksi . . . dan . . . .

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau di Indonesia dilaksanakan sejak berlakunya UU Agraria pada tahun 1870, yang dikeluarkan oleh pemerintah kolonial Belanda. Tujuan diberlakukannya revolusi hijau pada saat itu adalah untuk mengembangkan berbagai jenis tanaman yang laku di pasaran, seperti teh, kopi, tebu, dan lain-lain. Revolusi Hijau kemudian diterapkan kembali di Indonesia pada masa Orde Baru, yaitu melalui investasi besar-besaran terhadap sektor pertanian, seperti program panca usaha tani. Pelaksanaan Revolusi Hijau tersebut ditujukan untuk meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan. 
Dengan demikian pelaksanaan Revolusi Hijau ditujukan untuk meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan.
 

 

Roboguru

Bagaimana hubungan populasi manusia dengan sumberdaya alam menurut Tomas Robert Moltus ?

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau merupakan salah satu usaha pengembangan teknologi dalam meningkatkan produksi pertanian. Penerapan Revolusi Hijau terkait dengan teori Thomat Robert Maltus yang menyatakan bahwa pertumbuhan penduduk mengikuti deret ukur sedangkan pertanian mengikuti deret hitung. Artinya, antara pertumbuhan penduduk dengan hasil pertanian tidak berjalan seimbang. Oleh karena itu, perlu dilakukan Revolusi Hijau untuk peningkatan jumlah produksi pangan.

Dengan demikian, teori Thomas Robert Maltus yang menjadi dasar revolusi hijau menunjukkan hubungan yang tidak sepadan antara populasi manusia dan sumber daya alam.

Roboguru

Revolusi Hijau memperkenalkan metode penanaman satu jenis tanaman secara terus menerus tanpa diselingi tanaman lain. Metode penanaman tersebut menyebabkan ...

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau merupakan sebuah usaha dalam mengembangkan teknologi pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan. Revolusi ini dengan kata lain mengubah pertanian yang sebelumnya menggunakan teknologi tradisional, menjadi pertanian dengan teknologi modern. Pada masa Orde Baru, tepatnya sejak dilaksanakannya Pelita I di tahun 1969, Revolusi Hijau diterapkan dan fokus pada peningkatan hasil pertanian (beras). Pelaksanaannya ada 4 program yakni intensifikasi pertanian, ekstensifikasi pertanian, diversifikasi pertanian, dan rehabilitasi. Pemerintah dengan gencar menghimbau penggunaan pupuk untuk merangsang kesuburan tanah, serta penggunaan obat pemberantas hama untuk memberantas hama tanaman. Kedua himbauan pemerintah itu berperan dalam perubahan ekosistem sawah. Pupuk buatan bagi tanaman diberikan untuk mensuplai kebutuhan nitrogen bagi tanaman. Padahal sebelumnya kebutuhan nitrogen secara alami diperoleh dari akar tanaman kacang tanah yang ditanam setelah tanaman padi, tetapi gencarnya keinginan pemerintah untuk peningkatan produksi padi maka sawah-sawah diutamakan untuk menanam padi tanpa disela dengan tanaman lainnya. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan Nitrogen, digunakan pupuk buatan, pupuk urea.

Tanpa disadari, pemupukan dengan pupuk kimia buatan berpengaruh buruk pada kesuburan tanah. Tanah akan menjadi jenuh dengan penanaman padi tanpa diselingi tanaman lain, serta jenuh karena dosis pupuk yang dari waktu ke waktu ditingkatkan. Penanaman padi tanpa diselingi, mengakibatkan siklus hama tidak terputus, inilah kemudian yang menyebabkan hama wereng coklat yang pada awalnya bukan masalah besar bagi petani, kemudian pada pertengahan 1970 menjadi hama yang serius. Selain itu, penggunaan obat-obat pemberantas hama, menyebabkan predator-predator hama juga ikut terbunuh, misalnya predator alami wereng coklat adalah kepik cyrtorhinus lividipennis, ikut mati ketika tanaman disemprot obat hama.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Perkembangan teknologi pertanian di Indonesia tidak terlepas dari program Revolusi Hijau. Pernyataan yang tepat mengenai Revolusi Hijau adalah ...

Pembahasan Soal:

Revolusi hijau merupakan suatu proses peningkatan produksi pertanian dengan mengubah cara produksi yang sebelumnya mengandalkan tenaga manusia dan hewan menjadi tenaga mesin atau mekanisasi. Revolusi hijau juga menjadi suatu usaha besar untuk meningkatkan produksi pangan di daerah-daerah atau negara miskin di dunia. Gagasan mengenai revolusi hijau berawal dari pemikiran Thomas Robert Malthus. Sedangkan latar belakang munculnya revolusi hijau adalah produktivitas pertanian yang masih rendah, kebutuhan pendudukan akan pangan yang semakin meningkat, serta produksi pertanian belum mampu memenuhi kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat di dunia, terutama di negara-negara berkembang dan tertinggal.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D. 

Roboguru

Perhatikan beberapa keterangan berikut! Produktivitas pertanian rendah Kebutuhan penduduk meningkat Menjamurnya perusahaan pupuk Pemenuhan bahan pangan belum tercapai Tingginya ketersediaan lah...

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau merupakan sebuah usaha dalam mengembangkan teknolosi pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan. Revolusi ini dengan kata lain mengubah pertanian yang sebelumnya menggunakan teknologi tradisional, menjadi pertanian dengan teknologi modern. Thomas Robert Malthus menyatakan bahwa Revolusi Hijau terjadi karena semakin meningkatnya jumlah penduduk di dunia, namun tidak diiringi dengan peningkatan jumlah produksi pangan. 

Selain itu munculnya revolusi Hijau ini pun dikarenakan adanya masalah kemiskinan yang disebabkan karena pertumbuhan jumlah penduduk yang sangat pesat tidak sebanding dengan peningkatan produksi pangan. Sehingga dilakukan pengontrolan jumlah kelahiran dan meningkatkan usaha pencarian dan penelitian bibit unggul dalam bidang Pertanian. Revolusi hijau mendasarkan diri pada empat pilar penting yaitu intensifikasi pertanian, ekstensifikasi pertanian, diversifikasi pertanian, dan rehabilitasi. Faktor terjadinya Revolusi Hijau ini memang sangat berkaitan erat dengan adanya masalah pangan bagi umat manusia, yang disebabkan oleh faktor kebutuhan pangan yang semakin meningkat dan lahan pertanian yang semakin berkurang. Kekurangan lahan tersebut karena banyak lahan pertanian rusak yang disebabkan oleh adanya perang, bahkan adanya lahan tidur yang tidak dimanfaatkan oleh pemiliknya serta munculnya lahan rusak akibat tercemar oleh limbah atau terkena radiasi.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawaban yang tepat adalah A
 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved