Roboguru

Satwa yang dilindungi di Ujung Kulon adalah ….

Pertanyaan

Satwa yang dilindungi di Ujung Kulon adalah ….

space 

  1. space 

  2. space 

  3. space 

  4. space 

Pembahasan Soal:

Taman Nasional Ujung Kulon memiliki beragam jenis satwa liar baik bersifat endemik maupun penting untuk dilindungi. Beberapa jenis satwa endemik penting dan merupakan jenis langka yang sangat perlu dilindungi, diantaranya:

  • Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus)
  • Owa Jawa (Hylobates moloch)
  • Surili (Presbytis aigula)
  • Anjing hutan (Cuon alpinus javanicus)

Semenanjung Ujung Kulon menjadi satu-satunya habitat alami Badak Jawa untuk berkembang biak. Populasi Badak Jawa diperkirakan ada 50-60 ekor. Berdasarkan gambar di atas, hewan endemik yang dapat dijumpai di wilayah Ujung Kulon adalah Badak Jawa (Gambar B).

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 26 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini jenis hewan yang terdapat di wilayah Indonesia bagian barat adalah ....

Pembahasan Soal:

Flora dan fauna di wilayah Indonesia bagian barat memiliki kemiripan dengan flora dan fauna yang ada di Benua Asia, yaitu tipe Asiatis atau Oriental. Flora dan fauna ini tersebar di Pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa, Madura, Bali, dan pulau-pulau kecil lain di sekitarnya. Beberapa jenis fauna yang ada di wilayah Indonesia bagian barat adalah gajah, banteng, badak, harimau, orang utan, rusa, buaya, pesut, bekantan, merak, jalak, dan lain-lain. space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan berbagai jenis hewan berikut ini! Orang utan Buaya Badak bercula satu Kura-kura Kadal Hewan-hewan dari wilayah Indonesia bagian barat yang tergolong dalam kategori terancam punah d...

Pembahasan Soal:

Beberapa hewan dari Indonesia bagian barat termasuk dalam kategori terancam punah dan dilindungi. Hal ini disebabkan keberadaannya terancam, baik karena pemburuan hewan secara liar maupun alih fungsi lahan hutan menjadi permukiman penduduk. Beberapa fauna tersebut adalah orang utan, harimau, gajah, pesut, dan badak bercula satu.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

0

Roboguru

Wilayah sebaran fauna indonesia bagian barat merupakan jenis ....

Pembahasan Soal:

Indonesia memiliki keanekaragaman jenis fauna yang dibedakan berdasarkan garis Wallacea dan garis Weber. Berdasarkan A.R. Wallacea dan M. W Carl Weber kelompok fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu tipe asiatis, tipe peralihan dan tipe australis. Kelompok hewan asiatis tersebar di wilayah Indonesia bagian barat. Daerah yang termasuk kelompok ini yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan merupakan pulau-pulau yang berada bagian barat yang dibatasi oleh Selat Makassar dan Selat Lombok. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Fauna yag tersusun dari nomor 3-1 adalah ....

Pembahasan Soal:

Persebaran fauna di Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu tipe asiatis, tipe peraliha dan tipe australis. Gambar di atas menunjukkan wilayah persebaran pada masing-masing tipe fauna di Indonesia.

  1. Nomor 1 menunjukkan wilayah Banten yang termasuk ke dalam kelompok hewan tipe asiatis. Hewan tipe asiatis diantaranya yaitu utan, gibon, gajah, badak bercula satu, harimau, tapir, rusa, banteng, kerbau, monyet, kukang.
  2. Nomor 2 menunjukkan wilayah Sulawesi, yang termasuk kedalam tipe peralihan. Hewan tipe peralihan diantaranya yaitu anoa, babi rusa, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, beruang, tarsius, monyet seba, kuda, sapi, banteng.
  3. Nomor 3 menunjukkan daerah Papua yang termasuk wilayah dengan tipe fauna australis. Hewan tipe australis diantaranya yaitu koala, kanguru, wallaby, beruang, nokdiak (landak Papua), opossum laying (pemanjat berkantung), kuskus, dan kelelawar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Badak bercula satu terdapat di daerah......

Pembahasan Soal:

Badak bercula satu adalah anggota famili Rhinocerotidae dan satu dari lima badak yang masih ada. Badak ini masih termasuk ke dalam genus yang sama dengan badak india dan memiliki kulit bermosaik yang menyerupai baju baja. Badak ini memiliki panjang 3,1–3,2 m dan tinggi 1,4–1,7 m. Badan ini merupakan salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia. Di Indonesia, hewan ini dilestarikan di Taman Nasional Ujung Kulon, di Provinsi Banten.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved