Roboguru

Sebagian wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani dikelola menjadi tujuan wisata. Salah satu atraksi wisata yang dikembangkan disana adalah tracking, dimana pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan menyusuri jalur yang telah disiapkan. Masyarakat setempat memanfaatkan kehadiran atraksi wisata ini sebagai sumber matapencaharian, diantaranya adalah pemandu, pengangkut perlengkapan kemah wisatawan, menjajakan makanan dan oleh-oleh, serta menyediakan penginapan. Agar masyarakat lokal dan pengelola objek wisata dapat saling berkontribusi untuk kemajuan yang berkelanjutan, maka pendekatan kerjasama yang lebih tepat adalah...

Pertanyaan

Sebagian wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani dikelola menjadi tujuan wisata. Salah satu atraksi wisata yang dikembangkan disana adalah tracking, dimana pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan menyusuri jalur yang telah disiapkan. Masyarakat setempat memanfaatkan kehadiran atraksi wisata ini sebagai sumber matapencaharian, diantaranya adalah pemandu, pengangkut perlengkapan kemah wisatawan, menjajakan makanan dan oleh-oleh, serta menyediakan penginapan.

Agar masyarakat lokal dan pengelola objek wisata dapat saling berkontribusi untuk kemajuan yang berkelanjutan, maka pendekatan kerjasama yang lebih tepat adalah... 

  1. Akomodasi 

  2. Asosiasi 

  3. Akulturasi 

  4. Asimilasi 

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan tentang bentuk kerjasama yang tepat sesuai ilustrasi di atas.

Interaksi sosial asosiatif adalah bentuk interaksi sosial positif yang cenderung menyatukan anggota masyarakat. Bentuk interaksi sosial asosiatif ialah kerja sama, akomodasi, asimilasi, dan akulturasi.

Kerjasama merupakan suatu usaha bersama yang dilakukan antar individu atau antar kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

  • Akomodasi berarti usaha individu atau kelompok untuk mengurangi atau menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan, dan untuk mencapai kondisi kestabilan.
  • Asosiasi adalah perkumpulan orang yang memiliki kepentingan yang sama sehingga dibutuhkan pembentukan hubungan atau pertalian antara gagasan, ingatan, atau kegiatan yang melibatkan seluruh panca indra.
  • Akulturasi merupakan perpaduan dua kebudayaan atau lebih yang terjadi dalam suatu kelompok masyarakat, sehingga menghasilkan kebudayaan baru, namun tidak menghilangkan budaya lama.
  • Asimilasi merupakan penggabungan dua kebudayaan atau lebih yang terjadi dalam suatu kelompok masyarakat, sehingga menghasilkan kebudayaan baru yang menghilangkan budaya lama (aslinya).

Berdasarkan uraian di atas, pendekatan kerja sama yang sesuai dengan ilustrasi pada soal yaitu Asosiasi. Dimana hal tersebut diwujudkan dengan adanya hubungan antara masyarakat lokal dan pengelola objek wisata yang dapat saling berkontribusi untuk kemajuan yang berkelanjutan.

Maka, jawaban yang tepat adalah B. Asosiasi 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Fernanda

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa pengertian kerja sama?

Pembahasan Soal:

Kerja sama merupakan suatu usaha bersama yang dilakukan antar individu atau antar kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Dalam kerja sama, harus ada yang namanya kesadaran dari setiap orang yang terlibat, serta suasana yang menyenangkan dalam setiap pembagian tugasnya. Individu yang terlibat dalam sebuah kerja sama pasti mendapat job desc atau tugasnya masing-masing, sehingga setiap individu harus memiliki kemampuan yang sesuai dengan tugas yang dikerjakan, agar tujuan yang ingin dicapai dapat berjalan dengan baik.

space space 

Roboguru

Berikan 3 (tiga) contoh perwujudan kerja sama dalam lingkungan sekolah!

Pembahasan Soal:

Kerjasama adalah suatu usaha yang dilakukan secara bersama antara orang perorangan atau antar kelompok yang bertujuan untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama adalah sebuah  interaksi yang paling penting. Ini dikarenakan pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang dianggap tidaklah bisa hidup sendiri tanpa orang lain. Untuk itulah manusia akan selalu dan senantiasa membutuhkan orang lain. Kerja sama pada hakikatnya dapat berlangsung apabila individu-individu yang bersangkutan mempunyai kepentingan yang sama serta memiliki kesadaran untuk bekerja sama untuk mencapai kepentingan yang mereka inginkan.

Contoh kerja sama di lingkungan sekolah, antara lain :

  1. Bekerja sama membersihkan kelas (piket kelas) dan lingkungan sekolah
  2. Bekerja sama menjaga keamanan lingkungan sekolah
  3. Bekerja sama menanam dan membuat taman sekolahspace space 
Roboguru

Sebutkan 5 contoh perwujudan kerjasama dalam lingkungan masyarakat!

Pembahasan Soal:

Berikut ini adalah 5 contoh kerjasama di masyarakat:

  1. Kerja bakti membersihkan lingkungan setempat.
  2. Gotong royong membangun balai desa.
  3. Musyawarah untuk mengambil keputusan bagi kepentingan bersama.
  4. Bersama-sama menghias lingkungan jelang perayaan 17 Agustus.
  5. Ikut berpartisipasi membantu warga yang mengadakan hajatan.undefined 
Roboguru

Bencana banjir yang melanda di berbagai wilayah di Indonesia, membuat beberapa kelompok masyarakat dari latar belakang yang berbeda mau membantu meringankan beban korban di pengungsian. Tindakan ini m...

Pembahasan Soal:

Beberapa kelompok dari latar belakang budaya mau membantu meringankan beban korban banjir. Tindakan ini merupakan contoh interaksi asosiatif yang berbentuk kooperatif (kerja sama). Kooperatif merupakan interaksi sosial yang dilakukan melalui kerja sama yang terdiri dari dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Pada konteks ini, tujuan bersama yang hendak dicapai yaitu untuk membantu meringankan beban korban banjir.

Adapun bentuk interaksi asosiatif lainnya, sebagai berikut:

  • Asimilasi adalah proses peleburan budaya hingga melahirkan suatu kebudayaan baru.
  • Akulturasi adalah peleburan budaya tanpa menghilangkan unsur budaya lama.
  • Mediasi adalah bentuk akomodasi pemecahan konflik dengan menggunakan pihak ketiga.
  • Bargaining adalah proses tawar menawar untuk mencapai kesepakatan bersama.
Roboguru

Gotong royong membersihkan lingkungan rumah menjadi hal uang wajib dilakukan warga Desa Ruang Jaya, setiap dua minggu sekali. Gotong royong sendiri merupakan cara yang efektif untuk kegiatan membersih...

Pembahasan Soal:

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri dan tidak mungkin bisa memenuhi kebutuhan hidupnya secara sendiri. Maka dari itu manusia membutuhkan yang namanya kerja sama. Salah satu contoh kerja sama dalam interaksi asosiatif adalah gotong royong membersihkan lingkungan rumah. Dengan bekerja sama membersihkan lingkungan, rasa kesatuan di antara warga menjadi tumbuh dan mereka memiliki tujuan yang sama, yaitu menginginkan lingkungan yang bersih. 
 

Jadi, jawaban yang tepat adalah Dundefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved