Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebagai seorang ... , Pak Rahman harus dapat bersikap bijaksana kepada seluruh karyawan. Ia harus dapat ... dengan baik, segala keputusan. Semuanya harus dipikirkan secara baik agar dapat menguntungkan semua pihak. Hal ini dapat memengaruhi ... perusahaan. Kata serapan untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...

Sebagai seorang ... , Pak Rahman harus dapat bersikap bijaksana kepada seluruh karyawan. Ia harus dapat ... dengan baik, segala keputusan. Semuanya harus dipikirkan secara baik agar dapat menguntungkan semua pihak. Hal ini dapat memengaruhi  ... perusahaan.
 
Kata serapan untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
  1. Manajer, memanajemeni, produktivitas
  2. Manajer, manajemen, produksi
  3. Manager, memanagemen, produsen
  4. Manager, managemen, produk
  5. Manajer, memenejemen, produktif

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Kata serapan adalah kata-kata dalam bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa asing. Kata serapan ini biasanya diambil dari bahasa Inggris, Arab, dan Sansekerta. Kata serapan yang tepat untuk mengisi teks tersebut adalah “manajer” (dari kata manager ), memanajemeni (dari kata management ), dan produktivitas (dari kata productivity ). Ketiga kata tersebut diserap dari bahasa Inggris. Jika diperinci, penjelasannya adalah sebagai berikut. Sebagai seorang manajer , Pak Rahman harus dapat bersikap bijaksana kepada seluruh karyawannya. ( Manajer bermakna ‘orang yang memimpin perusahaan’) (Kalimat pertama). Ia harus dapat memanajemeni dengan baiksegala keputusan. ( Memanajemeni bermakna ‘proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengarahan/memimpin perusahaan’) (Kalimat kedua). Hal ini dapat memengaruhi produktivitas perusahaan. ( Produktivitas bermakna ‘ukuran yang menyatakan keoptimalan sumber daya) (Kalimat keempat). Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Kata serapan adalah kata-kata dalam bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa asing. Kata serapan ini biasanya diambil dari bahasa Inggris, Arab, dan Sansekerta. Kata serapan yang tepat untuk mengisi teks tersebut adalah “manajer” (dari kata manager), memanajemeni (dari kata management), dan produktivitas (dari kata productivity). Ketiga kata tersebut diserap dari bahasa Inggris. Jika diperinci, penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Sebagai seorang manajer, Pak Rahman harus dapat bersikap bijaksana kepada seluruh karyawannya. (Manajer bermakna ‘orang yang memimpin perusahaan’) (Kalimat pertama).
  • Ia harus dapat memanajemeni dengan baik segala keputusan. (Memanajemeni bermakna ‘proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengarahan/memimpin perusahaan’) (Kalimat kedua).
  • Hal ini dapat memengaruhi produktivitas perusahaan. (Produktivitas bermakna ‘ukuran yang menyatakan keoptimalan sumber daya) (Kalimat keempat).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

52

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perbaikilah kalimat berikut menggunakan diksi yang tepat! Amerika Serikat luncurkan pesawat tercanggih.

28

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia