Roboguru

Samudra Atlantik bagian selatan membatasi wilayah Benua Amerika dengan Benua ....

Pertanyaan

Samudra Atlantik bagian selatan membatasi wilayah Benua Amerika dengan Benua ....

  1. Asia

  2. Afrika

  3. Australia

  4. Eropa

Pembahasan Soal:

Pada sebelah timur, Benua Amerika berbatasan dengan Samudra Atlantik. Samudra Atlantik membatasi wilayah Amerika dengan Benua Eropa dan Afrika. Samudra Atlantik bagian utara membatasi kawasan Amerika Utara dengan Eropa, sedangkan Samudra Atlantik bagian selatan membatasi kawasan Benua Amerika bagian Selatan dengan Benua Afrika.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Q. Qismaraga

Terakhir diupdate 08 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan letak, batas, dan luas dari masing masing 5 benua !

Pembahasan Soal:

Berikut letak, batas, dan luas dari benua yang ada di Bumi.

Benua Asia

  1. Secara astronomis, benua Asia terletak antara 26° BT-170° BT dan 11° LS-80° LS.
  2. Selah utara berbatasan dengan benua Eropa, sebelah selatan berbatasan dengan samudera Hindia, sebelah barat berbatasan dengan benua Afrika, dan sebelah timur berbatasan dengan samudera Pasifik.
  3. Luasnya 44,58 juta km².

 Benua Amerika

  1. Secara astronomis, benua Amerika terletak antara 83​° LU – 55° LS dan 170​°​ BB - 35​°​ BB.
  2. Sebalah utara berbatasan dengan kutub utara, sebelah selatan berbatasan dengan Antartika, sebelah barat berbatasan dengan samudera Pasifik, dan sebelah timur berbatasan dengan samudera Atlantik.
  3. Luasnya 42,55 juta km².

Benua Afrika

  1. Secara astronomis, benua Afrika terletak antara 37° LU - 34° LS dan 17° BB - 51° BT. 
  2. Sebelah utara berbatasan dengan benua Eropa, sebelah selatan berbatasan dengan Antartika, sebelah barat berbatasan dengan samudera Atlantik, dan sebelah timur berbatasan dengan benua Asia dan Samudera Hindia.
  3. Luasnya 30,37 juta km².

Benua Eropa

  1. Secara astronomis, benua Eropa terletak antara 36° LU - 70° 30' LU dan 11° BB - 66° BT. 
  2. Sebelah utara berbatasan dengan samudera Arktik dan kutub utara, sebelah selatan berbatasan dengan benua Asia dan benua Afrika, sebelah barat berbatasan dengan samudera Atlantik, dan sebelah timur berbatasan dengan samudera Pasifik.
  3. Luasnya 10,18 juta km²

Benua Australia

  1. Secara astronomis, benua Australia terletak antara 113° BT–155° BT dan 10° LS–43° LS.
  2. Sebelah utara berbatasan dengan Indonesia dan Samudera Pasifik, sebelah selatan berbatasan dengan Antartika, sebelah barat berbatasan dengan samudera Hindia, dan sebelah timur berbatasan dengan samudera Pasifik.
  3. Luasnya 7,692 juta km².

0

Roboguru

Urutan benua dari yang terbesar sampai yang terkecil....

Pembahasan Soal:

Benua atau kontinen adalah beberapa daratan yang memiliki wilayah yang sangat luas yang berada di permukaan bumi. Terdapat 6 benua yang ada di bumi. Urutan benua dari yang terbesar sampai yang terkecil adalah sebagai berikut :

  1. Asia
  2. Amerika
  3. Afrika
  4. Antartika
  5. Eropa
  6. Australia

0

Roboguru

Uraikan batas wilayah benua Asia, Afrika, Amerika, Eropa dan Australia dari bagian : Batas Utara Batas Barat Batas Selatan Batas Timur

Pembahasan Soal:

Wilayah yang ada di dunia dibagi menjadi 5 benua yaitu Benua Asia, Afrika, Amerika, Eropa dan Australia. Masing-masing benua memiliki batas wilayah sebagai berikut.

  1. Benua Asia
    Benua Asia adalah salah satu terbesar di dunia. Wilayah Benua Asia membentang dari bagian barat hingga bagian timur dunia. Secara geografis batas wilayah Asia adalah sebagai berikut. Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Arktik, Sebelah Selatan  berbatasan dengan Samudra Hindia, Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, Selat Bering, Sebelah Barat berbatasan dengan Laut Merah, Laut Tengah, Pegunungan Ural. 
  2. Benua Afrika
    Benua afrika memiliki batas wilayah secara geografi adalah sebelah utara berbatasan dengan laut tengah, Sebelah Barat  dan Selatan berbatasan dengan Samudera Atlantik, Sebelah Timur berbatasan dengan Samudera Hindia dan Laut Merah.
  3. Benua Amerika
    Secara batas geografis wilayah Amerika memilii batas wilayah yaitu Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Arktik dan Pulau Greenland, Sebelah Barat  berbatasan dengan Selat Bering, Samudra Pasifik, Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik Selatan, Sebelah Timur  berbatasan dengan Samudra Atlantik.
  4. Benua Eropa 
    Secara batas wilayah geografis benua  Eropa berbatasan dengan  Sebelah Utara berbatasan dengan  Samudra Arktik, Sebelah Barat  berbatasan dengan Samudra Atlantik, Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Tengah dan Laut Hitam, Sebelah Timur berbatasan dengan Benua Asia.
  5. Benua Australia
    Secara batas geografis wilayah Australia berbatasan dengan Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Timor dan Laut Arafuru, Sebelah Barat berbatasan dengan  Samudra Hindia, Sebelah  Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia, Sebelah Timur berbatasan dengan Samudera pasifik.

0

Roboguru

Sebutkan batas-batas benua Australia, Afrika, Amerika dan Eropa!

Pembahasan Soal:

  • Benua Afrika
    Memiliki batas wilayah secara geografi adalah sebelah utara berbatasan dengan laut tengah, Sebelah Barat  dan Selatan berbatasan dengan Samudera Atlantik, Sebelah Timur berbatasan dengan Samudera Hindia dan Laut Merah.
  • Benua Amerika
    Secara batas geografis wilayah Amerika memilii batas wilayah yaitu Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Arktik dan Pulau Greenland, Sebelah Barat  berbatasan dengan Selat Bering, Samudra Pasifik, Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik Selatan, Sebelah Timur  berbatasan dengan Samudra Atlantik.
  • Benua Eropa
    Secara batas wilayah geografis benua  Eropa berbatasan dengan  Sebelah Utara berbatasan dengan  Samudra Arktik, Sebelah Barat  berbatasan dengan Samudra Atlantik, Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Tengah dan Laut Hitam, Sebelah Timur berbatasan dengan Benua Asia.
  • Benua Australia
    Secara batas geografis wilayah Australia berbatasan dengan Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Timor dan Laut Arafuru, Sebelah Barat berbatasan dengan  Samudra Hindia, Sebelah  Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia, Sebelah Timur berbatasan dengan Samudera pasifik. 

1

Roboguru

Pada sebelah barat, Benua Afrika berbatasan langsung dengan ….

Pembahasan Soal:

Benua Afrika berbatasan dengan beberapa wilayah lain di sekitarnya. Pada sebelah barat, Afrika berbatasan dengan Samudra Atlantik yang merupakan perairan terluas kedua di dunia. Jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved