Pertanyaan

Cermati teks berikut ini!

Seorang anak SD berusia 11 tahun, telah menjadi korban penjambretan di atas kendaraan bus kota. Hal itu terjadi ketika pulang sekolah. Tiga orang penjambret tersebut, diketahui seorang polisi yang kebetulan berada di dalam bus yang sama. Kemudian, para penjambret tersebut dibekuk beramai-ramai bersama polisi tersebut. Peristiwa tersebut terjadi pada hari Sabtu, 18 November 2006. Penjambretan tersebut terjadi karena anak tersebut hanya sendirian dan mengenakan anting-anting emas dan tampak di sakunya sebuah telepon genggam. Setelah ketiga penjambret tersebut tertangkap lalu dibawa menuju kantor polisi terdekat. Akhirnya, ketiganya diinterogasi oleh pihak berwajib.undefined 

Sampaikan secara lisan di depan kelasmu tentang pokok-pokok isi berita tersebut!

Sampaikan secara lisan di depan kelasmu tentang pokok-pokok isi berita tersebut! 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Teks berita adalah teks yang berisi informasi sebuah peristiwa yang baru saja terjadi. Unsur-unsur yang harus terkandung dalam teks berita yaitu apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana peristiwa terjadi atau biasa disingkat menjadi ADIKSIMBA. Maka, pokok isi berita tersebut dapat dilihat dari unsu-unsurnya yaitu: Apa yang terjadi: Penjambretan Siapa yang dijambret: Seorang anak SD berusia 11 tahun Di mana lokasi terjadinya: di atas kendaraan bus kota Kapan peristia terjadi: Sabtu, 18 November 2006 Mengapa penjambretan bisa terjadi: Penjambretan tersebut terjadi karena anak tersebut hanya sendirian dan mengenakan anting-anting emas dan tampak di sakunya sebuah telepon genggam Bagaimana akhir dari kasus tersebut: Ketiga penjambret tersebut tertangkap lalu dibawa menuju kantor polisi terdekat. Akhirnya, ketiganya diinterogasi oleh pihak berwajib. Dapat disimpulkan bahwa pokok berita di atas yaitu Seorang anak SD berusia 11 tahun menjadi korban penjambretan yang terjadi di bus kota pada hari Sabtu, 18 November 2006, Penjambretan tersebut terjadi karena anak tersebut hanya sendirian dan mengenakan anting-anting emas dan tampak di sakunya sebuah telepon genggam. Akhirnya, ketiga penjambret tersebut tertangkap lalu dibawa menuju kantor polisi terdekat. Akhirnya, ketiganya diinterogasi oleh pihak berwajib.

Teks berita adalah teks yang berisi informasi sebuah peristiwa yang baru saja terjadi. Unsur-unsur yang harus terkandung dalam teks berita yaitu apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana peristiwa terjadi atau biasa disingkat menjadi ADIKSIMBA.

Maka, pokok isi berita tersebut dapat dilihat dari unsu-unsurnya yaitu:

  • Apa yang terjadi: Penjambretan
  • Siapa yang dijambret: Seorang anak SD berusia 11 tahun
  • Di mana lokasi terjadinya: di atas kendaraan bus kota
  • Kapan peristia terjadi: Sabtu, 18 November 2006
  • Mengapa penjambretan bisa terjadi: Penjambretan tersebut terjadi karena anak tersebut hanya sendirian dan mengenakan anting-anting emas dan tampak di sakunya sebuah telepon genggam
  • Bagaimana akhir dari kasus tersebut: Ketiga penjambret tersebut tertangkap lalu dibawa menuju kantor polisi terdekat. Akhirnya, ketiganya diinterogasi oleh pihak berwajib.

Dapat disimpulkan bahwa pokok berita di atas yaitu Seorang anak SD berusia 11 tahun menjadi korban penjambretan yang terjadi di bus kota pada hari Sabtu, 18 November 2006, Penjambretan tersebut terjadi karena anak tersebut hanya sendirian dan mengenakan anting-anting emas dan tampak di sakunya sebuah telepon genggam. Akhirnya, ketiga penjambret tersebut tertangkap lalu dibawa menuju kantor polisi terdekat. Akhirnya, ketiganya diinterogasi oleh pihak berwajib.

10

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Unsur yang tidak tampak dalam kutlpan berita di atas adalah ....

379

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia