Roboguru

Saluran penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-Buddha yang paling efektif adalah perdagangan karena ...

Pertanyaan

Saluran penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-Buddha yang paling efektif adalah perdagangan karena ...

  1. jumlah pedagang sangat banyak

  2. merupakan kegiatan perekonomian yang paling menguntungkan

  3. tidak menggunakan unsur kekerasan

  4. para pedagang memiliki waktu interaksi yang lama dengan penduduk lokal

  5. para pedagang memiliki misi untuk menyebarluaskan agamanya

Pembahasan Soal:

Salah satu saluran penyebaran yang menjadi jalan bagi penyebaran agama Hindu-Budha adalah jalur perdagangan. Hal ini dikarenakan para pedagang memiliki kontak erat yang berlangsung lama dengan para penduduk lokal. Ketika masa menunggu perputaran angin untuk kembali ke India, para pedagang bisa menetap dan berinteraksi dengan masyarakat lokal. Dari sinilah terjadi penyebaran agama Hindu-Budha di Indonesia.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut! Berkaitan dengan kedatangan Hindu-Buddha di Indonesia, gambar di atas menunjukkan bahwa . ...

Pembahasan Soal:

Gambar di atas adalah gambar salah satu relief yang ada di Candi Borobudur. Di Candi Borobudur, terdapat tujuh relief bergambar perahu layar yang telah menggunakan layar ganda dan mempunyai cadik (out rigger) untuk menjaga kesetimbangan perahu. Relief tersebut menunjukkan adanya aktivitas pelayaran di Indonesia sejak masa Hindu-Buddha. Para ahli memperkirakan sejak awal masehi para pedagang India telah melakukan aktivitas perdagangan dengan masyarakat di Kepulauan Indonesia. Pada proses perdagangan ini pegadang India juga melakukan penyebaran agama Hindu-Buddha.

Dengan demikian jawab yang benar adalah E.

0

Roboguru

Jelaskan teori masuknya Hindu menurut teori brahmana!

Pembahasan Soal:

Menurut teori Brahmana, Hindu-Budha masuk ke Indonesia dibawa oleh golongan Brahmana yang diundang oleh para penguasa atau Raja di Nusantara. Pendapat teori ini berdasarkan peninggalan prasasti yang menggunakan bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa. Bahasa Sansekerta hanya digunakan dalam kitab suci dan upacara keagamaan dan hanya golongan brahmana yang mengerti bahasa tersebut dengan baik. Teori ini didukung oleh Van Leur.

Dengan demikian, teori brahmana adalah teori yang menyebutkan bahwa Hindu-Budha masuk ke Indonesia oleh golongan Brahmana.

0

Roboguru

Masuknya agama Hindu ke Indonesia terjadi pada abad ke…. Masehi

Pembahasan Soal:

Agama Hindu di Nusantara diperkirakan sudah masuk dan berkembang sejak awal abad ke-4 Masehi. Hal ini ditandai dengan berdirinya Kerajaan Kutai di wilayah Kalimantan dan Tarumanegara di wilayah Jawa yang bercorak Hindu. Kehadiran Agama Hindu ke Nusantara menandai berakhirnya zaman prasejarah di Nusantara. Kerajaan Kutai merupakan kerajaan bercorak Hindu pertama yang ada di Nusantara, sedangkan Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan bercorak Hindu pertama di Pulau Jawa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

2

Roboguru

Kebudayaan Hindu Budha masuk ke Indonesia pada abad ....

Pembahasan Soal:

Kebudayaan Hindu Budha yang berasal dari India telah menyebar ke negara-negara di dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang mendapat pengaruh kuat atas kedua kebudayaan tersebut. Hal ini dtandai dengan banyaknya peninggalan-peninggalan kebudayaan Hindu Budha, seperti: candi Borobudur, candi Prambanan, candi Tikus, candi Dieng, dan sebagainya. Kebudayaan tersebut masuknya tidak bersamaan. Kebudayaan Budha masuk terlebih dahulu ke Indonesia melalui misi dharmaduta pada abad 2 Masehi. Pelaksanaan misi ini dibuktikan dengan penemuan arca Buddha di Sempaga, Jember, dan Bukit Siguntang yang berasal dari India Selatan. Sedangkan, agama Hindu masuk mulai sekitar abad ke- 4 Masehi. Beberapa teori menjelaskan mengenai masuknya agama Hindu yakni Brahmana, Ksatria, Waisya, hingga Sudra. Masuknya agama Hindu tersebut dengan cepat berkembang hingga terbentuknya kerajaan pertama bercorak Hindu di Indonesia yakni Kerajaan Kutai.

Dengan demikian, kebudayaan Hindu masuk ke Indonesia pada abad ke-4 sedangkan Budha sudah sejak abad ke-2 Masehi.

0

Roboguru

Kedatangan agama Hindu-Buddha di Indonesia dapat dijelaskan melalui sumber dari Yunani. Jelaskan informasi dalam sumber tersebut ?

Pembahasan Soal:

Perdagangan antara Indonesia dengan India dan Cina juga dapat diketahui dari Claudius Ptolomeus, ahli ilmu bumi Yunani. Ptolomeus menyebutkan nama Labadio yang artinya Pulau Jelai dalam kitabnya yang berjudul Geographike yang ditulis pada abad ke-2. Kata itu diperkirakan merupakan ucapan Yunani untuk menyebut Yawadwipa, yang artinya juga Pulau Jelai. Dengan demikian, seperti yang disebutkan dalam kitab Ramayana bahwa Yawadwipa yang dimaksud ialah Pulau Jawa.

Dengan demikian, sumber Yunani menginformasikan bahwa Pulau Jawa disebut sebagai Pulau Jelai dalam kitab Geographike

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved