Roboguru

Salah seorang laksamana sebagai Panglima Armada Inong Bale di Aceh adalah ...

Pertanyaan

Salah seorang laksamana sebagai Panglima Armada Inong Bale di Aceh adalah ...

  1. Keumalahayati

  2. Nahrasiyah

  3. Cut Nyak Dien

  4. Cut Meutia

  5. Taj Al-alam

Pembahasan Soal:

Perang dalam rangka perlawanan terhadap praktik monopoli perdagangan dan tindak kolonialisme pernah ditunjukan oleh salah satu perempuan Aceh pada 11 September 1599, bernama Keumalahayati. 
Keumalahayati adalah seorang putri dari keturunan pendiri Kesultanan Aceh Darussalam yang memiliki jiwa jiwa bahari, Ia lahir dari seorang ayah Laksamana Mahmud Syah. Kakeknya dari garis ayah adalah Laksamana Muhammad Said Syah, putra dari Sultan Salahuddin Syah yang memerintah dari tahun 1530-1539 masehi. Adapun Sultan Salahuddin Syah adalah putra dari Sultan Ibrahim Ali Mughayat Syah, yang merupakan pendiri kerajaan Aceh Darussalam.
Pada tahun 1585-1604, Keumalahayati memegang jabatan Kepala Barisan Pengawal Istana Panglima Rahasia dan Panglima Protokol Pemerintah dari Sultan Mukammil Alauddin Riayat Syah IV. Keumalahayati diangkat diangkat oleh sultan menjadi Panglima Armada Selat Malaka dan karena itu terlibat dalam perjuangan bersama Inong Balee.
Inong Balee merupakan janda-janda yang ditinggal syahid oleh para suami-suaminya, Keumalahayati memimpin sekitar 2.000 orang pasukan Inong Balee dan berperang melawan kapal-kapal Belanda. Pada pertempuran yang terjadi pada 11 September 1599, pasukan Inong Balee di bawah pimpinan Keumalahayati berhasil menjatuhkan dua kapal Cornelis de Houtman dan Federick de Houtman. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved