Roboguru

Salinlah kalimat berikut ini menggunakan huruf kapital yang tepat! aku pergi ke pantai parangtritis bersama ayah dan ibuku.

Salinlah kalimat berikut ini menggunakan huruf kapital yang tepat!


aku pergi ke pantai parangtritis bersama ayah dan ibuku.space 

  1. ...space 

  2. ...space 

Jawaban:

Huruf kapital adalah huruf besar.

Berikut beberapa kaidah penggunaan huruf kapital:

  1. Huruf kapital yang dipakai sebagai huruf pertama pada awal kalimat. Contoh: Ita pergi ke sekolah.
  2. Huruf kapital yang dipakai sebagai huruf pertama petikan langsung. Contoh: Lia bertanya, “Di mana letak kota itu?”
  3. Huruf kapital yang dipakai sebagai huruf pertama dalam ungkapan yang berhubungan dengan nama Tuhan dan kitab suci, termasuk kata ganti untuk Tuhan. Contoh: Allah, Yang Mahakuasa, Alkitab, Quran, Weda, Islam, Kristen.
  4. Huruf kapital yang dipakai sebagai huruf pertama nama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang diikuti nama orang. Contoh: Mahaputra Yamin.
  5. Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama nama gelar, kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang tidak diikuti nama orang. Contoh: Dia baru saja diangkat menjadi gubernur.
  6. Huruf kapital yang dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat. Contoh: Mantan Wakil Presiden Adam Malik.
  7. Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama nama jabatan dan pangkat yang tidak diikuti nama orang, atau nama tempat. Contoh: Siapa profesor yang baru dilantik itu?
  8. Huruf kapital yang dipakai sebagai huruf pertama unsur-unsur nama orang. Contoh: Vin Diesel.
  9. Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama nama orang yang digunakan sebagai nama jenis atau satuan ukuran. Contoh: mesin diesel
  10. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku, dan bahasa. Contoh: suku Jawa, dan bahasa Inggris.
  11. Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa yang dipakai sebagai bentuk dasar kata turunan. Contoh: mengindonesiakan kata asing, dan keinggris-inggrisan.
  12. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari, hari raya, dan peristiwa sejarah. Contoh: bulan Desember hari Natal.
  13. Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama peristiwa sejarah yang tidak dipakai sebagai nama. Contoh: Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsanya.
  14. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi. Contoh: Asia Tenggara Kali Brantas.
  15. Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama istilah geografi yang tidak menjadi unsur nama diri. Contoh: berlayar ke teluk
  16. Huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama nama geografi yang digunakan sebagai nama jenis. Contoh: garam inggris.
  17. Huruf kapital yang dipakai sebagai nama buku, majalah, surat kabar, judul karangan kecuali partikel di, ke, dari, yang, dan untuk yang tidak terletak pada posisi awal. Contoh: Hikayat Hang Tuah.
  18. Huruf kapital yang dipakai dalam singkatan nama gelar, pangkat, dan sapaan. Contoh: Dr. = Doktor, dan S.Sos. = Sarjana Sosial
  19. Huruf kapital yang dipakai sebagai penunjuk hubungan kekerabatan, seperti bapak, ibu, kakak, adik, dan paman yang dipakai sebagai kata ganti atau sapaan langsung. Contoh: Kapan Ibu pergi?
  20. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama semua unsur nama negara, lembaga pemerintahan dan ketatanegaraan, serta nama dokumen resmi kecuali kata seperti dan. Contoh:Majelis Permusyawaratan Rakyat, dan Keputusan Presiden Republik Indonesia, Nomor 57 Tahun 1972.

Dengan demikian:

aku pergi ke pantai parangtritis bersama ayah dan ibuku.

Seharusnya ditulis:

Aku pergi ke pantai Parangtritis bersama ayah dan ibuku.

Kata Aku merupakan huruf pertama pada awal kalimat, sedangkan kata Parangtritis merupakan huruf pertama nama geografi atau nama tempat.space 

0

Tonton video penjelasan konsepnya

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved