Pertanyaan

Sebagai ahli sosiologi, seorang pendidik tidak boleh bersikap reformis dan konservatif dalam membaca sebuah fenomena sosial. Hal ini sesuai dengan ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang bersifat ….

Sebagai ahli sosiologi, seorang pendidik tidak boleh bersikap reformis dan konservatif dalam membaca sebuah fenomena sosial. Hal ini sesuai dengan ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang bersifat ….  

  1. teoritis undefined 

  2. nonetis undefined 

  3. abstraksi undefined 

  4. kumulatif undefined 

  5. sistematis undefined 

N. Fridayanti

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B. undefined 

Pembahasan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, reformis adalah orang-orang yang mendukung reformasi atau perubahan. Contohnya, seorang pendidik yang berupaya mempengaruhi muridnya untuk selalu mendukung suatu fenomena sosial di masyarakat. Kemudian, konservatif kebalikannya atau bersikap mempertahankan keadaan, kebiasaan dan tradisi yang berlaku. Contohnya, seorang pendidik yang menolak suatu fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Sosiolog sebagai seorang pendidik tidak boleh bersikap reformis dan konservatif. Hal ini menunjukkan ciri sosiologi sebagai ilmu yang bersifat nonetis. Artinya, pendidik bukan pada posisi menilai baik buruknya suatu fakta, melainkan menjelaskan fakta secara analitis. Jika pendidik mengomentari dan menilai baik buruknya sebuah fenomena, maka ia bisa saja memengaruhi muridnya untuk setuju (mendukung) atau tidak setuju (menolak) terhadap adanya suatu fenomena sosial, sesuai dengan pandangan pribadinya. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, reformis adalah orang-orang yang mendukung reformasi atau perubahan. Contohnya, seorang pendidik yang berupaya mempengaruhi muridnya untuk selalu mendukung suatu fenomena sosial di masyarakat. Kemudian, konservatif kebalikannya atau bersikap mempertahankan keadaan, kebiasaan dan tradisi yang berlaku. Contohnya, seorang pendidik yang menolak suatu fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Sosiolog sebagai seorang pendidik tidak boleh bersikap reformis dan konservatif. Hal ini menunjukkan ciri sosiologi sebagai ilmu yang bersifat nonetis. Artinya, pendidik bukan pada posisi menilai baik buruknya suatu fakta, melainkan menjelaskan fakta secara analitis. Jika pendidik mengomentari dan menilai baik buruknya sebuah fenomena, maka ia bisa saja memengaruhi muridnya untuk setuju (mendukung) atau tidak setuju (menolak) terhadap adanya suatu fenomena sosial, sesuai dengan pandangan pribadinya. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. undefined 

57

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Seorang ahli sosiologi yang melakukan pengumpulan dan pengolahan data secara ilmiah menunjukkan peran sebagai ....

214

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia