Roboguru

Salah satu unsur waktu dalam sejarah adalah perubahan. Contoh yang menunjukkan perubahan adalah ....

Pertanyaan

Salah satu unsur waktu dalam sejarah adalah perubahan. Contoh yang menunjukkan perubahan adalah ....

  1. Pembangunan ruas jalan pantura di Jawa Tengah

  2. Pemberlakuan politik pintu terbuka pada masa kolonial Belanda

  3. Penerapan politik etis yang menyebabkan munculnya kaum elit terpelajar

  4. Pelaksanaan tradisi baayun maulid oleh masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan

  5. Pengunduran diri Presiden Sukarno pada 1966 dan Presiden Soeharto pada 1998

Pembahasan Soal:

Konsep perubahan dapat terjadi apabila suatu masyarakat mengalami sebuah pergeseran yang mengikuti perkembangan. Perkembangan dapat terjadi secara besar besaran maupun kecil kecilan dengan waktu yang lama maupun singkat. Sebuah perubahan dapat terjadi karena berbagai faktor entah itu internal maupun eksternal. Di dalam konsep perubahan sangat berhubungan erat dengan salah satu unsur sejarah yaitu waktu. Contoh perubahan dalam sejarah, yaitu penerapan politik etis di Hindia Belanda yang mendorong adanya kebangkitan nasional pada awal XX.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 24 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang dimaksud dengan keberlanjutan dalam sejarah? Berikan contohnya.

Pembahasan Soal:

Keberlanjutan sejarah merupakan merupakan rangkaian peristiwa di masa lalu, masa sekarang, dan masa depan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Peristiwa mundurnya Presiden Soeharto pada 21 Mei 1998 yang sekaligus mengakhiri Orde Baru dan dimulainya era Reformasi merupakan konsep nyata dari sejarah yakni keberlanjutan. Jatuhnya Orde Baru dan lahirnya Reformasi merupaka suatu proses politik dalam sejarah yang menunjukan konsep keberlanjutan karena terkait pergantian kekuasaan dari kekuasaan sebelumnya ke kekuasaan yang baru. 

Dengan demikian, keberlanjutan merupakan merupakan rangkaian peristiwa di masa lalu, masa sekarang, dan masa depan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Contoh dari keberlanjutan sejarah adalah pergantian kekuasaan dari Orde Baru ke Reformasi.

0

Roboguru

Gambar tersebut merupakan Tugu Yogyakarta merupakan salah satu simbol atau ciri khas Yogyakarta. Tugu Yogyakarta disebut Tugu Pal Putih atau dalam Bahasa Belanda disebut De Witte Paal. Dulu pada zaman...

Pembahasan Soal:

Dalam sejarah mengenal konsep perubahan dan berkelanjutan. Perubahan dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang berubah atau keadaan yang berbeda dari sebelumnya. Perubahan disebabkan oleh faktor internal atau eksternal. Faktor internal antara lain : penemuan baru, pertambahan jumlah penduduk, pemberontakan, dan sebagainya. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan fisik, peperangan dan pengaruh budaya asing. Dengan demikian, deskripsi diatas menunjukkan konsep perubahan dalam sejarah. Lebih khususnya perubahan tersebut disebabkan adanya faktor eksternal yakni bencana alam.

Dengan demikian jawaban yang tepat ialah B.

0

Roboguru

Penyebab suatu lapisan masyarakat merasa takut akan terjadinya kegoyahan pada integrasi kebudayaannya adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada dasarnya semua unsur kebudayaan tidak mungkin berintegrasi dengan sempurna. Selalu ada unsur kebudayaan yang lebih tinggi daripada unsur kebudayaan lainnya. Keadaan inilah yang membuat suatu masyarakat merasa khawatir dengan datangnya unsur-unsur dari luar. Alasannya karena masyarakat khawatir datangnya unsur-unsur kebudayaan baru tersebut dapat menggoyahkan integrasi dan menyebabkan perubahan-perubahan pada aspek-aspek tertentu di masyarakat. Contohnya, penggunaan traktor dalam pengolahan lahan pertanian. Awalnya hal tersebut ditolak karena dapat memudarkan gotong royong di antara petani, namun lambat laun hal tersebut bisa diterima.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

Sejarah berada dalam dinamika akibat sifat manusia yang dinamis. Kedinamisan manusia menimbulkan....

Pembahasan Soal:

Berbagai perpaduan unsur dalam sejarah menyebabkan sejarah tidak bersifat stagnan. Manusia khususnya memiliki kemampuan adaptasi yang sangat dinamis terhadap perkembangan zaman. Kemampuan untuk bersifat dinamis tersebut ikut berkontribusi untuk memastikan sejarah terus mengalami perubahan karena manusia adalah aktor utama dari sejarah.

Maka, jawaban yang paling tepat adalah A.undefined

1

Roboguru

Luasnya lautan Indonesia, membuat negara Indonesia sejak dulu dikenal sebagai negara maritim. Pernyataan tersebut menunjukan bahwa ...

Pembahasan Soal:

Pemahaman terhadap sejarah umumnya dimaknai sebagai peristiwa yang terjadi di masa lalu. Akan tetapi, waktu dalam sejarah mengalami proses perkembangan dan berksinambungan, artinya waktu dalam sejarah sejatinya tidak hanya sebatas memahami peristiwa yang telah terjadi di masa lalu, melainkan berkaitan juga dengan kehidupan di masa kini dan masa depan. Kehidupan manusia di masa kini tidak akan terlepas dari kehidupan manausia di masa lalu, sebab suatu peristiwa akan selalu berkaitan dengan peristiwa lainnya. 
Maka, dengan mengaitkannya pada konteks pertanyaan, keberadaan laut Indonesia yang luas dan kaya membuat wilayah ini sejak dulu dikenal sebagai negara maritim, menggambarkan keterkaitan antara kehidupan masa kini dengan masa lalu. Perlu diketahui, kehidupan perniagaan dan perdagangan dengan menggunakan jalur laut, sejatinya pernah terjadi di wilayah Nusantara. Sehingga, pelabelan negara maritim bukan hanya sebatas slogan, akan tetapi memang terikat dengan kehidupan di masa lalu. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved